X

IntipSeleb – Dari sejak Tencent Music Entertainment Group (TME) umumkan EXO akan tampil, EXOL asal China memang sudah berasumsi akan ada banyak kontroversi. Awalnya, EXO-L China dan Korea bahagia akan perlakuan TME yang mempromosikan acara mereka dengan menampilkan EXO, tapi EXOL akhirnya kecewa karena. 

Sebut TME melakukan iklan palsu hingga, begini reaksi EXOL yang berasal dari China. Yuk, cek informasinya di bawah ini!

Korean Wave hampir dihilangkan dari Tiongkok

img_title
Foto : Dok. TMEA

Tencent Music Entertainment Group (TME) China mengiklankan kembalinya EXO ke upacara penghargaan untuk pertama kalinya dalam 6 tahun, tetapi tiba-tiba TME membatalkan penampilan hingga akhirnya memicu kontroversi.

China, yang secara terbuka mengungkapkan sentimen anti-Korea atas pembentukan Korea-AS. Sistem Pertahanan Rudal Ketinggian Tinggi (THAAD) pada tahun 2016, telah memulai larangan implisit terhadap bintang-bintang Korean Wave dengan secara efektif menangguhkan aktivitas mereka di Tiongkok.

Enam tahun kemudian, pada 11 Desember, dilaporkan bahwa EXO akan muncul di TMEA 2021, sebuah upacara penghargaan musik yang diselenggarakan oleh Tencent Music Entertainment Group China. Berita tersebut telah mendapat perhatian besar tidak hanya di China tetapi juga di Korea.

Dimulai dengan kemunculan EXO, ada juga harapan bahwa hubungan Korea-China yang membeku kemudian akan memasuki suasana yang mencair, setidaknya di sektor hiburan. Namun, pada 8 Desember, TMEA menghapus poster yang memprediksi penampilan Kai dan Sehun EXO dari akun resmi Weibo-nya, dan menghapus nama mereka dari daftar pemeran online.

EXOL asal China kecewa hingga menuduh TMEA lakukan iklan palsu

img_title
Foto : Dok. TMEA
10

Sejak awal TMEA umumkan kehadiran EXO, memang ada kekhawatiran bahwa penampilan EXO mungkin dibatalkan. Akhirnya memang betul EXO tidak muncul di acara online pada 11 Desember lalu. SM Entertainment tidak secara resmi menerima panggilan terkait dari TMEA hingga 8 Desember.

Penggemar China, yang telah menunggu TMEA 2021 untuk melihat EXO, sangat marah setelah melihat upacara penghargaan.

"Tencent melakukan iklan palsu," sebut EXOL asal China.
"Saya menunggu sepanjang malam, tetapi yang saya lakukan hanyalah membuang-buang waktu," lanjut yang lainnya.
“Larangan Korean Wave masih berlaku.” timpal EXOL. 

Seorang pejabat dari industri budaya Tiongkok mengatakan kepada Kantor Berita Yonhap, “Kami tidak tahu detail pembatalan penampilan EXO, tetapi penggemar Tiongkok tampaknya kecewa,” 

“K-pop juga akan memiliki kabar baik segera setelah Korean Wave dibuka di China dalam hal game dan film.” jelas seseorang pejabat dari industri budaya Tiongkok yang dilansrid dari Daum pada Senin, 13 Desember 2021. (jra)

Berita Terkait :

Saksikan Juga