img_title
Foto : Pexels.com

IntipSelebDoa tahiyat akhir merupakan salah satu bacaan wajib yang harus dilafalkan saat melangsungkan ibadah sholat. Di mana seperti yang diketahui, perintah sholat merupakan salah satu hal wajib yang dilakukan bagi umat muslim, terutama sholat 5 waktu. Di antara sholat 5 waktu tersebut yaitu Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya. Lain dari 5 sholat tersebut, merupakan sunnah, seperti halnya tahajud, witir, dan lain sebagainya.

Dalam sholat, tentunya terdapat bacaan-bacaan yang wajib kita ucapkan saat menghadap Allah SWT. Di mana bacaan-bacaan sholat tersebut membuat kamu paham apa yang dikomunikasikan kepada sang pencipta. Pasalnya, tiap-tiap bacaan sholat memiliki makna yang mendalam. Terlebih jika kamu memahami maksud dari bacaan sholat, rasanya ibadah tersebut semakin membuat hati tenang. Seperti salah satunya bacaan sholat yang wajib dilafalkan yaitu doa tahiyat akhir.

Namun sebelum membaca doa tahiyat akhir, ada beberapa bacaan sholat wajib lainnya. Apa saja? Yuk coba intip ke bawah.

1. Doa Iftitah

Allaahu akbar kabiro walhamdu lillaahi katsiira wa subhaanallaahi bukrataw wa'ashiila. Inni wajjahtu wajhiya lilladzii fataras samawaati wal ardha, haniifam muslimaw wamaa anaa minal musyrikiin. Inna sholaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi rabbil aalamiin. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiin.

Allah maha besar, maha sempurna kebesaran-Nya. Segala puji bagi Allah, pujian yang sebanyak-banyaknya. Dan maha suci Allah sepanjang pagi dan petang." Sesungguhnya kuhadapkan wajahku kepada zat yang telah menciptakan langit dan bumi dengan penuh ketulusan dan kepasrahan dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang musyrik. Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku dan matiku semuanya untuk Allah, penguasa alam semesta. Tidak ada sekutu bagi-Nya dan dengan demikianlah aku diperintahkan dan aku termasuk orang-orang yang muslim.

2. Surat Al-Fatihah

1. Bismillahirrahmaanirrahiim.
2. Alhamdu lilla hi rabbil 'alamin.
3. Ar rahmaanirrahiim.
4. Maaliki yaumiddiin.
5. Iyyaaka na'budu wa iyyaaka nasta'iin.
6. Ihdinash shiraatal musthaqiim.
7. Shiraathal ladziina an'amta 'alaihim ghairil maghduubi 'alaihim waladh-dhaalliin.

Dengan nama Allah yang maha pengasih, maha penyayang. Segala puji bagi Allah, tuhan seluruh alam, yang maha pengasih, maha penyayang, pemilik hari pembalasan. Hanya kepada engkaulah kami menyembah dan hanya kepada engkaulah kami mohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus (yaitu) jalan orang-orang yang telah engkau beri nikmat kepadanya, bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

3. Doa Ruku dan Sujud

Subhaana robbiyal 'adziimi wabihamdih (sebanyak 3 kali).

Maha suci tuhan yang maha agung serta memujilah aku kepadanya.

4. Bacaan I’tidal

Sami'allaahu liman hamidah.

Allah maha mendengar terhadap orang yang memujinya.

Setelah berdiri tegak, lalu membaca ini:

Robbanaa lakal hamdu mil us-samawaati wamil ul ardhi wamil u maa syi'ta min syain ba'du.

Ya Allah tuhan kami, bagimu segala puji sepenuh langit dan bumi, dan sepenuh sesuatu yang engkau kehendaki sesudah itu.

5. Doa di Antara Dua Sujud

Robbighfirlii warhamnii wajburnii warfa'nii warzuqnii wahdinii wa'aafinii wa'fu 'annii.

Ya Allah ampunilah dosaku, belas kasihanilah aku, cukupkanlah segala kekurangan dan angkatlah derajatku, berilah rizki kepadaku, berilah aku petunjuk, berilah kesehatan kepadaku dan berilah ampunan kepadaku.

6. Doa Tahiyat Awal

Attahiyyaatul mubaarokaatush sholawaatuth thoyyibaatu lillaah. Assalaamu 'alaika ayyuhan nabiyyu wa rohmatullahi wa barokaatuh. Assalaaamu'alainaa wa 'alaa 'ibaadillaahish shoolihiin. Asyhadu allaa ilaaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rosuulullah. Allahumma sholli 'alaa muhammad.

