img_title
Foto : Www.freepik.com/freepik

IntipSeleb Gaya Hidup –Berdoa memang sangat mustajab dan tempat berserah serta memohon kepada sang pencipta. Berdoa memiliki waktu mustajab ya, salah satunya saat setelah sholat tahajud.

Sholat tahajud adalah salah satu amalan sunah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW agar dikerjakan. Tahajud biasanya dilaksanakan pada waktu malam hari.

Diketahui juga bahwa sholat tahajud memiliki keutamaan bahwa akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT. Agar hajat yang diinginkan terkabul maka kamu bisa membaca doa setelah sholat tahajud.

Sholat Tahajud

Doa setelah tahajud memang sangat dianjurkan karena Nabi Muhammad pernah bersabda bahwa sholat tahajud memiliki keutamaan yang lebih daripada sholat lima waktu lainnya.

“Apakah sholat yang lebih utama sesudah sholat lima waktu?”Beliau menjawab, 'Sholat malam’”. (HR. Muslim).

Selain itu, Allah SWT juga berfirman dalam Al-Quran dalam Surat Al-Isra ayat 79 sebagai perintah melaksanakan sholat malam. Begini arti dari Al-QuranSurat Al-Isra ayat 79;

"Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji," (QS. Al-Isra: 79).

Untuk pelaksanaannya tata cara sholat tahajud tidak jauh berbeda dengan melaksanakan sholat sunnah lainnya. Hal yang membedakan adalah membaca niat dan waktu pelaksanaannya.

Sholat tahajud dilakukan dua rakaat salam dan jumlah rakaat tahajud juga tidak terbatas. Namun, seperti diketahui bahwa Nabi Muhammad SAW tidak pernah mengerjakan sholat tahajud melebihi 11 atau 13 rakaat.

Selain sholat tahajud memiliki banyak keutamaannya, membaca doa setelah sholat tahajud pun sangat dianjurkan. Jika kamu usai sholat tahajud maka dianjurkan tidak tergesa-gesa, karena sebaiknya kamu berdoa untuk minta rezeki setelah sholat tahajud.

Sholat tahajud memang dilaksanakan pada malam hari dan kamu dianjurkan melaksanakannya setelah tidur dan bangun pada malam hari sangat diutamakan. Hal ini sebagaimana yang tertera pada sebuah hadist yang berbunyi;

"Malam manakah yang paling didengar (dikabulkan oleh Allah SWT)? Rasulullah SAW bersabda, 'Pada tengah malam'." (HR Ahmad dan Ibnu Hibban).

Tak haya itu, bahwasanya sholat tahajud memiliki keutamaan agar dihapusnya dosa dan kesalahan. Sebagaimana Rasulullah SAW pernah bersabda dalam hadist riwayat Tirmidzi dari Abu Umamah Al-Bahili; “Lakukan qiyamullail. Karena itu kebiasaan orang shaleh sebelum kalian, bentuk taejarrub, penghapus dosa, dan penghalang berbuat salah.”

Doa Setelah Sholat Tahajud

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Setelah kamu melaksanakan sholat Tahajud, maka sebaiknya kamu membaca doa. Seperti yang diketahui bahwa umat muslim dianjurkan untuk membaca doa setelah sholat tahajud dalam bahasa Arab atau dapat menggunakan bahasa Indonesia.

Berikut di bawah ini beberapa doa setelah tahajud yang bisa kamu lakukan. Namun, sebelum kamu melafalkan doa setelah tahajud, alangkah lebih baik kamu memulainya dengan berdzikir.

Bacaan Dzikir

Pinterest/Ayesha Siddiqua
Foto : Pinterest/Ayesha Siddiqua

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ

( Astaghfirullohal ‘azhim alladzi la ilaha illa huwal hayyul qoyyum wa atûbu ilaih).

Artinya: Saya memohon kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada tuhan selain Dia Yang Hidup dan Berdiri dan saya bertobat kepada-Nya.

Doa setelah sholat tahajud dalam bahasa latin:

“Allahumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta nurus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu antal haqq. Wa wa'dukal haqq. Wa liqa'uka haqq. Wa qauluka haqq. Wal jannatu haqq. Wan naru haqq. Wan nabiyyuna haqq. Wa Muhammadun shallallahu alaihi wasallama haqq. Was sa'atu haqq.

