img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya Hidup – Pasti kalian sudah tak asing lagi dengan salah satu wilayah di Kalimantan Barat. Ya terkenal memiliki berbagai macam makanan khas Pontianak, wilayah ini sering menjadi salah satu tempat wisata paling favorit bagi para pengunjung. Tak hanya berwisata kebanyakan orang yang berkunjung ke Pontianak pasti mengincar dan berburu kuliner tradisional.

Kira-kira apa saja sih kuliner tradisional atau makanan khas Pontianak yang begitu terkenal dan memiliki kenikmatan yang tak ada duanya?, Ya biasanya orang yang berkunjung ke Pontianak pasti kebanyakan mencari kuliner khas yang memiliki cita rasa lezat yaitu choipan. Makanan ini sudah identik dengan Kota Pontianak, bahkan banyak dijual di sejumlah wilayah namun tetap memakai nama khas Pontianak.

Berkunjung ke Ibu Kota Kalimantan Barat, Pontianak tentu nggak akan lengkap tanpa mencoba berbagai makanan khas Pontianak. Kuliner tradisional Pontianak sangat beragam dengan pengaruh budaya lokal dan pendatang menjadikan makanan tradisional dari Pontianak cukup populer dan diburu oleh para pelancong.

Kekayaan makanan khas Pontianak tidak terlepas dari banyaknya budaya yang ada di Kota Khatulistiwa itu. Menurut Pemerintahan Kota Pontianak penduduk Kota Pontianak berasal dari dari Tiongkok, Melayu, Bugis, Jawa, Madura, dan lainnya. Namun, keturunan Tionghoa menjadi penduduk mayoritas di Pontianak.

Namun pada saat berkunjung ke wilayah Pontianak bagi kalian yang beragama muslim, sebaiknya berhati-hati dalam memilih kuliner atau makanan. Saran kebanyakan penduduk di Pontianak yaitu suku Tiongkok Chinesse, sehingga banyak jajahan makanan yang diperjualkan namun tidak halal.

Tenang saja berbagai jajanan dan kuliner Pontianak yang halal dan bisa dinikmati oleh semua orang pun tak kalah banyak kok. Pastinya pada saat berada di Pontianak perut kalian akan selalu dimanjakan dan dibuat kenyang.

Daripada penasaran sobat IntipSeleb yuk kita simak apa saja kulineran khas Pontianak yang sering diincar para pelancong? Berikut ini!

1. Choipan

Pinterest
Foto : Pinterest

Masih dengan kue khas kota Pontianak, Chai kule adalah salah satu kue khas pontianak yang sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Pontianak. Kue yang enak ini juga berkhasiat menyehatkan badan, karena berbahan sayuran dan dikukus.

Kulitnya terbuat dari tepung beras yang dicampurkan dengan tepung tapioka. Bagi Anda yang menyukai sayuran dengan rasa kue yang khas, Anda bisa membeli kue ini sebagai oleh-oleh khas kota pontianak.

Resep Choipan Pontianak

- 10 siung bawang putih cincang

- 800 gr bengkoang, parut kasar

- 25 gr ebi cincang

- 1 sdm gula pasir

- 1 1/2 sdt garam

- 1 sdt merica

Bahan kulit:

- 115 gr tepung beras

- 350 gr air

- 15 gr tepung kanji

- 1/4 sdt garam

- 1 1/2 sdm minyak sayur

Bahan sambal, haluskan:

- 25 gr cabai rawit merah

- 3 siung bawang putih

- 100 ml air

- 2 sdm gula pasir

- 1/2 sdt garam

- 1 sdm cuka

- 1/2 sdm saus sambal

Cara membuatnya:

1. Tumis bawang putih dengan minyak yang banyak, lalu saring.

2. Ambil sedikit minyak bawang untuk menumis ebi sampai wangi, lalu masukkan bengkoang, tumis sampai bengkoangnya layu.

3. Masukkan 3 sdt bawang putih goreng ke tumisan bengkoang, lalu tumis sampai matang merata. Pindahkan ke saringan, biarkan air di dalam tumisan bengkoangnya keluar agar lebih mudah saat dibungkus.

4. Pindahkan adonan yang masih panas ke wadah besar dan dialasi plastik tahan panas.

5. Dengan alas plastik, uleni adonan sampai kalis, licin, dan siap dibentuk. Tambahkan isian dan bungkus choi pan sampai adonan habis.

6. Siapkan loyang kukusan yang sudah dialasi dengan daun pisang, olesi dengan minyak sayur.

7. Susun choi pan di loyang, percikkan air, kukus dengan api sedang selama 15 menit.

8. Setelah matang, olesi dengan minyak bawang dan taburi bawang putih goreng.

9. Sajikan dengan sambal yang sudah dimasak sampai mendidih.

2. Bubur Pedas

Pinterest
Foto : Pinterest

Makanan Khas pontianak berikutnya adalah bubur pedas, makanan ini biasanya sangat cocok disantap saat pagi atau dijadikan menu sarapan. Terbuat dari bahan-bahan spesial seperti lengkuas, pucuk daun pakis dan rempah spesial lainnya dari Pontianak.

Bubur yang satu ini terkenal dengan rempahnya yang sangat khas, juga terdapat campuran kangkung, kacang goreng dan ikan teri sebagai pelengkap kelezatan.

Resep Bubur Pedas Pontianak

✓4 lembar daun salam

✓2 batang serai, memarkan

✓4 cm lengkuas, memarkan

✓6 butir bawang merah, haluskan

✓2 siung bawang putih, haluskan

✓2 buah cabai merah, haluskan

✓1/2 sendok teh merica, haluskan

Bumbu Pelengkap:

✓200 gram kacang tanah, goreng

✓100 gram ikan teri, goreng

✓Bawang goreng

✓Kecap manis

✓Jeruk limau

✓Sambal cair dari cabe rawit

Bahan :

✓500 gram beras, cuci bersih, tiriskan

✓200 gram kelapa parut

✓300 gram tetelan sapi atau daging ayam

✓10 lonjor kacang panjang, potong-potong

✓2 buah wortel, potong dadu

✓100 gram ubi jalar, potong dadu

✓2 ikat kangkung, potong-potong

✓100gr tauge

✓100 gr rebung, diiris tipis-tipis

✓3 ikat pakis, ambil daun dan pucuknya, iris tipis-tipis

✓100 gram daun kesum, diiris tipis-tipis

✓2000 cc air

Cara membuatnya:

1. Sangrai beras sampai kekuning-kuningan, tumbuk halus

2. Sangrai kelapa parut, tumbuk halus

3. Siapkan air, rebus tetelan hingga matang.

4. Masukkan bumbu halus, daun salam, serai, lengkuas. Aduk-aduk.

5. Tambahkan beras tumbuk, aduk-aduk

6. Masukkan wortel, kacang panjang, kangkung, ubi jalar, pakis dan daun kesum. Aduk-aduk, masak dengan api kecil hingga matang, angkat.

7. Sajikan bersama bahan pelengkap untuk taburan antara lain kacang tanah, ikan teri, bawang goreng. Kecap, sambal, jeruk limau, lebih baik disediakan terpisah agar bisa ditambahkan sesuai selera.

3. Sotong Pangkong

Pinterest
Foto : Pinterest

Meski berbeda dengan menu sotong lainnya, sotong pangkong diolah dengan cara dikeringkan terlebih dahulu, sebelum disajikan daging sotong biasanya dipukul-pukull terlebih dahulu sehingga teksturnya lebih empuk saat disajikan.

Makanan khas ini disajikan dengan kuah sambal kacang dengan rasa asam pedas manis yang menambah kelezatan makanan khas pontianak ini. Kuliner yang satu ini sangat mudah ditemukan saat bulan Ramadhan.

Resep Sotong Pangkong

✓5 ekor cumi sotong yang pernah dikeringkan

✓2 siung bawang merah

✓3 buah cabai rawit

✓Kacang tanah yang pernah disangrai dan digerus halus

✓Cuka sedikit

Cara membuatnya:

1. Cumi kering atai sotong kering tadi terus dipanggang sampe harum. Terus dipangkong (dipukul-pukul dengan palu sampe empuk). Sehabis itu dipotong-potong dan masukan dalam piring.

2. Cara Membuat Saus kuah atau sambal, haluskan semua bahan dan campur dengan cuka dan air, jangan terlalu kental.

3. Sajikan sotong pangkong bersama saus kuah atau sambal.

Gimana mudah bukan cara membuatnya? Tertarik mencobanya, yuk lebih baik memasak sendiri untuk jadi hidangan keluarga tercinta. Semoga bermanfaat ya!

Topik Terkait