img_title
Foto : Google Maps/Ryan Gendhon

IntipSelebKampung Salaka bisa menjadi pilihan destinasi wisata yang sangat pas untuk Anda yang menyukai wisata alam dengan pemandangan asri dan udara sejuk. Tempat ini juga cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati indahnya kota Bogor tanpa merasa terganggu dengan keramaian berlebihan.

Destinasi yang satu ini memang terbilang tidak terlalu banyak dikunjungi wisatawan karena letaknya yang cukup terpencil, yaitu berada di kaki Gunung Salak, Bogor. Sehingga tempat ini belum terlalu terekspos dibandingkan tempat wisata Bogor lainnya yang lebih populer.

Meski begitu, hal tersebut tidak akan mengurangi keseruan dan sensasi berlibur Anda jika berkunjung ke tempat ini. Sebab, walaupun letaknya berada di ketinggian dan cukup terpencil, namun tidak akan mengganggu sinyal telepon dan internet, serta tersedia beragam fasilitas yang akan menunjang aktivitas liburan Anda.

Tempat wisata ini tak hanya menghadirkan pemandangan alam yang bernuansa asri, namun juga terdapat banyak spot foto yang instagramable dan estetik. Karena itulah Kampung Salaka ini bisa menjadi pilihan destinasi wisata yang komplit untuk melepas kejenuhan.

Lokasi Kampung Salaka

wisatainfo.com
Foto : wisatainfo.com

Kampung Salaka berlokasi di area Puncak Bogor, tepatnya di Desa Sukajaya, Tamansari, Bogor. Dari pusat kota Bogor, tempat ini memiliki jarak yang dapat dikatakan tidak terlalu jauh namun tidak bisa dibilang dekat pula, yakni sekitar 14 kilometer. Butuh waktu sekitar 50 menit untuk sampai ke destinasi ini jika Anda berangkat dari pusat Kota Bogor.

Letaknya sendiri berada di kaki gunung Salak, sehingga menjadikan tempat ini lebih tinggi dibandingkan area di sekitarnya. Dengan begitu, Anda akan dapat menikmati pemandangan indah kota Bogor dari ketinggian.

Aktivitas Wisata di Kampung Salaka

pinhome.id
Foto : pinhome.id

1. Tempat yang Pas Untuk Healing

Lokasinya yang berada di kaki Gunung Salak membuat pengunjung akan disuguhkan dengan panorama indah khas pegunungan. Anda akan dapat menyaksikan pemandangan asri di area Gunung Salak dan panorama deretan perbukitan yang indah.

Sensasi menikmati keindahan alam tersebut juga semakin dilengkapi dengan udara sejuk pegunungan yang akan memanjakan para wisatawan. Ditambah lagi, pemandangan malam hari dari Kampung Salaka juga tak kalah menakjubkan.

Saat malam hari tiba, Anda dapat melihat hamparan kelap kelip lampu di sepanjang Kota Bogor dari ketinggian. Tentunya pemandangan yang tersaji akan membuat Anda betah bersantai dan berlama-lama di sini. Selain itu, apa yang ditawarkan Kampung Salaka membuat tempat ini sangat cocok untuk healing.

2. Berburu Foto Estetik dan Apik

Di samping panorama alamnya yang menawan, destinasi wisata ini juga menjadi tempat yang asyik untuk Anda yang senang berburu foto yang instagramable. Tersedia banyak spot foto menarik dan dapat menjadi latar belakang yang apik.

Salah satunya adalah gerbang masuk dengan gapura yang didesain berbentuk love raksasa. Gapura tersebut tidak hanya indah di siang hari, namun di malam hari pun tak kalah indahnya karena dihiasi dengan lampu warna-warni.

Selain gapura raksasa berbentuk hati, masih ada beberapa spot foto populer lainnya di lokasi ini. Beberapa di antaranya adalah sayap kupu-kupu dan sayap malaikat raksasa, tangga warna-warni, taman bunga, dan masih banyak lagi.

