img_title
Foto : Simplemost.com

IntipSeleb Gaya Hidup – Cara memanjangkan bulu mata dapat dilakukan dengan cara yang alami dan memberikan hasil efektif. Bulu mata merupakan bagian yang kini banyak menjadi perhatian.

Bulu mata yang panjang dan lentik dinilai dapat memberikan tampilan mata yang lebih indah dan cantik. Oleh karenanya, tak sedikit yang rela merogoh kocek dan mengeluarkan budget yang tidak sedikit demi bulu mata mereka.

Namun, jika tak ingin mengeluarkan biaya besar untuk bulu mata, 7 cara memanjangkan bulu mata berikut ini bisa kamu coba untuk dapatkan bulu mata yang lentik alami. Lantas, apa saja ya? Yuk, cek selengkapnya.

Cara Memanjangkan Bulu Mata Alami

Memanjangkan bulu mata secara alami dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan yang alami pula. Bahan-bahan ini pun termasuk mudah untuk ditemukan di rumah.

1. Cara Memanjangakan Bulu Mata dengan Minyak Zaitun

primarasa.co.id
Foto : primarasa.co.id

Cara memanjangakan bulu mata secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Dalam dunia kecantikan, minyak zaitun memang sudah dikenal memiliki berbagai manfaat, sehingga banyak digunakan pada beragam produk kecantikan.

Manfaat yang dimiliki oleh bahan alami yang satu ini berasal dari kandungannya yang penuh nutrisi seperti vitamin A dan vitamin E. Kandungan vitamin A dipercaya dapat merangsang pertumbuhan rambut, termasuk pertumbuhan bulu mata.

Sementara itu vitamin E yang selama ini dikenal baik untuk kesehatan kulit, ternyata juga bagus untuk memelihara kesehatan rambut dan bulu mata.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan minyak zaitun tersebut pada bulu mata sebelum tidur. Setelah bangun di keesokan harinya, bilas sisa-sisa minyak zaitun itu dengan air hingga bersih.

2. Cara Memanjangakan Bulu Mata Memakai Minyak Kemiri

hellosehat.com
Foto : hellosehat.com

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak kemiri untuk membuat bulu mata menjadi sehat dan tumbuh lebih panjang.

Selain minyak zaitun, minyak kemiri adalah salah satu bahan alami yang banyak diandalkan untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut di tubuh. Minyak kemiri juga memiliki kemampuan untuk membuat rambut menjadi lebih hitam dan berkilau alami.

Hal itu karena di dalam minyak kemiri terdapat kandungan berupa asam linolenic yang baik untuk rangsangan pertumbuhan rambut. Sehingga minyak alami ini juga akan bermanfaat bagi pertumbuhan bulu mata.

Untuk menggunakan minyak kemiri pada bulu mata, kamu bisa mengambil minyak kemiri secukupnya lalu mengoleskannya di bulu mata sesaat sebelum tidur. Untuk hasil terbaik, gunakan secara rutin dan teratur, dan jangan lupa untuk membilasnya hingga bersih di keesokan harinya.

3. Cara Memanjangakan Bulu Mata Menggunakan Lidah Buaya

medicalnewstoday.com
Foto : medicalnewstoday.com

Bahan alami lainnya yang populer untuk kecantikan adalah lidah buaya. Bahan yang satu ini juga tak kalah lazim dimanfaatkan dalam berbagai produk perawatan kulit maupun rambut.

Sama seperti bahan alami lainnya, di dalam lidah buaya terdapat kandungan vitamin yang baik untuk menutrisi kulit dan rambut, Lidah buaya dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan bulu mata hingga dua kali lebih cepat dari rata-rata.

Cara penggunaannya pun tidak jauh berbeda dengan penggunaan bahan alami lainnya. Ambil daging lidah buaya yang sudah dibersihkan, kemudian haluskan terlebih dahulu.

Setelahnya barulah kamu bisa mengaplikasikannya pada bulu mata dan biarkan hingga menyerap. Gunakan dengan rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Memanfaatkan Daun Sirih

rumah.com
Foto : rumah.com

Daun sirih dikenal sebagai bahan alami yang biasanya digunakan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, hingga merawat daerah kewanitaan. Namun, siapa sangka jika daun sirih juga punya manfaat bagi bulu mata?

