img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya Hidup – Tegenungan Waterfall di Bali menyimpan banyak pemandangan alam yang indah. Kebanyakan wisatawan baik Indonesia maupun mancanegara mengunjungi wisata Kuta ataupun di Ubud.

Kedua tempat tersebut memang menyimpan banyak objek wisata alam. Jika Kuta menawarkan objek pantainya, sedangkan Ubud lebih ke wisata alam sawah, pepohonan yang asri dan juga air terjun yang indah.

Salah satunya jika kamu berlibur ke Ubud, wisata rekomendasinya adalah air terjun Tegenungan. Maka, kalau kamu punya waktu libur yang luang bisa ke Tegenungan Waterfall terbaik yang ada di Bali.

Penasaran bagaimana pesona keindahan dari air terjun Tegenungan ini? Yuk, simak artikel selengkapnya berikut ini!

Objek wisata Ubud Bali

Pinterest
Foto : Pinterest

Ubud, Bali jadi destinasi wisata yang terkenal baik bagi wisatawan Indonesia maupun mancanegara. Daya tarik dari daerah Ubud memang memikat hati.

Kenapa tidak? Karena Ubud dikenal dengan tempat wisata alamnya, budaya, sejarah dan kesenian. Hal tersebut membuat banyak wisatawan untuk berkunjung ke Ubud Bali, sehingga selalu ramai dari kunjungan wisatawan.

Wisatawan sebagian besar pertama kali ke Ubud, Bali, pasti akan berkunjung melihat wisata sejarah, museum,dan menonton tarian Barong di Ubud. Namun, kamu harus tahu, bahwa bukan hanya seni budaya, ada wisata alam yang terkenal.

Mungkin, jika kamu suka wisata yang menyatu dengan alam, Ubud adalah tempat yang tepat untuk kamu menghabiskan liburan. Ubud menyediakan banyak jasa atau tour guide berstandar internasional.

Tak hanya itu, jika kamu suka bersepeda, pemandangan alam Ubud adalah tempat yang tepat kamu pilih. Kamu dapat berwisata sepeda dengan pemandangan sawah dan alam yang masih asri.

Untuk kamu yang sebelumnya sudah pernah berlibur ke Ubud, pasti akan mencari destinasi objek yang berbeda dan memicu adrenalin. Maka dari sekian banyak tempat wisata air terjun Bali, Tegenungan Waterfall adalah yang paling dekat lokasinya.

Selain dekat dan dijangkau lokasinya, Tegenungan Waterfall juga menyuguhkan pesona alam yang indah. Karena itu, jika kamu ingin ke Tegenungan Waterfall Gianyar, Bali, berikut informasi selengkapnya di bawah ini.

Tegenungan Waterfall

TripAdvisor
Foto : TripAdvisor

Mayoritas dari wisatawan pasti akan berkunjung ke tempat wisata di Kuta dan tempat di Ubud. Dari keduanya memiliki suasana yang berbeda.

Jika Kuta, Bali, menyuguhkan banyak pantai yang cocok untuk kamu menikmati liburan santai bareng keluarga tanpa membutuhkan banyak tenaga yang harus mengadu adrenalin. Namun, jika kamu ke Ubud akan disuguhi pemandangan alam yang indah dengan pepohonan, sawah dan banyak wisata yang bisa kamu eksplorasi lebih dalam.

Tegenungan Waterfall Gianyar, Bali, adalah salah satu wisata yang dekat dengan Ubud. Air terjun ini memiliki nama lain yaitu Air Terjun Kemenuh yang diambil dari nama desa sebagai letak objek wisata ini.

Sementara itu, untuk nama Tegenungan sendiri berasal dari nama jalan yang kerap dilewati oleh para wisatawan untuk sampai ke air terjun tersebut. Wisata ini cocok untuk kamu yang suka akan alam dan juga memicu adrenalin.

Saat kamu sampai di lokasi parkir kendaraan, akan menemukan banyak toko-toko kecil yang menjual souvernir oleh-oleh. Selain itu juga kamu adakan mendapati warung-warung sederhana yang menjual makanan dan minuman.

Kemudian, dari area parkir untuk menuju lokasi kamu harus berjalan kaki dengan menuruni anak tangga. Disarankan kamu sebaiknya memakai sepatu agar lebih nyaman saat turun menuju aor terjunnya.

Ketika kamu sudah berada di anak tangga, maka sudah bisa melihat pemandangan air terjunnya yang diapit oleh pepohonan yang rindang. Jangan lupa juga untuk mengambil foto pada beberapa spot yang ada dan pada dasar air terjun kamu akan dapat menemukan area kecil seperti kolam.

Air terjun Tegenungan Gianyar Bali ini memiliki tinggi kira-kira 15 meter dengan debit air yang lumayan banyak. Debit air terjun ini akan sangat besar pada saat musim hujan di kisaran bulan Desember sampai Februari.

Kegiatan yang menarik di Tegenungan Waterfall

Pinterest
Foto : Pinterest

Beberapa kegiatan saat kamu berada di Tegenungan Gianyar Bali ini bisa kamu lakukan. Yuk, simak apa saja kegiatannya pada artikel selengkapnya berikut ini!

1. Bisa sambil berendam

Pinterest
Foto : Pinterest

Air terjun ini memiliki kolam. Dalam kolam ini airnya jernih dan cocok buat kamu berendam atau ingin bermain air. Tenang saja untuk fasilitas ruang ganti pakaian juga tersedia, sehingga kamu tidak perlu khawatir jika ingin berenang.

Selain itu, ada life guard yang selalu memperhatikan wisatawan saat berendam. Saat musim hujan, di sarankan kamu tidak mencoba berendam, karena debit air sangat besar dan air tidak terlalu jernih.

