img_title
Foto : Instagram/angelinajolie

IntipSeleb Gaya HidupAngelina Jolie adalah aktris pemenang Academy Award yang menjadi terkenal setelah perannya dalam Girl, Interrupted pada tahun 1999. Dia juga memainkan peran utama dalam film blockbuster "Lara Croft", serta Mr & Mrs Smith (2005), Wanted (2008), Salt (2010) dan Maleficent (2014).

Di luar layar, Angelina Jolie secara mencolok terlibat dalam proyek amal internasional, terutama yang melibatkan pengungsi dari berbagai negara perang. Dia juga sering muncul di banyak daftar "wanita paling cantik" di dunia dan dia memiliki kehidupan pribadi yang kontroversial terlebih setelah hubungannya dengan Brad Pitt.

Kini artis Hollywood yang mendapatkan ragam penghargaan bergengsi itu juga sedang mengalami kasus dengan mantan suaminya, Brad Pitt. Doduga Brad Pitt melakukan tindak kekerasan dalam rumah tangga kepada dirinya dan anak-anak.

Angelina Jolie pun mendapat kekerasan saat di pesawat ketika mereka sedang menuju suatu tempat untuk berlibur. Namun kasus itu pun hingga kini tak dilanjutkan oleh kepolisian lantaran Angelina Jolie melaporkan dengan nama samara.

Jolie kini hidup Bahagia dengan enam anaknya itu, walau menjadi seorang orang tua tunggal. Kecantikannya tetap membuat orang terpesona dan terus berkarya di dunia perfilman internasional. Yuk kepoin biografi dan karya Angelina Jolie.

Biografi Angelina Jolie

Vogue Magazine
Foto : Vogue Magazine

Jolie lahir sebagai Angelina Jolie Voight di Los Angeles, California. Wanita cantik ini memiliki bakat akting dari kedua orang tuanya yakni sang ayah, Jon Voight, yang memang seorang aktor dan ibunya, Marcheline Bertrand, yang juga seorang aktris.

Angelina Jolie belajar berakting dari kedua orang tuanya ini yang membawanya kini menjadi artis papan atas dengan segudang karya dan prestasi yang dihargai dunia internasional.

Kecantikan Angelina Jolie ternyata berasal dari keturunan ayah ibunya yang merupakan blasteran berbagai negara. Sang ayah merupakan keturunan Jerman dan Slovakia dan ibunda keturunan Prancis-Kanada, Belanda, Polandia, dan Huron.

Karir dan Penghargaan

Pinterest
Foto : Pinterest

Pada usia sekolah, Angelina mulai belajar di Institut Teater Lee Strasberg, di mana dia terlibat pada sejumlah produksi panggung. Dia melakukan beberapa studi film di Universitas New York dan kemudian bergabung dengan Grup Teater Met yang terkenal di Los Angeles. Pada usia 16, ia mengambil karir di bidang modeling dan muncul di beberapa video musik.

Pada pertengahan 1990-an, Jolie muncul di berbagai film yang menjadi titik awal ketenarannya saat itu, film yang diperankannya saat itu adalah Hacker (1995) dan Foxfire (1996). Beragam pujian diterimanya dan terus mengalami peningkatan karir ketika dia memainkan peran utama dalam film-film TV seperti True Women (1997) dan George Wallace (1997).

Kedua film itu juga yang membuatnya memenangkan Golden Globe Award dan nominasi Emmy. Pujian kepada Jolie semakin meningkat ketika ia memainkan peran utama dalam produksi HBO Gia (1998). Film ini adalah kisah hidup nyata supermodel Gia Carangi, seorang anak liar sensitif yang berani. Carangi terlibat dengan narkoba dan karena kebiasaannya menggunakan jarum, pada usia 26 tahun, dia menjadi salah satu selebriti pertama yang meninggal karena AIDS.

Penampilan Jolie di Gia (1998) kembali meraih Golden Globe Award dan nominasi Emmy lainnya, dan dia juga mendapatkan SAG Award.

Angelina mendapat apresiasi yang besar dari publik pada tahun 1999, ketika dia memenangkan peran utama dalam fim The Bone Collector (1999). Film itu dibintangi bersama Denzel Washington.

Pada tahun yang sama, Jolie memberikan penampilan terbaiknya dalam film Girl, Interrupted (1999) bermain peran bersama Winona Ryder. Film ini adalah kisah nyata wanita yang menghabiskan waktu di rumah sakit jiwa.

Peran Jolie mengingatkan pada karakter Jack Nicholson dalam One Flew Over the Cuckoo's Nest (1975), peran yang memenangkan Oscar pertamanya untuk Nicholson. Tidak seperti "Cuckoo", "Girl" adalah film kecil yang mendapat tinjauan beragam dan nyaris tidak menghasilkan uang dari box office.

