img_title
Foto : Instagram/citraciki

IntipSelebDoa pernikahan disunnahkan dibacakan untuk para hadirin yang menjadi saksi acara pernikahan, serta tamu undangan. Ada pula yang disunnahkan dibacakan untuk suami setelah ijab kabul.

Menikah artinya menyempurkan setengah agamanya dan tanda taqwa kita kepada Allah SWT. Sebagaimana hadits Nabi dari sahabat Anas bin Malik ra, teah bersabda Rasulullah SAW :

مَنْ تَزَوَّجَ فَقَدِ اسْتَكْمَلَ نِصْفَ اْلإِيْمَانِ، فَلْيَتَّقِ اللهَ فِي النِّصْفِ الْبَاقِى.

Artinya : ‘"Barang siapa yang menikah, maka ia telah melengkapi setengah dari agamanya. Dan hendaklah ia bertaqwa kepada Allah SWT dalam memelihara yang separuhnya lagi.’”

Sebagai umat Muslim, kita dianjurkan untuk berpedoman kepada Baginda Nabi Muhammad SAW. Seperti senantiasa mengerhajab sunnah yang telah Rasul sampaikan. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

فمَن رغب عن سنَّتي فليس منِّي

Artinya: “Barang siapa yang membenci sunnahku, maka ia bukanlah termasuk umatku.” (HR Bukhari dan Muslim)

Lalu dalam hadits lain dijelaskan bahwa memiliki istri salehah artinya membantu kita melaksanakan separuh dari agama. Hal ini selaras dengan anjuran menikah dari Allah. Seperti sabda Rasulullah SAW:

مَنْ رَزَقَهُ اللهُ امْرَأَةً صَالِحَةً فَقَدْ أَعَانَهُ اللهُ عَلَى شَطْرِ دِيْنِهِ، فَلْيَتَّقِ اللهَ فِي الشَّطْرِ الثَّانِى.

Artinya : “Barang siapa yang dikaruniai oleh Allah SWT dengan wanita atau isteri yang sholihah, maka sungguh Allah SWT telah membantunya untuk melaksanakan separuh dari agamanya. Maka hendaklah ia taqwa kepada Allah SWT dalam menjaga separuhnya lagi.” (Ath – Thabrani di dalam Mu’jamul Ausath (no.976) dan Al – Hakim dalam Al – Mustadrak (II/161) dan hadist ini disahihkan olehnya, disetujui oleh Adz – Dzahabi)

Perintah menikah ini juga langsung datang dari Allah SWT, diturunkan dalam Al-Quran bahwa sesungguhnya manusia diciptakan berpasang-pasangan. Agar kita senantiasa mengingat kebesaran Allah.

وَمِنْ كُلِّ شَيْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

Artinya: “Dan segala sesuatu Kami Ciptakan Berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah.” (QS Az-Zariyat: 49).

Anjuran untuk menikah lainnya tercantum dalam Al-Quran dalam surat An-Nisa ayat 1 yang berbunyi:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

Artinya: “Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu Yang menciptakan kamu dari satu jiwa dan darinya Dia menciptakan jodohnya, dan mengembang-biakan dari keduanya banyak laki-laki dan perempuan; dan bertakwalah kepada Allah SWT yang dengan nama-Nya kamu saling bertanya, terutama mengenai hubungan tali kekerabatan. Sesungguhnya Allah SWT adalah pengawas atas kamu.” (QS An-Nisa: 1).

Lalu Allah SWT menegaskan kembali perintah untuk kita menikah dalam surat An-Nur ayat 32:

وَأَنكِحُواْ ٱلۡأَيَٰمَىٰ مِنكُمۡ وَٱلصَّٰلِحِينَ مِنۡ عِبَادِكُمۡ وَإِمَآئِكُمۡۚ إِن يَكُونُواْ فُقَرَآءَ يُغۡنِهِمُ ٱللَّهُ مِن فَضۡلِهِۦۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٞ

Artinya: “Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. jika mereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha mengetahui.” (QS An-Nur: 32).

Tanpa berlama-lama lagi, ini dia beragam doa pernikahan dan doa malam pertama. Terus scroll ke bawah artikel ini ya!

Doa Pernikahan Untuk Tamu Undangan

Freepik
Foto : Freepik

Ketika kamu diundang dalam acara pernikahan, alangkah lebih baik turut mendoakan si punya hajat agar kedua mempelai mendapat rahmat Allah. Saling mendoakan antar sesama muslim merupakan suatu keharusan. Hal ini juga disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW dan telah tertuang dalam banyak hadits.

Berikut macam-macam doa pernikahan yang disunnahkan dan tertuang dalam hadits.

1. Hadits Riwayat Abu Dawud

Kala menyaksikan 2 mempelai usai mengucapkan ijab kabul, Rasulullah Saw menganjurkan kita untuk membaca doa ini. Agar memohon keselamatan dan keberkahan untuk kehidupan mempelai nantinya.