Segala penghormatan, keberkahan, salawat dan kebaikan hanya bagi Allah. Semoga salam sejahtera selalu tercurahkan kepadamu wahai nabi, demikian pula rahmat Allah dan berkah-Nya dan semoga salam sejahtera selalu tercurah kepada kami dan hamba-hamba Allah yang saleh. Aku bersaksi bahwa tiada tuhan kecuali Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah, berilah rahmat kepada Nabi Muhammad.

Pembacaan doa tahiyat akhir berada di rakaat keempat sholat atau terakhir sebelum melakukan salam. Lantas seperti apa bunyi dari bacaan doa tahiyat akhir tersebut? Yuk simak

Doa Tahiyat Akhir

At tahiyyaatul mubaarakaatush shalawaatuth thoyyibaatulillaah. as salaamu'alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullaahi wabarakaatuh, assalaamu'alaina wa'alaa ibaadillaahishaalihiin. asyhaduallaa ilaaha illallaah, wa asyhadu anna muhammad rasuulullaah. allaahumma shalli'alaa muhammad, wa'alaa aali muhammad. kamaa shallaita alaa ibraahiim wa alaa aali ibraahiim. wabaarik'alaa muhammad wa alaa aali muhammad. kamaa baarakta alaa ibraahiim wa alaa aali ibraahiim, fil'aalamiina innaka hamiidum majiid.

Artinya: "Ya Allah, limpahi lah rahmat atas keluarga Nabi Muhammad, seperti rahmat yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan limpahi lah berkah atas Nabi Muhammad beserta para keluarganya, seperti berkah yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya, Engkau lah Tuhan yang sangat terpuji lagi sangat mulia diseluruh alam,”

Di mana perbeedaan doa tahiyat awal dan doa tahiyat akhir berada di akhirnya. Karena tahiyat awal stop sampai Nabi Muhammad, sedangkan di tahiyat akhir terdapat doa untuk Nabi Ibrahim.

Sebelum melakukan gerakan salam, kamu bisa menambahkan doa tahiyat akhir dengan doa selamat dari fitnah dajjal yang berbunyi seperti:

Allaahumma inni a'uudzubika min 'adzaabil qabri wa min 'adzaabinnaari jahannama wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitnatil masiihid dajjaal.

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari adzab Jahannam, dari adzab kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari keburukan fitnah dajjal.

Di doa dahiyat akhir banyak yang menambahkan doa selamat dari fitnah dajjal. Pasalnya kita tidak akan pernah mengetahui kapan akhir itu tiba, di mana salah satu ciri-ciri hari akhir ialah munculnya dajjal.

Sehingga agar selaamt dari fitnahnya, maka banyak yang berdoa seperti itu di doa tahiyat akhir atau sebelum salam, Doa tahiyat akhir juga memiliki panjang yang hampir sama dengan doa-doa wajib lainnya saat sholat.

Sholat 5 waktu wajib didirikan bagi umat muslim. Pasalnya, itu merupakan salah satu perintah wajib yang Allah beritahukan kepada Nabi Muhammad untuk umatnya. Selain itu, saat menjalani sholat 5 waktu, kamu mendapatkan banyak keuntungan, apa saja itu?

1. Pahala

Tentunya setiap kebaikan dijanjikan oleh Allah SWT dengan pahala. Terlebih satu kali sholat wajib berpahala 10 kali sholat, karena sebelumnya, Allah SWT memerintahkan umat muslim untuk menunaikan sholat 50 waktu.

2. Dilancarkan Rezeki

Tentunya disaat kita ikhlas terhadap perintah-perintah Allah SWT, membuat banyak orang merasa dilancarkan rezekinya oleh Sang Maha Kuasa.

3. Hati Tenang

Sholat menjadi bentuk komunikasi kepada Allah SWT, sehingga saat kamu berdoa dan membaca ayat-ayat wajib tersebut, membuat jiwa raga ini tenang. Sehingga banyak yang merasa jika saat sholat, Allah mendengar semua keluh kesah yang dipendam dalam benak dan tubuhmu. Allah maha mengetahui dan lagi maha penyayang. Sehingga beruntunglah kamu masih diberi kesempatan untuk bernapas di dunia ini dan bersyukurlah dengan menyembahnya melalui sholat 5 waktu.(prl).

Topik Terkait