Daun sirih dapat membuat bulu mata menjadi lentik dan juga tumbuh dengan lebih tebal. Untuk merasakan manfaat dari daun sirih bagi bulu mata, kamu bisa menyiapkan dua lembar daun sirih terlebih dahulu.

Kemudian haluskan daun sirih tersebut. Setelah itu barulah oleskan daun sirih di area bulu mata dan diamkan dahulu selama 30 menit. Jika sudah 30 menit, silahkan bilas sampai bersih.

Kamu juga bisa mencampurkan daun sirih dengan lidah buaya untuk hasil yang lebih maksimal. Lakukan cara ini dengan rutin untuk melihat perubahan yang baik pada bulu mata.

5. Memanjangkan Bulu Mata dengan Teh Hijau

healthywomen.org
Foto : healthywomen.org

Teh hijau selama ini diketahui memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh dan menjaga kebugaran tubuh. Di dalamnya terdapat kandungan antioksidan yang tinggi serta anti-karsinogenik.

Kedua kandungan itu baik untuk menjaga kesehatan jantung dan juga mencegah timbulnya penyakit kanker pada tubuh.

Tak hanya punya segudang manfaat bagi tubuh, teh hijau juga baik bagi kulit dan pertumbuhan rambut hingga bulu mata. Bahan alami ini mampu menguatkan akar rambut dan juga membuatnya tumbuh dengan lebih subur.

Untuk memanfaatkan teh hijau agar bulu mata lebih panjang, kamu bisa menggunakan bubuk teh hijau yang dicampur dengan air, kemudian mengoleskannya pada bulu mata. Namun ada juga cara lainnya, yakni menggunakan kantung teh hijau.

Kamu bisa menempelkan kantung teh hijau tersebut di area mata dan diamkan selama beberapa menit.

6. Cara Memanjangakan Bulu Mata dengan Minyak Rosemary

healthshots.com
Foto : healthshots.com

Minyak rosemary adalah salah satu jenis minyak esensial yang banyak digunakan untuk bahan aromaterapi. Minyak alami ini juga sudah banyak digunakan untuk dijadikan bumbu penyedap maupun pengawet pada makanan.

Selain itu minyak rosemary juga digunakan dalam kandungan parfum hingga berbagai produk perawatan kulit. Minyak rosemary juga dikenal sebagai bahan alami yang mampu merangsang pertumbuhan rambut pada tubuh.

Jika digunakan pada bulu mata, bahan alami yang satu ini akan merangsang folikel bulu mata sehingga memicu pertumbuhannya menjadi lebih baik. Bulu mata juga akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok.

Untuk cara penggunaannya sendiri pun sama dengan beberapa bahan alami sebelumnya, yakni cukup dengan mengoleskan minyak esensial ini di helaian bulu mata.

Lakukan sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kemudian pada keesokan paginya, bersihkan bulu mata dari sisa-sisa minyak rosemary tersebut.

7. Memanfaatkan Minyak Kastor Pada Bulu Mata

Sehatq.com
Foto : Sehatq.com

Cara memanjangakan bulu mata secara alami yang berikutnya yakni dengan menggunakan minyak esensial lainnya yaitu minyak kastor. Nama lain dari minya kastor adalah minyak jarak.

Minyak kastor memiliki kandungan berupa asam amino dan juga vitamin E yang tinggi. Oleh karena itu minyak esensial ini mampu menutrisi rambut, termasuk bulu mata. Nutrisi tersebut dapat dirasakan mulai dari bagian akar hingga bagian helainya.

Akar rambut dan bulu mata akan menjadi semakin kuat sehingga mencegahnya dari kerontokan. Meski terdengar sepele, namun kerontokan pada bulu mata bisa mengganggu keseharian.

Hal itu dikarenakan bulu mata yang rontok seringkali masuk ke dalam mata dan menyebabkan rasa perih dan juga mengganjal.

Minyak kastor dapat ditemukan dengan mudah di pasaran dan dijual dalam bentuk botol. Sehingga kamu bisa langsung menggunakannya pada bulu mata tanpa perlu meraciknya sendiri. (bbi)

Topik Terkait