Dari Abu Hurairah ra :

“Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW ketika ada yang menikah, beliau memberi ucapan selamat dan mendoakannya dan berkata :

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Barakallahu laka, wa baraka ‘alayka wa jama’a baynakuma fii khayr.

Artinya :

“Mudah – mudahan Allah SWT memberkahimu, baik ketika kamu sedang senang maupun kamu sedang susah. Dan Allah SWT selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan.” (HR Abu Dawud)

2. Hadits Riwayat Ahmad

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

Allahummagfirlahum warhamhum wabairik lahum fiimaa razaqtahum.

Artinya :

“Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa – apa yang Engkau karuniakan kepada mereka.” (HR Ahmad)

3. Hadits Riwayat Muslim

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ، وَاغْفِرْ لَهُم،ْ وَارْحَمْهُمْ

Allahumma baarik lahum fiimaa razaqtahum waghfir lahum warhamhum.

Artinya :

“Ya Allah, berkahilah apa – apa yang Engkau karuniakan kepada mereka, ampunilah mereka dan sayangilah mereka.” (HR Muslim)

Lalu untuk mendoakan pihak yang mengadakan acara pesta pernikahan atau walimatul ursy. kita bisa berdoa seperti hadits di bawah ini:

اَللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِي، وَاسْقِ مَنْ سَقَانِي

Allahumma atghim man at’amanii wasqi man saqoonii.

Artinya :

“Ya Allah, berikanlah makan kepada orang yang telah memberi makan kepadaku. Dan berkahilah minum kepada orang yang telah memberi minum kepadaku.” (HR Muslim)

أَفْطَرَ عِنْدَكُمُ الصَّائِمُوْنَ، وَأَكَلَ طَعَامَكُمُ اْلأَبْرَارُ، وَصَلَّتْ عَلَيْكُمُ الْمَلاَئِكَةُ

Aftoro ‘indzakumusshooimuuna waakala tho’aa makumulabrooru washollat ‘alaykumulmalaikah.

Artinya :

“Telah berbuka di sisi kalian orang – orang yang berpuasa, dan telah menyantap makanan kalian orang – orang yang baik, dan para Malaikat telah mendoakan kalian.”

Doa Pernikahan untuk Suami

Instagram/Maudyayunda
Foto : Instagram/Maudyayunda

Setelah mengucap ijab kabul dan para saksi berkata sah, maka kedua mempelai sudah bisa dinyatakan sebagai suami dan istri secara sah dalam agama. Setelah itu, mempelai pria dianjurkan untuk meletakkan tangannya pada ubun-ubun sang istri dan mendoakannya. Begini doanya:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَخَيْرِ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

Allaahumma innii as’aluka khairahaa wa khaira maa jabaltahaa ‘alaihi, wa a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa jabaltahaa ‘alaihi.

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kebaikannya dan kebaikan tabiatnya yang ia bawa. Dan aku berlindung dari kejelekannya dan kejelekan tabiat yang ia bawa.” (HR. Abu Daud, no. 2160).

Doa Malam Pertama

Freepik
Foto : Freepik

Ketika malam pertama dan hendak berhubungan intim, pengantin disunnahkan membaca doa terlebih dahulu sesuai anjuran Rasulullah SAW. Doa ini dimaksudkan agar pasangan senantiasa diberkahi Allah dan dijauhkan dari godaan setan. Berikut merupakan doanya

بِسْمِ اللهِ اَللّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا

Bismillah, Allahumma jannibnaassyyaithaana wa jannibi syaithoona maarazaqtanaa

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezeki yang Engkau anugerahkan kepada kami.”

Bisa juga dengan membaca doa di bawah ini:

بِسْمِ اللهِ العِلِيِّ العَظِيْمِ، اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنْ قَدَّرْتَ أَنْ تَخْرُجَ مِنْ صُلْبِيْ

Bismillahil 'aliyyil 'adhiim. Allahumaj'alhu dzurriyyatan thayyibatan in qoddarta an takhruja min shalbii.

Artinya: “Dengan nama Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung. Tuhanku, jadikanlah ia keturunan yang baik bila Kau takdirkan ia keluar dari tulang punggungku."

Setelah melakukan hubungan suami istri, hendaknya kita membaca doa. Hal ini dimaksudkan agar hubungan kita senantiasa penuh keberkahan dengan pasangan dan bisa diberkahi keturunan.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ خَلَقَ مِنَ المْـَــاءِ بَشَـــرًا

Alhamdu lillaahi dzdzii khalaqa minal maa i basyaraa.

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air mani ini menjadi manusia (keturunan).”

Itu dia beragam doa yang dibaca kala pernikahan. Agar pernikahan semakin berkah dan mendapatkan ridho dari Allah SWT.

Topik Terkait