X

IntipSeleb – Film horor Vietnam rupanya tak kalah dengan film horor asal asia tenggara lainnya. Pasalnya, negara yang dijuluki sebagai the land of blue dragon itu juga memiliki film-film yang bagus dan menarik, yang sayang sekali jika dilewati, khususnya film dalam genre horor.

Bagi para pecinta film, mungkin film horor Vietnam masih jarang sekali peminatnya alias jarang direkomendasikan. Namun sebenarnya kalau dilihat lebih jauh, film horor Vietnam juga tak kalah seru dan yang pasti suasana horor yang dibangun dalam film itu pun mampu membuat bulu kuduk para penontonnya berdiri loh, alias merinding!

Tak hanya suasana horornya saja yang bagus, namun suara serta alur cerita dari film horor Vietnam juga tak kalah menarik dan yang pasti bikin siapapun yang menonton penasaran. Belum lagi plot twist yang kerap kali dijadikan senjata utama agar film horor makin ciamik dan berkesan setelah ditonton.

Oleh sebab itu, berikut ini adalah rekomendasi film horor Vietnam yang siap menantang adrenalin para penonton. Bagi yang merasa penakut, minggir dulu, ya! Yuk mari disimak rekomendasi berikut ini!

1. The Guardian (2021)

img_title
Foto : Youtube/Hollywood Explanations

Rekomendasi film horor Vietnam pertama dibuka oleh film The Guardian. Film yang tayang tahun 2021 ini bisa ditonton melalui salah satu platform layanan film di Indonesia. Kabarnya, film bergenre horor thriller itu memiliki alur cerita yang tidak tertebak alias plot twist! Tak heran, beberapa waktu lalu publik sedang ramai membicarakan film horor bertemakan boneka itu.

The Guardian menceritakan tragedi yang menimpa penyanyi terkenal. Phoung sang penyanyi terkenal ditemukan bunuh diri dengan memegang boneka Kumanthong kesayangannya. Phoung bunuh diri karena video syur miliknya tersebar.

Video itu ada ketika Phoung dan penyanyi latarnya, Ly dijebak oleh para pria kaya di sebuah pesta. Phoung diancam akan disebarkan video tak senonoh dirinya jika menolak perintah, begitupun dengan Ly. Namun Phoung tak menurut, oleh karena itu video tersebut disebarkan di publik.

Setelah kematian Phoung, Ly tetap menurut kepada orang-orang jahat itu agar karier dan popularitasnya tidak hilang. Ly terus diperas hingga akhirnya ia meminta bantuan Nyonya Tam. Wanita tersebut memasukkan ruh ke dalam boneka Kumanthong milik Ly yang diberi nama Na.

Tak berselang lama, pemuda yang mengacam Ly tewas dengan tragis. Ly kemudian berpikir bahwa boneka tersebut dapat memberikan keberuntungan untuknya. Selain itu, Ly juga memutuskan untuk membalaskan dendamnya kepada orang-orang yang dibencinya melalui boneka itu.

2. Vengeful Heart (2014)

img_title
Foto : Imdb

Film horor Vietnam selanjutnya ada Vengeful Heart atau (Qua Tim Mau). Film ini bermula saat Son mengajak istri barunya yakni Linh berlibur setelah melakukan operasi transplantasi jantung.

Setelah transplantasi, anehnya Linh terus menerus menghadapi insiden yang aneh dan tidak dapat dijelaskan. Linh pun bermimpi tentang sebuah rumah aneh yang berada di sebuah pedesaan Da Lat. 49 hari kemudian, Link berjalan sambil tidur ke sebuah kuburan Phuong di daerah terpenci.

Disana ia bertemu dengan Tam yang merupakan suami Phuong. Tam membawa Linh kembali ke rumahnya sambil menunggu Son untuk menjemput Linh setelah mereka mengabari sang suami. Di sana Linh menyadari bahwa rumah Tam adalah rumah yang selama ini ada di dalam mimpinya. 

Sejak kejadian itu, Link merasa semua ini berkaitan dan penasaran. Sebenarnya apa yang terjadi? Apa semua kejadian ini ada kaitannya dengan jantung baru yang dimilikinya?

3. The Housemaid (2016)

img_title
Foto : Pinterest

The Housemaid menjadi film horor Vietnam selanjutnya yang patut untuk ditonton. Film ini berlatarkan waktu tahun 1953 ketika masa perang masih berlangsung. Berkisah tentang seorang gadis desa yatim piatu yang dipekerjakan sebagai pembantu rumah tangga di sebuah perkebunan karet Prancis yang terkenal angker.

Selama gadis itu menjadi pembantu rumah tangga di sana, lambat laun ia jatuh cinta dengan sang pemilik perkebunan karet yakni Kapten Sebastien Laurent. Keputusan sang gadis yang mencintai sang pemilik tanah Prancis adalah hal yang salah, karena hal itu membangkitkan arwah dari istri Sebastien yang telah meninggal yakni Camile.

Film yang disutradari oleh Derek Nguyen ini juga sempat memenangkan penghargaan Silver Lotus dalam kategori film terbaik dari Festival Film Vietnam ke 20 pada tahun 2017.

4. Ghost at School (2011)

img_title
Foto : Imdb

Rekomendasi film horor Vietnam selanjutnya ada Ghost at School atau Bong Ma Hoc Duong yang dirilis pada tahun 2011. Film ini bergenre horor komedi, jadi buat yang penakut tapi suka film horor, film ini cocok banget untuk ditonton santai bersama teman.

Film ini berkisah tentang Nam Linh seorang penulis kisah kekerasan pada remaja. Namun lucunya, ia sendiri tidak tau apa-apa tentang remaja bahkan tidak memahami putranya sendiri yakni, Minh Quan. Suatu ketika, karena selalu dihina oleh orang-orang, Nam Linh memutuskan untuk bunuh diri.

Ketika menjadi hantu, Nam Linh justru bertemu dengan bos hantu lama serta tiga hantu remaja yakni Thanh Mai, Nana Ly, dan Ngo Vinh. Nam Linh diajak ke sarang para hantu tersebut untuk diajari cara membunuh orang.

Secara perlahan, Nam Linh yang penasaran mengenai kehidupan kekerasan di sekoalh akhirnya mengetahui sisi gelap dari sekolah, mulai dari kecanduan situs porno, cinta pertama, tragedy keluarga, bully hingga kasus bunuh diri.

Walau diajari untuk membunuh orang, Nam Linh tidak melakukannya. Justru, Nam Linh bersama ketiga hantu remaja lainnya berusaha untuk menjinakkan bos hantu lama. Keseruan dari petualangan dari hantu Nam Linh sangat seru untuk diikuti.

5. Hollow (2014)

img_title
Foto : Imdb

Film horor Vietnam selanjutnya adalah Hollow atau (Doat Hon) yang tayang pada tahun 2014. Film ini mengisahkan Chi si gadis pemberontak 18 tahun yang kembali ke kota asalnya ketika ayah tirinya yang kaya yakni Huy, memberikan sumbangan ke kuil di sebuah desa.

Pada hari itu, saudara perempuannya yakni Ai, tenggelam di sebuah sungai. Ketika paman Ai, Thuc, yang merupakan seorang polisi sedang melakukan perjalanan ke kamar mayat ke desa untuk mengidentifikasi mayat Ai, tiba-tiba saja gadis itu langsung duduk dan tampak sangat hidup.

Thuc membawa Ai pulang ke keluarganya, tetapi dia tidak memberitahu kepada mereka bahwa sebelumnya Ai ditemukan telah tidak bernyawa. Semuanya pun tampak bahagia dan kehidupan berjalan dengan normal, hingga kemudian Ai menunjukkan sikap aneh dan tanda-tanda seperti kerasukan spiritual.

Mereka pun memanggil seorang dukun untuk melakukan pengusiran setan, tetapi dia tidak berhasil, dan mengklaim bahwa Ai tidak dirasuki oleh roh yang mati, tetapi dirasuki oleh jiwa yang hilang dari orang yang hidup.
Untuk mencaritahu kebenarannyam, Chi melakukan perjalanan ke desa tempat Ai ditemukan. Lalu apakah yang sebenarnya terjadi dengan Ai? Benarkah Ai masih hidup atau sebenarnya telah mati?

Demikian daftar rekomendasi film horor Vietnam yang cocok untuk ditonton sebagai selingan dari film horor dari negara asia lainnya. Pastikan kamu tidak sendiri ya menonton film tersebut! Semoga film horor Vietnam di atas bisa masuk ke dalam list film horor yang akan kamu tonton selanjutnya, ya. (bbi)

Berita Terkait :

Saksikan Juga