X

IntipSeleb – Sejumlah nama artis Korea seperti Park Eun Seok, Yoo Seung Ho, hingga G-dragon, sempat menuai kontroversi karena hewan yang mereka pelihara. Baru-baru ini, Winter aespa juga menjadi sorotan usai menceritakan tentang hamster peliharaannya.

Lantas, siapa saja artis Korea yang sempat terjerat kontroversi karena hewan? Intip yuk selengkapnya melalui ulasan di bawah ini. 

Lee Yeol Eum


Source: The Korea Times

Saat menghadiri program acara Law of the Jungle pada 2019 lalu, Lee Yeol Eum dan kru sempat menuai kritik tajam dari pemerintah Thailand. Pasalnya, pada episode yang berlokasi syuting di Taman Nasional Hat Chao Mai, Lee Yeol Eum terlihat menangkap kerang raksasa yang dilindingi di Thailand karena hampir punah.

Sebelumnya, pemerintah Thailand sudah memngeluarkan kebijakan untuk pihak Law of the Jungle terkait aksi perburuan, dan sang produser sudah mensetujui jika program tersebut tidak akan menayangkan hal tersebut. Karena ini, aktris yang juga membintangi drama Nevertheless itu terancam 5 tahun penjara denda 20 ribu bath atau sekitar Rp9,2 juta.

Park Eun Seok


Source: World Today News

Pada awal 2021, Park Eun Seok sempat dituding telah menelantarkan hewan usai penampilannya bersama anjingnya di program acara I Live Alone. Aktor drama The Penthouse sempat memperkenalkan anjingnya yang berusia 3 bulan bernama Molly.

Netizen menyebut jika Park Eun Seok memiliki peliharaan yang lain seperti kucing, berbagai jenis ras anjing, serta landak, dan menudingnya telah menelantarkan hewan lantaran sudah tidak pernah terlihat keberadaannya.

Menanggapi adanya tudingan ini, pihak agensi membantah dan menuturkan jika hewan peliharaan Park Eun Seok dirawat dengan baik oleh nenek serta rekannya karena tempat tinggal sang aktor tidak strategis untuk ditempati oleh hewan peliharaan, dan Park Eun Seok kerap menengok hewan-hewan peliharaannya tersebut.

Winter aespa

img_title
Foto : aespa_official/instagram

Melalui platform Bubble pada Agustus 2021 lalu, Winter aespa membagikan kisahnya saat masih duduk di bangku sekolah dulu. Ia memelihara hamster yang awalnya cuma dua, lalu hewan tersebut berkembang biak dan Winter aespa jadi memiliki 25 hamster.

Dalam pesannya, gadis berusia 20 tahun tersebut mengatakan jika dia memutuskan untuk merawat satu dari bayi-bayi hamster tersebut karena sakit. Pernyataannya ini menimpulkan berbagai reaksi netizen. Sebagian menyebut jika Winter aespa telah tidak mencari informasi sebelum memelihara hamster karena hewan kecil itu tidak seharusnya disatukan di kandang yang sama hingga menyebabkan mereka bereproduksi. Namun, tidak sedikit juga netizen yang menuturkan jika saat itu Winter aespa belum mengerti cara menjaga hamsternya.

Koo Sa Rang


Source: K-GEN

Video Koo Sa Rang saat tengah membuka kotak hadiah dari Jimin BTS pada awal 2020 lalu sempat menjadi perbicangan netizen Korea. Aktris cilik berusia 8 terlihat mendapat hadiah seekor kucing dari sang idol asuha  HYBE tersebut.

Dalam video tersebut, Koo Sa Rang terus mendorong kucing itu saat mencoba naik ke dalam kotak. Selain itu, ia juga mendorong kucing itu serta melemparnya ke lantai sambil mengatakan, “Aku menyuruhmu berhenti menyentuh.”

Atas aksinya ini, netizen menudingnya telah bertindak agresif dan kasar kepada hewan. Kemudian ibu dari Koo Sa Rang segera menghapus video tersebut lalu meminta maaf serta menyatakan jika Koo Sa Rang sangat menyukai hadiahnya. Sang ibu juga akan memastikan jika kejadian seperti itu tidak akan terulang.

G-Dragon BIGBANG


Source: DAILY NAVER

Pada 2020 lalu, melalui komunitas online seorang netizen mengunggah foto-foto yang diduga sebagai anjing milik G-Dragon. Diduga, ia telah mengabaikan anjing peliharaannya di sebuah hotel yang dikelola oleh orang tuanya.

G-Dragon memang diketahui memiliki 2 anjing bernama Gaho dan Jolie, serta kerap tampil bersama hewan peliharaannya tersebut. Dalam unggahannya, netizen itu menuliskan jika anjing-anjing itu tampak tidak terawat seperti mata berair dan bulu matanya yang menyembul ke dalam.

Beberapa netizen lainnya menanggapi unggahan tersebut dan menuturkan jika jenis anjing Shar-Pei yang juga dipelihara oleh G-Dragon sensitif terhadap suhu hingga membutuhkan perawatan ekstra. Kendati demikian, YG Entertainment tidak menanggapi lebih lanjut mengenai tuduhan-tuduhan ini.

Yoo Seung Ho


Source: Soompi

Aktor Yoo Seung Ho pada September 2019 lalu sempat mengadopsi 2 ekor kucing yang bernama Gomi dan Dori dari seorang YouTuber penyelamat kucing yaitu gabsupasture. Kemudian pada Mei 2020, beredar tudingan jika gabsupasture memanfaatkan hewan-hewan demi konten untuk keuntungan YouTubenya, dan membeli hewan-hewan tersebut dari toko-toko hewan peliharaan.

Menurut rumor yang beredar, gabsupasture tidak menjaga hewan-hewan peliharaannya dengan baik dan membiarkan mereka kelaparan. Mendengar kabar ini, Yoo Seung Ho segera buka suara dan mengatakan jika 2 ekor kucing yang dipeliharanya sudah diberi nama ulang yang kemungkinan untuk mencegah hubungan lebih lanjut dengan gapsupasture.

Bintang drama I’m Not a Robot itu juga menentang keras praktik memanfaatkan hewan demi uang, dan mengabarkan jika 2 ekor kucing yang saat ini ia beri nama Simba dan Autumn itu dirawatnya dengan baik.

Lebih lanjut, Saluran A mengakses obrolan antara gabsupasture dan temannya. Sang YouTuber dituding telah mengirimkan sms yang berisikan jika Yoo Seung Ho memaksa untuk mengadopsi Gomi dan Dori. Semenjak kontroversi itu, gabsupasteru membuat video klarifikasinya dan menutup laman YouTubenya. Semenara itu, organisasi yang memperjuangkan hak-hak hewan telah melibatkan polisi untuk menuntutnya, dan tidak sedikit netizen yang membela Yoo Seung Ho karena telah menyelamatkan 2 ekor kucing tersebut.

Berita Terkait :

Saksikan Juga