Tetapi ketika tiba saatnya untuk memberikan penghargaan, Jolie memenangkan triple crown dari film tersebut. Film "Girl" mendorongnya untuk memenangkan Golden Globe Award, SAG Award dan Academy Award untuk aktris utama terbaik dalam peran pendukung.

Kehidupan Pribadi

Der Spiegel
Foto : Der Spiegel

Dengan ketenaran barunya, Jolie mulai mendapatkan perhatian mendalam dari pers. Banyak aspek kehidupan pribadinya yang kontroversial menjadi berita.

Pada pernikahannya dengan lawan mainnya di flm Hackers (1995), aktor Jonny Lee Miller, dia telah menampilkan nama suaminya di bagian belakang kemejanya yang dicat dengan darahnya sendiri. Namun kemudian Jolie dan Miller bercerai.

Pada tahun 2000 dia menikahi lawan mainnya di Pushing Tin (1999), aktor Billy Bob Thornton. Jolie telah menjadi istri kelima dari seorang pria yang dua puluh tahun lebih tua darinya. Pernikahan itu kandas pada 2002 dan berakhir dengan perceraian. Selain itu, Jolie terasing dari ayahnya yang terkenal, Jon Voight.

Pada tahun 2000, Jolie diminta untuk membintangi Lara Croft pada film Tomb Raider yang dirilis pada2001. Pada awalnya, dia menyatakan ketidaktertarikannya, tetapi kemudian memutuskan ikut bermain film lantaran proses latihan yang sangat menarik.

Lara Croft adalah persilangan wanita antara Indiana Jones dan James Bond. Ketika film tersebut dirilis, para kritikus tidak terkesan dengan produk akhir, tetapi pujian kritis bukanlah inti dari film tersebut.

Publik harus membayar $275 juta untuk tiket teater untuk melihat Jolie yang dipoles memerankan Lara Croft sang petualang. Ayah Jolie, Jon Voight, muncul di film tersebut, dan selama pembuatan film ada pemulihan hubungan singkat antara ayah dan anak perempuannya itu.

Kegiatan Kemanusiaan

UNHCR
Foto : UNHCR

Salah satu lokasi syuting sebagai Lara Croft adalah Kamboja. Selama di sana, Jolie menyaksikan keindahan alam, budaya, dan kemiskinan negeri itu.

Dia menganggap ini sebagai pengalaman yang membuka mata, dan memulai bab kemanusiaan baru dalam hidupnya. Jolie mulai mengunjungi kamp-kamp pengungsi di seluruh dunia dan secara resmi ditunjuk sebagai Duta Besar Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR).

Beberapa pengalamannya ditulis dan diterbitkan dalam buku populernya "Notes from My Travels" yang keuntungannya diberikan kepada UNHCR.

Jolie telah menyatakan bahwa dia sekarang berencana untuk menghabiskan sebagian besar waktunya dalam upaya kemanusiaan, yang akan dibiayai oleh gaji aktrisnya. Dia mencurahkan sepertiga dari pendapatannya untuk tabungan, sepertiga untuk biaya hidup dan sepertiga untuk amal.

Pada tahun 2002, Angelina mengadopsi seorang anak pengungsi Kamboja bernama Maddox dan pada tahun 2005, mengadopsi seorang gadis pengungsi Ethiopia bernama Zahara. Film fitur dramatis Jolie Beyond Borders (2003) sejalan dengan beberapa pengalaman kemanusiaan kehidupan nyatanya.

Angelina Jolie dan Bradpit

Pinterest/Closer Weekly
Foto : Pinterest/Closer Weekly

Pada tahun 2004, Jolie mulai syuting Mr & Mrs Smith (2005) dengan lawan mainnya Brad Pitt. Film ini menjadi sukses besar di box office. Ada desas-desus bahwa Pitt dan Jolie berselingkuh saat syuting Mr dan Mrs Smith.

Jolie bersikeras tidak mengakui, karena ibunya telah disakiti oleh perzinahan. Dia sendiri mengaku tidak pernah bisa terlibat dalam hubungan asmara dengan pria yang sudah menikah, oleh karena itu tidak ada perselingkuhan dengan Pitt saat itu.

Meskipun demikian, Pitt berpisah dari istrinya Jennifer Aniston pada Januari 2005. Kemudian pada bulan-bulan berikutnya, dia sering terlihat di depan umum dengan Jolie, tampaknya sebagai pasangan.

Jolie dan Pitt mengumumkan pada awal 2006 bahwa mereka akan memiliki anak bersama, dan Jolie melahirkan putri Shiloh pada Mei 2006. Mereka juga mengadopsi seorang anak Vietnam berusia tiga tahun bernama Pax.

Pasangan yang menikah pada 2014 dan bercerai pada 2019 itu terus mengejar proyek film dan kemanusiaan. Kini keduanya memiliki total enam anak. (nes)

Topik Terkait