img_title
Foto : Naver

IntipSeleb – Kim So Hyun tengah membintangi drama Korea terbaru garapan KBS bertajuk River Where The Moon Rises yang tayang perdana pada Senin, 15 Februari 2021. Memerankan karakter seorang putri sekaligus pejuang, baju tradisional hanbok yang dikenakan oleh sang aktris diklaim milik warga Tiongkok.

Belakangan ini, Korea Selatan dan Tiongkok bersitegang atas kepemilikan budaya. Diketahui bahwa Tiongkok mencoba menyebarkan propaganda bahwa hanbok, pakaian tradisional Korea, dan kimchi, salah satu makanan khas Korea, merupakan milik Tiongkok. Di tengah situasi tersebut, sosok Kim So Hyun justru terseret. Apa yang sebenarnya terjadi? Simak artikel di bawah ini.

Korea Selatan dan Tiongkok Tengah Bersitegang

Naver
Foto : Naver

Isu ini mulai merebak setelah program berita SBS News mengungkap bahwa China mulai menyebut Korea Selatan sebagai ‘Negara Pencuri’. Alasannya karena mereka mengklaim bahwa Korea Selatan telah merebut beberapa hak atas budaya mereka.

Publik Tiongkok bersikeras bahwa makanan Korea seperti makanan kimchi, pakaian tradisional hanbok, hingga lagu khas Arirang sebenarnya adalah bagian dari identitas budaya negara China. 

Karena propaganda ini, netizen Tiongkok mulai membanjiri kolom komentar postingan orang-orang Korea di Instagram dengan kata-kata berkonotasi negatif termasuk menghardik mereka sebagai pencuri hingga mengeluh-eluhkan ‘budaya’ yang dianggap milik mereka. 

Topik Terkait