Namun, kalau kamu tidak ingin berendam, bisa alternatif dengan duduk santai di dadar air terjun. Kamu bisa sambil menikmati pemandangan air terjun sembari melihat pura dan pancoran air yang berasal dari mata air.

2. Menikmati keindahan pesona air terjun

Pinterest
Foto : Pinterest

Selain berendam, daya tarik utama adalah dengan menikmati keindahan air terjun. Namun, untuk menuju air terjunnya kamu harus menuruti anak tangga dengan jauh 100 meter.

Tapi kamu harus berhati-hati karena debit air terjunnya cukup tinggi. Selain itu, kamu juga dapat menikmati udaranya yang sejuk lantaran lingkungannya yang asri.

3. Spot foto yang keren

Pinterest
Foto : Pinterest

Kemudian, selain pemandangannya yang indah Tegenungan Waterfall Gianyar Bali ini menyimpan banyk spot foto yang menarik. Tampak air terjun dengan tebing tingkat jedua yang di bawah air terjun.

Kedua tebing itu mempunyai latar belakang air yang meluncur dari ketinggian yang menjadikannya spot foto paling menarik. Tak hanya itu, kamu pun bisa melompat dari tebing agar punya pengalaman dan memicu adrenalin.

Cara ke Tegenungan Waterfall

Pinterest
Foto : Pinterest

Jika kamu ingin menuju ke Tegenungan Waterfall ini mungkin kamu bisa membaca panduan ke lokasi berikut ini. Karena pada umumnya, ke Tegenungan Waterfall ini tidak punya transportasi umum, jadi kamh harus membawa kendaraan sendiri.

Wisata ini memiliki dua pilihan transportasi pribadi yang ada di pulau Bali yaitu motor dan mobil. Berikut transportasi dan keterangan untuk kamu sewa, selengkapnya di bawah ini.

1. Sewa Sepeda Motor

epeda motor pilihan transportasi yabg murah di pulau Bali. Biasanya wisatawan menggunakan sepeda motor untuk liburan sendiri atau mungkin berboncengan bersama teman.

Jadi, kamu perlu menggunakan Google maps untuk mencari penyewaan sepeda motor ini atau untuk mencari lokasi wisata. Untuk harga sewa motor tergantung jenis sepeda motor yang ingin disewakan, rata-rata harganya sekitar Rp75 ribu/hari tidak terhitung BBM.

2. Bali Sewa Mobil

Namun, jika kamu tidak ingin menyewa motor, kamu bisa menyewa mobil ketika sedang liburan bersama teman-teman. Jasa bali rent car juga bisa kamu temui di Google.

Selain itu, kamu pun bksa mencari jasa sewa mobil dengan sudah ada supirnya. Harga rental mobil di bali tergantung dengan jenis mobil yang ingin di sewa, untuk harga sewa Toyota Avanza di Bali dengan driver RP450 ribu/hari sudah termasuk BBM.

Wisata air terjun Tegenungan sangat dekat dnegan lokasi pasar seni Sukawati. Jadi kamu pun bisa sekalian untuk membeli beraneka ragam oleh-oleh yang di jual murah dan tentunya kamu bisa menawar untuk mendapatkan harga yang jauh dari pasaran.

Lokasinya Tegenungan Waterfall ini berada di desa Kemenuh kabupaten Gianyar. Alamat atau Lokasi dari air terjun Kemenuh, berada di Desa Kemenuh yang merupakan wilayah Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar.

Tampak dari peta, maka lokasi air terjun Tegenungan adalah lokasi air terjun yang terdekat dengan kawasan tempat wisata Bali Selatan. Sebagian besar air terjun di Bali memang berlokasi di daerah pengunungan atau daerah yang memiliki dataran tinggi.

Namun, yang uniknya air terjun Tegenungan ini berada di dataran rendah. Kamu menuju ke lokasi ini akan menempuh jarak 32 km dengan waktu tempuh 1 jam 10 menit.

Berbeda halnya jika kamu dari area Ubud Bali atau berangkat dari Ubud monkey Forest. Kamh akan menempuh jarak 12 kilometer dengan waktu 30 menit.

Lokasi Tegenungan Waterfall ini tidak jauh dari tepi jalan. Sehingga kamu dengan mudah menemukan lokasi air terjun Kemenuh dengan hanya menuruni anak tangga.

Setelah kamu menuruni anak tangga maka akan menemukan bibir sungai Petanu. ketika kamu menuruni tangga menuju Tegenungan Waterfall ini tidak akan terasa capek jika harus menuju ke tempat parkir.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tegenungan

Pinterest
Foto : Pinterest

Wisata Tegenungan Waterfall Gianyar Bali ini belum dapa perawatan khusus. Karena masih terjaga keasriannya, sehingga para pengunjung dapat menjaga keasriannya.

Tampak juga sekarang wisata kni sudah ada parkir kendaraan. Namun, karena sekarang sudah ada perawatan dan banyaknya pengunjung, maka akan ada biaya masuk sebagai bentuk perawatan wisata.

Untuk tiket Masuk Air Terjun Tegenungan Utama dikenakan harga Rp20 ribu/orang. Kemudian jika ingin tiket masuk ke atas air Terjun maka dikenakan Rp20 ribu/orang juga untuk biaya parkir mobil dikenakan. Rp5 ribu.

Tiket masuk Tegenungan Waterfall ini dibuka dari pukul 06.30 - 18.39 dan waktu terbaik berkunjung adalah di waktu pagi hari pukul 07.00. Kamu juga dapat datang di sore hari sekitar pukul 16.30 agar tidak terik matahari.

Topik Terkait