img_title
Foto : Unsplash/Imad Alassiry

IntipSelebDoa sholat tahajud penting untuk diketahui dan dihafal untuk Anda yang ingin merutinkan amalan mulia yang satu ini. Hal ini karena doa tahajud dianjurkan untuk dibaca setiap kali selesai melaksanakan sholat tahajud.

Di antara semua sholat sunnah, sholat tahajud diketahui sebagai yang paling utama. Tahajud juga menjadi salah satu yang mungkin paling menantang untuk dilakukan, karena waktu pelaksanaannya adalah saat banyak orang lain sedang terlelap tidur.

Waktu terbaik untuk melaksanakan sholat tahajud adalah di sepertiga malam terakhir, yakni sekitar pukul 01.30 sampai 04.00 dini hari saat menjelang waktu subuh. Karena tantangannya itulah Allah SWT menjanjikan ganjaran yang tak main-main untuk hambanya yang berhasil merutinkan amalan mulia ini.

Nah, bagi Anda yang memiliki niat untuk dapat istiqomah menjalankan sholat tahajud, berikut ini bacaan doa sholat tahajud, tata cara melaksanakannya, serta keutamaan dan hikmahnya.

Pengertian, Tata Cara dan Bacaan Doa Sholat Tahajud

1. Pengertian Sholat Tahajud

freepik.com/GarryKillian
Foto : freepik.com/GarryKillian

Sholat tahajud atau yang disebut juga dengan Qiyamul Lail merupakan sholat sunnah yang dilakukkan pada malam hari. Sangat dianjurkan untuk melakukan amalan sunnah yang satu ini pada sepertiga malam terakhir, karena saat itu adalah waktu yang mustajab untuk dikabulkannya doa.

Hukum dari sholat tahajud adalah sunnah muakadah atau sunnah yang sangat ditekankan. Meski merupakan amalan sunnah, namun sholat tahajud adalah sholat yang paling utama setelah sholat lima waktu. Hal ini berdasarkan hadis Rasulullah yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a.

Nabi Muhammad pernah ditanya, “ ’Apakah sholat yang lebih utama sesudah sholat lima waktu?’, Beliau pun menjawab, ‘Sholat malam’ “ (HR. Muslim).

Selain itu, Allah SWT memerintahkan kepada hambanya untuk melaksanakan sholat Tahajud seperti firman-Nya yang berbunyi:

“Dan pada sebagian malam, lakukanlah sholat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu; mudah-mudahan Rabb-mu mengangkatmu ke tempat yang terpuji” (Al Israa/17: 79).

2. Tata Cara Sholat Tahajud

ntb.kemenag.go.id
Foto : ntb.kemenag.go.id

Tata cara untuk melakukan sholat tahajud tidak berbeda dengan sholat wajib ataupun sholat sunnah pada umumnya. Hanya saja waktu pelaksanaannya memiliki ketentuan tersendiri, yakni pada sepertiga malam.

Waktu sepertiga malam sendiri terbagi menjadi tiga, yakni sepertiga malam pertama sekitar pukul 20.30 sampai 23.00, sepertiga malam kedua sekitar pukul 23.00 sampai 1.30 dini hari, dan sepertiga malam terakhir yakni sekitar 1.30 sampai 04.00.

Sementara untuk jumlah rakaatnya sendiri yakni 2 rakaat lalu salam, dan boleh ditambah dengan dua rakaat selanjutnya hingga semampunya. Hendaknya pada akhir sholat tahajud ditutup dengan sholat witir karena sholat witir adalah penutup ibadah malam hari.

Untuk cara pelaksanaannya adalah sebagai berikut:

- Membaca niat sholat tahajud yang berbunyi: Usholli sunnatat tahajudi rok’ataini lillahi ta’ala (artinya: aku niat sholat tahajud dua rakaat sunnah karena Allah Ta’ala).

- Melakukan takbiratul ihram, dilanjutkan dengan membaca doa iftitah.

- Membaca surah Al Fatihah

- Dilanjutkan dengan membaca surah dalam Al Quran yang dihafal.

- Melakukan rukuk dengan tuma’ninah sambil membaca doa rukuk.

- Diikuti dengan i’tidal sambil melafalkan bacaan i’tidal.

- Kemudian lakukan sujud sambil membaca doa sujud.

- Pada rakaat kedua, ulangi gerakannya dari awal hingga akhir.

- Saat mencapai tahiyat akhir, bacalah doa tahiyat akhir seperti biasa.

- Setelah itu akhiri dengan salam. Setelah salam dianjurkan membaca bacaan zikir seperti tasbih, tahmid, salawat, istighfar, dan membaca doa sholat tahajud.

3. Bacaan Doa Sholat Tahajud

iqra.id
Foto : iqra.id

Setelah mengakhiri tahajud, hendaknya membaca doa. Lantas, doa apa yang dibaca saat sholat tahajud?

Allahumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samawati wal ardhi wa man fii hinna, wa lakal hamdu anta malikus samawati wal ardhi wa man fii hinna, wa alakal hamdu anta nurus samawati wal ardhi wa man fii hinna, wa lakal hamdu antal haqq. Wa wa’dukal haqq. Wa liqa’uka haqq. Wal jannatu haqq. Wan naru haqq. Wan nabiyyuna haqq. Wa muhammadun shallallahu alaihi wasallama haqq. Was sa’atu haqq.

Allahumma laka aslamtu wa bika amantu, wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khashamtu, wa ilaika hakamtu fagfirli ma qaddamtu, wa ma akhkhartu, wa ma asrartu, wa ma a’lantu wa ma anta a’lamu bihi minni. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. La ilaaha illa anta wa la haula wa la quwwata illa billah.

Artinya:

“Ya Allah Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya.

Segala puji agi-Mu, Engkau Maha Benar, janji-Mu benar, pertemuan dengan-Mu kelak itu benar, firman-Mu benar adanya, surga itu nyata, neraka pun demikian. Para nabi itu benar, demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar, hari kiamat itu benar.

Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah, hanya kepada-Mu juga aku beriman, kepada-Mu aku pasrah, hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai, hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang di kemudian hari, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku.

Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian, tiada Tuhan selain Engkau, tiada daya dan upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.”

4. Keutamaan Sholat Tahajud

hariansederhana.com
Foto : hariansederhana.com

Salah satu keutamaan sholat tahajud adalah mendapatkan kemudahan untuk bisa memasuki surga-Nya dengan selamat. Amalan sholat tahajud akan menjadi jembatan bagi orang beriman untuk dapat memasuki surga dan mendapatkan semua kenikmatannya. Seperti hadis yang berbunyi,

Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam, dan bagikanlah makanan serta sambunglah silaturahmi dan tegakkan lah sholat malam saat manusia yang lain sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah)

Selain itu, mereka yang selalu melaksanakan sholat tahajud akan mendapatkan balasan keindahan surga berupa taman dan mata air surga yang indah dan menyegarkan.

Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah SWT berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka telah berbuat baik (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di malam hari dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah.” (QS. Az Zariyat: 15-18).

Dengan menjalankan sholat tahajud dengan rutin, seseorang juga akan mendapat ganjaran berupa ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT. Seperti firman-Nya yang berbunyi:

Dan pada sebagian malam, dirikanlah sholat tahajud sebagai ibadah tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji,” (QS. Al Isra: 79).

Demikianlah bacaan doa sholat tahajud beserta pengertian dan tata cara melaksanakannya. Sholat tahajud tak hanya memberikan kesempatan agar kita mendapat ganjaran terbaik di surga nanti, namun juga sebagai sarana seorang hamba mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Topik Terkait