img_title
Foto : Freepik.com

IntipSeleb Gaya Hidup – Nama nama surga perlu diketahui oleh semua umat muslim di dunia ini. Allah SWT sudah menjelaskan mengenai nama nama surga ini dalam firman-firmannya di Al Quran. Sebab, surga sendiri adalah tempat indah yang Allah janjikan pada semua umatnya apabila taat dan terus beriman kepada-Nya.

Islam mendefinisikan surga sebagai Jannah, surga di mana orang-orang baik beristirahat setelah meninggalkan tubuh duniawi mereka. Al Quran menggambarkannya sebagai 'taman kesenangan', di mana orang-orang diberi ganjaran setelah kematian atas perbuatan baik yang mereka lakukan selama hidup mereka.

Oleh karena itu, diyakini bahwa jika seseorang mengikuti aturan yang ditetapkan oleh Allah, tidak melakukan dosa, dan tetap baik sepanjang hidup, mereka masuk surga. Ada sejumlah nama nama surga dalam Islam, dan setiap tingkat memiliki inti dan konstruksi yang berbeda dengan nabi yang berbeda yang berada di dalamnya.

Apa saja nama nama surga milik Allah SWT ini? Berikut dilansir dari laman Viva dan beberapa sumber lainnya yuk pelajari di sini!

Nama Nama Surga

1. Surga Firdaus

freepik.com
Foto : freepik.com

Firdaus mengacu pada taman dengan semua jenis tanaman. Ada buah anggur di tempat itu. Ini adalah tingkatan surga yang paling bergengsi dan digambarkan lebih unggul dari semua tingkatan surga. Seperti yang disampaikan Allah SWT dalam firmannya “Sungguh, orang yang beriman dan beramal shalih, untuk mereka disediakan surga Firdaus sebagai tempat tinggal.” (QS. Al-Kahfi: 107).

2. Surga Al Adan

pinterest.com
Foto : pinterest.com

Ini adalah 'tempat abadi'. Di mana, setelah bertobat dan menghadapi hukuman untuk setiap dosa yang dilakukan, seorang muslim diberikan tempat di surga ini. Dalam Surah Taubah ayat 72, Allah SWT berfirman bahwa ia menjanjikan kepada orang-orang beriman-Nya bahwa mereka akan menemukan tempat di Taman Adan.

“Allah menjanjikan kepada orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan, (akan mendapat) surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya, dan (mendapat) tempat yang baik di surga ‘Adn.” (Q.S At-Taubah: 72).

Di sinilah seseorang menemukan penerimaan terbesar dari Allah dan menandai penaklukan terbesar. Sungai-sungai yang mengalir di bawah taman menyediakan semua yang diinginkan.

3. Surga An-Naim

freepik.com
Foto : freepik.com

Dalam Surah Yunus, Allah SWT berbicara tentang tingkat surga ini dan mengatakan bahwa orang-orang yang beriman kepada Allah melakukan pekerjaan yang baik. Keyakinan mereka mengarahkan mereka untuk tetap baik sepanjang hidup mereka dan membawa mereka ke tingkat ini.

Umat islam yang bersikap seperti ini akan menemukan sungai yang mengalir di bawah mereka di 'Surga Kenikmatan' dan menjadi bagian dari tingkat ini yang terbuat dari besi. Seperti yang Allah sebutkan dalam ayat berikut:

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan, kekal mereka di dalamnya. Sebagai janji Allah yang benar dan Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (Q.S. Luqman ayat 8 – 9).

4. Surga Ma'wa

freepik.com
Foto : freepik.com

Ini adalah nama surga yang terbuat dari kuningan untuk orang-orang yang memiliki amal saleh, takwa kepada Allah SWT, takut dengan kebesaran Allah SWT dan dapat menahan hawa nafsu selama di dunia.

Mawa diartikan sebagai tempat orang berlindung. Ini memiliki rumah dan tempat tinggal. Surah As Sajdah menjelaskan hal ini:

“Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, maka bagi mereka jannah tempat kediaman, sebagai pahala terhadap apa yang mereka kerjakan.” (Q.S. As-Sajdah: 19).

