X
  • Kang Daniel

IntipSeleb – Kang Daniel resmi mengumumkan keinginannya untuk hiatus dari segala aktivitas keartisannya. Hal tersebut dipicu oleh kelakuan haters yang kerap mengusik hidup mantan center boy band Wanna One tersebut. Paling terbaru adalah soal kemenangannya dalam program musik The Show

Sejak resmi debut solo di bulan Juli lalu, Kang Daniel baru mendapat kesempatan promosi di program musik lewat lagu terbarunya bertajuk TOUCHIN’. Selang seminggu dari peluncuran single, kekasih Jihyo TWICE ini sudah berhasil menyabet trofi namun malah menuai kontroversi. Loh ada apa?

Dianggap Manipulasi Skor dalam The Show

Kang Daniel
Sumber Foto: Soompi

Kang Daniel tampil perdana membawakan lagu barunya itu di MBC The Show pada 3 Desember 2019. Ia berhasil meraih piala kemenangan setelah mengalahkan AOA dan ASTRO dengan total skor sebesar 6.195 poin. 

Sayang, kemenangan tersebut tidak disambut baik oleh banyak pihak. Berbagai pertanyaan muncul tentang bagaimana Kang Daniel memperoleh skor sempurna sebesar 4000 poin pada penjualan digital dan album fisik. Padahal TOUCHIN’ merupakan single digital yang seharusnya tidak memiliki skor penjualan album fisik. 

Sebuah sumber dari MBC angkat bicara terkait kontroversi itu kepada portal berita Sports Chosun, “Kami telah mengetahui kontroversi itu. Skor pada The Show terdiri dari 10 persen penjualan album fisik dan 40 persen penjualan digital. Karena lagu baru Kang daniel TOUCHIN’ adalah single digital, benar bahwa skor penjualan album fisik adalah nol,” katanya, dikutip dari Koreaboo

“Namun menurut perhitungan penjualan digital kami sendiri, Kang Daniel menerima skor yang jauh lebih tinggi daripada AOA atau ASTRO yakni sebesar 4000 poin. Dengan demikian, benar bahwa Kang Daniel meraih peringkat No.1. Tidak ada masalah dengan hasilnya,” lanjutnya. 

Dispatch Berikan Data Sebenarnya

Kang Daniel
Sumber Foto: Naver

Pada Rabu, 4 Desember 2019, Dispatch akhirnya memberikan sejumlah data terkait kontroversi kemenangan Kang Daniel ini. Dilansir dari Allkpop, pihak Dispatch meminta data dari minggu terakhir bulan November kepada tangga lagu Gaon. Diketahui, Gaon merupakan data yang digunakan oleh MBC The Show untuk menentukan pemenangnya. 

Setelah diselidiki, Dispatch mengungkapkan bahwa tidak ada data yang dimanipulasi dan benar adanya bahwa Kang Daniel layak meraih kemenangan dalam program musik tersebut. Menurut data Gaon, skor pria kelahiran 1996 tersebut untuk penjualan single TOUCHIN’ ternyata empat kali lipat dibanding skor AOA dan ASTRO.

Lagu TOUCHIN’ menerima 48.728.828 poin digital pada Gaon, sementara AOA dengan Come See Me memperoleh 10.877.791 poin, dan ASTRO Blue Flame sebanyak 6.941.875 poin. Data tersebut diambil dari data tanggal 23 hingga 29 November 2019. 

The Show Benarkan Skor Kang Daniel Jauh Di Atas Dua Pesaingnya

Kang Daniel
Sumber Foto: KONNECT Entertainement

Seorang sumber dari The Show membenarkan bahwa skor Kang Daniel memang jauh di atas dua pesaingnya, AOA dan ASTRO. Pihak program juga menyebutkan telah terjadi kesalahapahaman di kalangan penggemar terkait kemenangan sang idola.

“Tampaknya ada kesalahpahaman setelah beberapa penggemar membuat perbandingan dengan chart Melon. Kami tidak mengumpulkan peringkat grafik dari perusahaan musik tertentu seperti Melon,” ungkapnya. 

Namun ujaran kebencian terlanjur dilontarkan kepada idola jebolan Produce 101 Season 2 tersebut. Kini, para penggemar semakin mengkhawatirkan kondisi Kang Daniel yang mengaku lelah dan depresi akibat komentar-komentar negatif yang kerap dia terima. Bahkan, pria asli Busan itu sempat meminta pertolongan kepada fans. Kang Daniel pun didiagnosis menderita depresi dan gangguan kepanikan.