X

IntipSeleb – Saif Ali Khan sebelumnya sempat menuai kontroversi lantaran memutuskan untuk keluar dari Islam dan memilih menjadi agnostik. Dengan tegas, ia menyebut memiliki agama membuat hidupnya menjadi ruweh. 

Di sisi lain, ia juga tidak memiliki adanya akhirat. Lantas, seperti apa pernyataannya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Besar dengan Ajaran Muslim

img_title
Foto : berbagai sumber

Saif Ali Khan diketahui merupakan aktor yang besar dengan ajaran agama Islam. Walaupun kedua orang tuanya beda agama, Ayah Saif beragama Islam, ibu Saif memeluk agama Hindu, Saif memilih untuk mengikuti keyakinan ayahnya. Ia bahkan dikenal sebagai salah satu orang yang rajin membaca Al-Quran.

Selain itu, ia juga rajin melakukan salat. Kegigihannya ini membuat mantan istrinya yang pertama, Amrita Singh yang tadinya memeluk agama Hindu memilih untuk memeluk dan belajar lebih dalam tentang Islam.

Beda Agama Jadi Bahan Kecaman 

img_title
Foto : Times of India

Saif Ali Khan diketahui menikah dengan Kareena Kapoor pada 16 Oktober 2012. Pernikahan keduanya menjadi sorotan lantaran Saif Ali Khan berbeda agama dengan Kareena Kapoor. 

Saif Ali Khan diketahui merupakan pria pemeluk agama Islam. Sedangkan, Kareena Kapoor merupakan penganut agama Hindu. Beda agama diantara keduanya menjadi bahan gunjingan warga India hingga mendapat kecaman ketika keduanya memilih nama anak mereka. 

Kareena dan Saif kena amuk umat Hindu dan dihujat lantaran memberikan nama anak kedua mereka, Jehangir Ali Khan. Nama Jehangir diketahui merupakan nama kaisar Mughal ke-4 yang berkuasa pada abad ke-17.

Sebut Agama Buat Hidupnya Ribet

img_title
Foto : Deccan Chronicle

Di sisi lain, Saif Ali Khan juga mendapat kecaman ketika memeluk agama Islam. Ia mendapat kritikan pedas ketika mengikuti ritual Ganesha Chaturthi bersama Kareena dan anak-anaknya. 

Ketika melakukan persembahan di depan patung Ganesha, Saif Ali Khan kemudian diteriaki oleh warganet. “Hey Saif, kamu muslim!”. Hal ini membuat Saif menyebut bahwa semua orang berlomba-lomba menentukan agama mana yang lebih baik dan itu membuat kehidupannya menjadi ruweh.

“Saya menemukan terlalu banyak agama untuk menjadi sebuah organisasa dan terlalu banyak masalah yang pada dasarnya terkait dengan Tuhanku, atau Tuhanmu, atau Tuhan siapa yang lebih baik. Terlalu banyak masalah, padahal ini tentang keimanan kepercayaan yang bersifat personal,” kata Saif Ali Khan dikutip The Indian Express.  

Putuskan jadi Agnostik dan Tak Percaya Akhirat

img_title
Foto : Instagram/therealkareenakapoor

Menyebut adanya agama membuat Saif Ali Khan memutuskan untuk menjadi seorang agnostik atau tidak percaya adanya Tuhan. Ia juga mengaku tidak percaya adanya akhirat sebab manusia ketika sudah meninggal dunia akan hilang selamanya layaknya lampu yang sudah mati. 

“Saya agnostik. Saya sangat sekuler, dalam arti bahwa saya pikir terlalu banyak agama membuat saya khawatir, karena mereka menekankan pada kehidupan setelah kematian. Saya rasa ini bukan tentang kehidupan setelah kematian saja yang perlu kita tekankan,” ungkap Saif.

“Kenapa terlalu mengkotak-kotakan. Kenapa tidak saling memahami, hidup saat ini di dunia ini bersisian? Aku tidak begitu percaya akhirat, tentang kehidupan setelah mati. Aku merasa ketika kita mati ya seperti mati lampu saja. Artinya tidak ada kehidupan” sambungnya.

Sebut Dirinya Spiritual

img_title
Foto : ndtv

Meski begitu, Saif Ali Khan mengatakan bahwa dirinya adalah orang spiritual dan hanya berfokus pada doa dan hal baik saja. Ia juga menyebut akan melakukan hal baik bagi dirinya dan sekitarnya.

“Saya berdoa dan saya mencoba untuk memfokuskan energi saya sendiri pada berbagai hal. Saya lebih spiritual,” kata Saif Ali Khan. (jra)

Berita Terkait :

Saksikan Juga