img_title
Foto : Cineverse

IntipSeleb Film – Ada banyak rekomendasi film horor korea terbaik yang wajib ditonton tahun 2023, dengan jalan cerita menegangkan dan bisa membuat bulu kuduk merinding. Pastinya pecinta film horror wajib mengetahui judul-judul baru yang mungkin terlewatkan.

Film horror asal Negeri Ginseng memang sangat populer di seluruh dunia dan digemari pecinta horror berbagai negara. Untuk kamu penikmat film horror Korea menyeramkan, berikut ini 10 rekomendasi yang jangan sampai dilewatkan!

Rekomendasi Film Horror Korea yang Diambil dari Livestreaming Netflix & Bioskop

Film horror korea tentu banyak sekali genre dan juga alternatifnya. Mulai dari film horror tentang zombie, film horror terkait supranatural dan juga makhluk halus yang berasal dari budaya korea.

Berikut ini Intipseleb merangkum semuanya berdasarkan experience penulis, film horror korea terbaik yang menegangkan dan juga memiliki alur jalan cerita yang bagus berdasarkan alur ceritanya.

1. Train to Busan

Pinterest
Foto : Pinterest

Salah satu film horror Korea terbaik yang meraih rating tertinggi adalah Train to Busan. Film ini menceritakan tentang perjuangan Seok Woo (Gong Yoo) bersama anaknya dan para penumpang kereta untuk menyelamatkan diri dari wabah zombie.

Film yang berdurasi 118 menit ini banyak dibicarakan dan sempat viral pada zamannya, sehingga film ini menjadi salah satu film yang ditunggu-tunggu kelanjutannya.

Film ini berkisah saat virus zombie tiba-tiba menyebar di kereta yang menuju Busan, mereka harus berjuang mati-matian melawan serangan zombie yang tak terelakkan.

Selain Gong Yoo, film ini menampilkan beberapa bintang terkenal Korea lainnya seperti, Ma Dong Seok, Jung Yu Mi, Kim Su An, Choi Woo Shik hinga Ahn So Hee.

Film ini disutradarai oleh Yeon Sang Ho dan diproduseri Lee Dong Ha. Kepopuleran film yang dirilis tahun 2016 ini menampilkan budaya transportasi umum yang populer di Korea Selatan, khususnya kereta api KTX yang sangat cepat dan modern.

Genre: Horror, Thriller, Drama
Tanggal Rilis : 20 Juli 2016
Rating : 7,6 (IMDb), 95% (Rotten Tomatoes)

2. The Wailing

pinterest
Foto : pinterest

Film horror Korea kedua jatuh pada judul The Wailing. Di mana film ini mengangkat kisah aksi teror dari roh jahat di sebuah desa. Dari trailernya saja, berbagai adegan menakutkan diperlihatkan hingga semakin membuat penasaran.

Peristiwa janggal tersebut menimpa Oh Song Beok (diperankan oleh Son Gang-guk) dan Jong Goo (diperankan oleh Kwak Do-won) saat mereka tengah membicarakan tragedi di Gokseong.

Dalam film yang disutradarai Na Hong Jin ini, kedua polisi tersebut membahas rumor soal penyakit misterius yang menyebabkan warga desa kehilangan akal sehat mereka. Penyakit misterius ini semakin parah karena para pasien menjadi tega menghabisi nyawa orang lain.

Diproduseri oleh Suh Dong Hyun dan Kim Ho Sung, film berdurasi 156 menit ini mendapuk sederet nama aktor dan aktris ternama seperti Kwak Do-won, Hwang Jung-min, Chun Woo-hee, hingga Jun Kunimura.

Genre: Horror, Thriller, Misteri
Tanggal Rilis : 12 Mei 2016
Rating : 7,4 (IMDb), 99% (Rotten Tomatoes)

3. A Tale of Two Sisters

pinterest
Foto : pinterest

Film horor Korea pertama jatuh dengan rekomendasi yang berjudul A Tale of Two Sisters. Di mana kisah ini diangkat dari cerita rakyat Korea tentang Jang Hwa dan Hong Reyon.

Cerita rakyat tersebut berupa kisah sosok gadis bernama Su Mi (diperankan oleh Im Soo Jung) yang tengah menjalani perawatan dari seorang psikiater.

Setibanya mereka di rumah, sang ibu tiri bernama Eun Joo (diperankan oleh Yum Jung Ah) menyambut kedatangan mereka. Tetapi, kedua kakak beradik tersebut tidak merespons sama sekali sambutan tersebut.

