img_title
Foto : Youtube/Dapur Mamabila

IntipSeleb Gaya HidupCara membuat rengginang dapat dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang sederhana dan mudah ditemukan. Resep dan cara pembuatannya pun tidak terlalu rumit.

Rengginang sendiri adalah salah satu jajanan tradisional asli Indonesia yang renyah dan memiliki rasa yang gurih. Di daerah Jawa, terkadang camilan ini disebut juga dengan kerupuk rengginang.

Hal itu karena rengginang memang sejenis kerupuk yang bahan utamanya adalah nasi atau beras ketan. Sebelum masuk ke proses penggorengan, beras ketan tersebut dijemur terlebih dahulu di bawah sinar matahari hingga teksturnya mengeras.

Rengginang juga kerap dibuat menggunakan sisa nasi yang tidak habis termakan. Sehingga agar nasi tersebut tidak basi dan terbuang sia-sia, maka nasi itu diolah menjadi camilan berupa rengginang.

Camilan tradisional yang satu ini tidak menggunakan bumbu berupa penyedap rasa dalam proses pembuatannya. Namun rasanya bisa tetap gurih dan nikmat saat disantap.

Nah, untuk Anda yang ingin membuat rengginang sendiri di rumah, berikut ini resep dan cara membuat rengginang rumahan yang mudah.

4 Cara Membuat Rengginang

1. Cara Membuat Rengginang Original

Instagram/susie.agung
Foto : Instagram/susie.agung

Bahan-bahan:

- 250 gram beras ketan yang sudah dicuci bersih dan direndam selama 1 jam

- 100 ml air

- 2 siung bawang putih

- 1 sdt garam

- 1 sdt gula pasir

- 1 sdt terasi bakar

Cara pembuatan rengginang original:

- Kukus terlebih dahulu beras ketan minimal selama 15 menit atau boleh juga lebih. Setelah itu sisihkan dahulu.

- Campur bawang putih dan terasi yang telah dihaluskan, garam, gula pasir, dan air. Kemudian aduk rata, dan rebus hingga mendidih.

- Setelah itu tambahkan beras ketan yang sudah dikukus sebelumnya, kemudian aduk kembali sampai merata.

- Kukus lagi selama kurang lebih 30 menit hingga adonan rengginang matang.

- Sesudah itu angkat adonan rengginang dan bentuk sesuai selera. Susun di atas nampan dan jemur di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering.

- Jangan lupa untuk membolak-balik rengginang. Yaitu setelah salah satu sisi kering, balik ke sisi satunya agar dapat kering sempurna.

- Setelah rengginang kering dengan sempurna, goreng ke dalam minyak goreng yang sudah dipanaskan di wajan. Biarkan hingga matang.

- Selesai, rengginang kini siap disajikan dan dinikmati.

2. Cara Membuat Rengginang Khas Yogyakarta

merahputih.com
Foto : merahputih.com

Bahan-bahan:

- 500 gram ketan putih yang sudah dicuci bersih dan direndam selama 1 jam.

- 2 cangkir air matang

- 4 siung bawang putih yang sudah dihaluskan

- 1 sdm terasi bakar

- 1 sdm gula pasir

- 1 sdm garam

Cara pembuatan rengginang khas Yogyakarta:

- Kukus terlebih dahulu beras ketan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu angkat dan tiriskan.

- Kemudian siapkan wadah seperti baskom kecil, dan masukkan bahan-bahan membuat rengginang seperti bumbu yang sudah dihaluskan, garam, gula pasir, terasi, dan air matang. aduk hingga merata kemudian angkat dan tiriskan.

- Ambil ketan putih yang telah ditiriskan sebelumnya, kemudian campurkan ke dalam baskom dan aduk kembali hingga tercampur merata.

- Setelah itu ambil secukupnya adonan rengginang dan bentuk menjadi pipih dengan ukuran yang sesuai selera. Letakkan di atas tampah untuk dijemur.

- Jemur adonan rengginang hingga kering dengan sempurna. Untuk hasil yang maksimal dan kerenyahan yang sempurna, Anda bisa menjemur rengginang hingga 1 sampai 2 hari lamanya.

- Apabila rengginang sudah kering, siapkan wajan dan panaskan minyak goreng di atasnya.

- Kemudian goreng rengginang sampai matang, lalu angkat dan tiriskan.

- Selesai, rengginang khas Yogyakarta siap disantap.

3. Cara Membuat Rengginang Singkong

resepkoki.id
Foto : resepkoki.id

Bahan-bahan:

- 2 kg singkong

- 3 siung bawang putih yang sudah dihaluskan

- Garam secukupnya

Cara pembuatan rengginang singkong:

- Kupas kulit singkong, kemudian cuci terlebih dahulu hingga bersih.

- Setelah selesai dicuci, selanjutnya partu singkong tersebut dengan menggunakan alat pemarut kelapa atau bisa juga dengan mesin parut.

- Hasil dari parutan tersebut masukkan ke dalam wadah berupa baskom untuk diambil aci atau saripati dari singkong tersebut. Proses pengambilan aci dilakukan hingga berulang kali sampai didapatkan air aci yang banyak.

- Setelah air aci didapatkan, endapkan dahulu selama kurang lebih 3 jam. Apabila sudah mengendap, silahkan pisahkan endapan aci dan buang airnya.

- Selanjutnya campurkan aci singkong yang sudah diendapkan tadi dengan parutan ubi atau singkong yang baru, kemudian jemur selama kurang lebih 1 hari.

- Setelah itu campurkan lagi dengan bahan lainnya yaitu bawang putih dan garam dan aduk hingga merata.

- Barulah cetak adonan menjadi rengginang dengan bentuk dan ukuran yang sesuai selera. Setelah itu kukus rengginang terlebih dahulu.

- Setelah dikukus, jemur kembali rengginang yang sudah dibentuk di bawah sinar matahari sampai kering.

- Setelah dipastikan benar-benar kering, goreng rengginang di atas wajan yang sudah berisi minyak panas. Goreng dengan minyak yang cukup dan suhu yang tinggi agar rengginang yang dibuat dapat mengembang dengan baik.

- Apabila sudah matang, angkat rengginang dan sajikan di atas piring atau masukkan ke dalam toples dan ditutup rapat.

4. Cara Membuat Rengginang Manis

eresep.com
Foto : eresep.com

Bahan-bahan:

- 1 kg beras ketan

- 200 ml air

- 3 blok gula merah

- Minyak sayur

- 1 sdm garam

Cara membuat rengginang manis:

- Cuci terlebih dahulu beras ketan dengan air bersih, kemudian rendam selama kurang lebih 3 jam.

- Siapkan dandang, kemudian kukus ketan tersebut selama rentang waktu 30 menit. Selama ketan dikukus, Anda bisa melumurinya dengan air garam.

- Selesai dikukus, ambil adonan dan cetak menjadi rengginang sesuai selera. Kemudian letakkan di atas nampan yang sudah diolesi dengan menggunakan minyak sayur sebelumnya.

- Barulah jemur adonan di bawah terik matahari hingga benar-benar kering. Agar kering sempurna dan semakin renyah saat digoreng nantinya, jemur selama 1 sampai 2 hari.

- Setelah itu panaskan 200 ml air, dan campurkan gula merah ke dalamnya. Aduk hingga larut dan mengental.

- Angkat adonan gula merah dan diamkan hingga menjadi dingin. Jika sudah dingin, masukkan ke dalam plastik serut.

- Ambil rengginang yang sudah kering kemudian goreng di atas minyak panas dengan api sedang hingga mengembang dan berwarna kecoklatan. Angkat, setelah itu tiriskan.

- Susun rengginang di atas nampan atau piring. Selanjutnya berikan hiasan gula merah di atas rengginang yang sudah matang sesuai selera.

- Selesai, rengginang manis kini sudah siap untuk disajikan dan disantap sebagai camilan yang nikmat. Simpan sisa rengginang manis yang belum sempat dimakan ke dalam toples, dan tutup rapat agar selalu renyah. (bbi)

Topik Terkait