5. Surga Darussalam

freepik.com
Foto : freepik.com

Nama nama surga yang perlu diingat selanjutnya yaitu surga Darussalam. Surga ini ditujukan untuk golongan orang-orang yang memiliki iman kuat, dapat mengamalkan ayat-ayat Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari, serta mengerjakan amal saleh lainnya. Untuk penjelasan surga ini disebutkan di dalam surat Al-An’am berikut:

“Bagi mereka (disediakan) darussalam (surga) pada sisi Tuhannya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal saleh yang selalu mereka kerjakan.” (Q.S. Al-An’am: 127).

6. Surga Darul Muqamah

freepik.com
Foto : freepik.com

Nama nama surga selanjutnya yang perlu kamu tahu adalah surga Darul Muqamah. Surga ini akan ditempati oleh orang-orang yang semasa hidupnya selalu berbuat kebaikan dan patuh menjauhi larangan Allah SWT apalagi hal-hal berbau maksiat. Di dalam surga ini semua penghuni akan kekal tidak merasa lelah dan tidak pula merasa lesu.

Salah satu ayat Al Quran yang menjelaskan surga ini adalah sebagai berikut:

“Dan mereka berkata: ‘Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri 34. Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; di dalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu. (Q.S Al-Fatir: 34).

7. Surga Maqamul Amin

freepik.com
Foto : freepik.com

Surga Maqamul Amin ini termasuk surga yang istimewa loh, karena terbuat dari emas. Allah SWT menjanjikan surga ini sebagai tempat untuk orang-orang yang memiliki keimanan dengan tingkat Muttaqin. Artinya, memang surga ini khusus ditujukan hanya bagi orang-orang yang bertakwa kepada Allah Swt. Penjelasannya bisa diketahui dari ayat berikut:

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman.” (Q.S. Ad-Dukhan: 51).

8. Surga Khuldi

freepik.com
Foto : freepik.com

Nama nama surga selanjutnya yaitu surga Khuldi. Golongan umat muslim yang bisa masuk ke dalam surga Allah ini adalah golongan orang yang selalu bertakwa kepada Allah SWT. Bagaimana syarat ketakwaannya ini sendiri? Berikut dijelaskan dalam ayat Al Quran berikut:

“Katakanlah: “Apa (azab) yang demikian itukah yang baik, atau surga yang kekal yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa?” Dia menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka?” (Q.S. Al-Furqan: 15).

9. Surga Maq’adu Shidq

freepik.com
Foto : freepik.com

Sama seperti nama nama surga lainnya, di dalam surga Maq’adu Shidq di dalamnya terdapat taman dan sungai-sungai. Surga ini dijelaskan Allah SWT dalam ayat berikut: “Sungguh, orang-orang yang bertakwa berada dalam taman-taman dan sungai-sungai, di tempat yang disenangi di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa.” (QS. Al-Qamar: 54-55).

10. Surga Qadama Shidq

freepik.com
Foto : freepik.com

Surga ini dijelaskan dalam ayat berikut: “Berilah peringatan kepada manusia dan gembirakanlah orang-orang yang beriman bahwa mereka mempunyai kedudukan yang tinggi di sisi Rabb kalian.” (QS. Yunus: 2).

11. Surga Al-Maqamul Amin

freepik.com
Foto : freepik.com

Salah satu dari nama nama surga yang perlu diketahui adalah surga Al-Maqamul Amin. Tahukah kamu apa istimewanya surga ini? Jenis surga ini istimewa karena diciptakan dari permata putih.

Dalam ayat berikut Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam tempat yang aman.” (QS. Ad-Dukhan: 51).

12. Surga Jannatun Na’im

freepik.com
Foto : freepik.com

Pada dasarnya surga Jannatun Na’im diketahui adalah surga yang penuh kenikmatan. Untuk surga ini dijelaskan dalam surat Lukman berikut: “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih, mereka akan mendapat surga-surga yang penuh kenikmatan.” (QS. Luqman: 8).

Itulah dia nama nama surga yang perlu kita ketahui sebagai seorang muslim. Semoga bermanfaat! (nes)

Topik Terkait