Allahumma laka aslamtu. Wa bika amantu. Wa 'alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khashamtu. Wa ilaika hakamtu. Fagfirlii ma qaddamtu, wa ma akhkhartu, wa ma asrartu, wa ma a'lantu, wa ma anta a'lamu bihi minni. Antal muqaddimu wa antal mu'akhkhiru. La ilaha illa anta. Wa la haula, wa la quwwata illa billah.”

Artinya: "Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagiMu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagiMu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagiMu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagiMu, Engkau Maha Benar. JanjiMu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar.

Ya Tuhanku, hanya kepadaMu aku berserah. Hanya kepadaMu juga aku beriman. KepadaMu aku pasrah. Hanya kepadaMu aku kembali. KarenaMu aku rela bertikai. Hanya padaMu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah."

Doa minta rezeki setelah sholat tahajud

Sholat tahajud memang biasanya dikerjakan selain meminta ridho dari Allah SWT, sholat tahajud juga bisa membukakan kamu pintu rezeki.

Berikut ini doa meminta rezeki setelah sholat tahajud yang bisa kamu lakukan. Yuk simak dan juga amalkan doa beserta artinya di bawah ini!

Doa minta rezeki yang pertama

Berikut ini doa meminta rezeki beserta artinya.

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

(Allahumak-finii bi halaalika 'an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika 'amman siwaak).

Artinya: "Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu." (HR. Tirmidzi nomor 3563. Al-Hafizh Abu Thahir)

Doa minta rezeki kedua

Berikut ini doa yang dapat membukakan pintu rezeki setelah sholat tahajud.

“Allahumma innii as-aluka 'ilman naafi'a, wa rizqon thoyyibaa, wa 'amalan mutaqobbalaa.”

Artinya: "Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rezeki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik)." (HR. Ibnu Majah, nomor 925 dan Ahmad 6: 305, 322).

Doa meminta rezeki ketiga

Selanjutnya kamu juga bisa mengamalkan doa meminta rezeki setelah sholat tahajud seperti di bawah ini. Yuk simak selengkapnya!

“Allahummaghfirlii, warhamnii, wahdinii, wa 'aafinii, warzuqnii.”

Artinya: "Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk padaku, selamatkanlah aku (dari berbagai penyakit), dan berikanlah rezeki kepadaku."

Doa penutup setelah sholat tahajud

Usai mengamalkan doa-doa setelah sholat tahajud di atas maka kamu dianjurkan untuk melafalkan doa tahajud seperti di bawah ini:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

"Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhirat hasanah, waqina adzabannar."

Artinya: "Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari siksa neraka." (QS. Al-Baqarah : 201).

Keutamaan sholat tahajud

Pinterest
Foto : Pinterest

Sholat tahajud tentunya memiliki banyak keutamaan yang luar biasa. Maka jika kamu mengamalkan sholat tahajud maka kamu akan memiliki banyak manfaatnya.

Pada waktu malam hari seseorang akan sulit untuk bangun dari waktu tidurnya. Karena itulah mengapa sholat ini menghasilkan pencapaian jumlah pahala dan status yang besar dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa.

Waktu sholat tahajud dilaksanakan pada sepertiga malam terakhir setelah bangun tidur. Keutamaan sholat tahajud yang pertama yakni orang yang melaksanakannya akan diberikan tempat terpuji dan mulia di sisi Allah SWT.

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (surga) dan mata air, mereka mengambil apa yang diberikan Tuhan kepada mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat baik; mereka sedikit sekali tidur pada waktu malam; dan pada akhir malam mereka memohon ampunan (kepada Allah).” (Adh-Dhariyat 51: 15-18).

Keutamaan sholat tahajud selanjutnya adalah dikabulkan doanya. Allah SWT berjanji akan memenuhi doa para ahli tahajud.

Rasulullah SAW bersabda, “Pada malam hari, ada satu saat ketika seorang muslim meminta kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah SWT memberinya. Itu berlangsung pada setiap malam.” (HR. Muslim dan Ahmad dari Jabir). (rth)

Topik Terkait