Agar mendapatkan hasil foto yang terbaik, Anda bisa mempersiapkan outfit terbaik. Selain itu, cuaca hari itu juga penting untuk diperhatikan, karena cuaca yang kurang baik dapat menyulitkan untuk berburu foto yang estetik.

3. Menikmati Ragam Kuliner

Setelah puas menikmati keindahan alam dan berburu foto di sekitar tempat ini, mungkin Anda akan merasa perlu mengisi perut dan melepas dahaga. Nah, Anda tak perlu khawatir karena Kampung Salaka menyediakan banyak pilihan kuliner lezat.

Beragam kuliner yang ditawarkan di antaranya berupa santapan sederhana seperti jagung bakar, roti bakar, dan gorengan, hingga makanan berat seperti ayam bakar, soto mie,nasi goreng dan masih banyak lagi yang lainnya.

Makanan yang tersedia di sini pun harganya bervariasi mulai dari yang terjangkau, hingga yang cukup mahal. Karena itu Anda bisa mennyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

4. Menghabiskan Waktu di Area Bermain

Di Kampung Salaka ternyata tersedia pula area bermain yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung yang datang bersama anak-anak. Di area ini tersedia beberapa permainan seperti perosotan dan ayunan. Sehingga si kecil akan bebas bermain dan menghabiskan waktu.

Namun, area bermain ini memang hanya menyediakan sedikit permainan saja. Sehingga tak begitu banyak pilihan untuk anak-anak dapat bermain.

5. Ditunjang Fasilitas Lengkap Lainnya

Fasilitas lengkap lainnya pun sudah tersedia di Kampung Salaka Bogor agar dapat menunjang kenyamanan liburan para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Deretan fasilitas tersebut di antaranya seperti ketersediaan area parkir yang luas, adanya mushola untuk beribadah, toilet, gazebo untuk bersantai, serta deretan tempat duduk-duduk berupa kursi dan meja yang sudah dilengkapi payung.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Kampung Salaka

Untuk menikmati segala yang ditawarkan di tempat yang satu ini, tentunya para wisatawan perlu merogoh kocek untuk membayar biaya tiket masuknya.

Untuk harga tiket masuknya sendiri, tiap pengunjung akan dikenakan tarif Rp10.000 per orang. Ditambah dengan adanya biaya parkir yakni Rp2.000 untuk sepeda motor, dan Rp5.000 untuk mobil. Perlu diingat, harga yang tertera bisa saja berubah sewaktu-waktu karena satu dan lain hal.

Sedangkan untuk jam operasionalnya sendiri, Kampung Salaka dibuka mulai jam 06.00 – 23.00 WIB setiap harinya.

Tips Berlibur ke Kampung Salaka

infociapus.com
Foto : infociapus.com

Bagi Anda yang tertarik dan memiliki rencana untuk berlibur dan menghabiskan waktu di tempat yang asri ini, maka ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan seperti berikut ini:

- Kampung Salaka dibuka sejak pagi hingga menjelang tengah malam. Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah pada pagi hari ataupun petang hari menjelang malam. Apabila cuacanya bagus, saat petang hari Anda dapat menikmati matahari terbenam, dan di malam hari dapat melihat kelap kelip lampu kota Bogor.

- Sebaiknya gunakan baju yang dapat menghangatkan tubuh, karena lokasi tempat ini terletak di kaki gunung sehingga rentan dengan udara dingin.

- Untuk yang ingin berburu foto sebanyak-banyaknya, siapkan outfit serta perlengkapan terbaik seperti kamera dan mungkin juga tripod serta perlengkapan lain bila dibutuhkan.

- Selalu jaga kebersihan tempat ini dan jangan membuang sampah sembarangan. Hal ini penting karena akan sangat disayangkan jika tempat yang asri dan sejuk ini dikotori oleh para wisatawan.

- Jangan lupa untuk menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan di tempat ini. Sebab, hal tersebut penting untuk keselamatan dan kesehatan para pengunung.

Nah, seperti itulah pembahasan tentang Kampung Salaka yang terletak di Kota Bogor. Tempat ini memang sangat cocok untuk berlibur dan bersantai menikmati keindahan alam yang ada.

Topik Terkait