Hal itu dilakukan oleh kedua kakak beradik itu karena Su Mi pernah memimpikan almarhum ibunya yang berjuang melawan penyakit keras. Ia melihat bahwa suster di rumah sakit tersebut adalah Eun Joo, yang diduga berselingkuh dengan sang ayah.

Rasa tak suka pun muncul di perasaannya. Terlebih, ia menemukan luka lebam pada tubuh sang adik yang misterius. Apa yang terjadi sebenarnya?

Film yang disutradarai oleh Kim Jee Woon dan diproduseri Oh Jung Wan ini diperankan oleh Im Soo Jung, Moon Geun Young, Yum Jung Ah, hingga Kim Kap Soo.

Genre: Horror, Misteri, Drama
Tanggal Rilis : 13 Juni 2003
Rating : 7,1 (IMDb), 86% (Rotten Tomatoes)

4. The Call

Netflix Korea
Foto : Netflix Korea

The Call adalah adaptasi dari film Inggris yang dirilis pada tahun 2011. Film hasil arahan sutradara Lee Chung Hyun ini mengisahkan tentang Seo-yeon, seorang wanita yang secara ajaib dapat berbicara dengan seseorang yang tinggal di masa lalu melalui telepon rumah.

Namun, saat ia berhubungan dengan Young-sook, seorang wanita di masa lalu, sebuah keputusan yang dibuatnya membuka pintu bagi peristiwa-peristiwa mengerikan dan konsekuensi yang tak terduga.

Keduanya terjebak dalam permainan waktu yang berbahaya dan harus mencoba memperbaiki masa lalu untuk mengubah nasib mereka.

Berdurasi sekitar 114 menit, film yang mendapuk Lee Joo Ik dan Kim A Joong sebagai sutradara ini diperankan oleh Park Shin Hye sebagai tokoh utama, Jeon Jong Seo, dan Kim Sung Ryoung.

Genre: Horror, Misteri, Thriller
Tanggal Rilis : 27 November 2020
Rating : 7,1 (IMDb), 100% (Rotten Tomatoes)

5. The Host

AsianWiki
Foto : AsianWiki

Film dengan durasi 120 menit ini mengisahkan tentang sekelompok orang yang berusaha menyelamatkan anggota keluarga mereka yang diculik oleh monster raksasa yang muncul dari Sungai Han di Seoul.

Keluarga tersebut harus menghadapi otoritas yang tidak bertanggung jawab dan ancaman virus misterius yang disebabkan oleh monster tersebut. Mereka bersatu untuk menghadapi bahaya besar dan mencari cara untuk menghentikan monster tersebut sebelum terlambat.

Disutradarai oleh Bong Joon Ho, The Host menghadirkan makhluk raksasa berupa monster yang muncul dari Sungai Han. Monster ini memiliki sifat supernatural dan menjadi pusat perhatian konflik dalam cerita.

Genre: Horror, Misteri, Sci-Fi
Tanggal Rilis : 27 Juli 2006
Rating : 7,1 (IMDb), 93% (Rotten Tomatoes)

6. Thirst

AsianWiki
Foto : AsianWiki

Thirst adalah film horor dengan sentuhan romance supernatural. Film ini mengisahkan tentang seorang pendeta yang dihormati oleh masyarakat karena keprihatinannya terhadap pasien.

Namun, pendeta itu tidak sengaja terinfeksi oleh virus setelah terlibat dalam percobaan medis yang gagal. Virus tersebut memberinya kekuatan vampir dan keabadian.

Ia berjuang dengan moralitas dan dorongan nafsu saat ia jatuh cinta pada seorang wanita yang tidak puas dengan kehidupannya.

Dibintangi oleh Song Kang Ho, Kim Ok Bin dan Kim Hae Sook, Thirst merupakan digarap dan diproduseri oleh Park Chan Wook

Genre: Horror, Romance, Drama
Tanggal Rilis : 30 April 2009
Rating : 7,1 (IMDb), 81% (Rotten Tomatoes)

7. The Quiet Family

IMDb
Foto : IMDb

The Quiet Family adalah kisah tentang keluarga yang memiliki penginapan di tempat terpencil. Namun, setiap tamu yang datang selalu berakhir dengan kematian yang misterius.

Sayangnya, semua tamu yang datang ke penginapan mereka selalu berakhir dengan kematian yang misterius, dan keluarga itu harus menyembunyikan semua kematian itu.

Disutradarai oleh Kim Jae Woon dan diperankan oleh Choi Min Sik serta Song Kang Ho, film ini memberikan nuansa horor yang unik dan menampilkan budaya hidup di pedesaan Korea Selatan.

Berdurasi 99 menit, film horror ini menjadi salah satu yang terbaik dengan rating tertinggi.

Genre: Horror, