img_title
Foto : Unsplash/Rumman Amin

IntipSeleb – Doa duduk di antara dua sujud wajib diketahui oleh setiap muslim karena merupakan bacaan yang akan selalu dilafadzkan ketika melaksanakan salat, baik salat wajib 5 waktu ataupun salat sunnah lainnya.

Di dalam doa tersebut juga mengandung banyak makna dan permohonan kita sebagai seorang hamba. Sehingga tak hanya sekedar bacaan salat saja, doa ini juga dapat menjadi perantara agar rahmat dan kasih sayang Allah SWT dilimpahkan pada kita.

Dalam ibadah salat, ada rukun yang harus ditunaikan untuk menyempurnakan salat yang kita laukan, salah satunya adalah gerakan duduk di antara dua sujud. Gerakan yang satu ini bukan hanya sekedar rukun salat saja, namun juga ada manfaat kesehatan di baliknya.

Lantas, apa yang sebenarnya dimaksud dengan duduk di antara dua sujud dan seperti apa bacaan doanya yang benar beserta manfaatnya? Yuk, cari tahu lewat pembahasan berikut ini.

Pengertian Serta Doa Duduk di Antara Dua Sujud

1. Pengertian Duduk di Antara Dua Sujud

Unsplash/masjidmpd
Foto : Unsplash/masjidmpd

Melansir dari NU Online, duduk di antara dua sujud merupakan bagian dari rukun salat, baik salat sunnah ataupun salat wajib. Duduk di antara dua sujud adalah sebuah rukun singkat yang tak boleh diperpanjang waktunya namun juga tak boleh dipersingkat tanpa thuma’ninah (diam sesaat).

Lalu, bagaimana cara duduk di antara dua sujud? Cara duduk di antara dua sujud adalah dengan duduk di atas telapak kaki kiri, sementara kaki kanan dilipat ke belakang dan bagian telapak kaki kanan itu ditegakkan dengan jari-jari menghadap kiblat.

Sementara itu poisi tangan diletakkan di atas paha sejajar di atas lutut, dengan telapak tangan yang dibuka menghadap ke bawah. Saat berada dalam posisi inii, kita harus memposisikan diri sebagai seorang hamba yang sedang bersimpuh di hadapan Allah SWT.

Topik Terkait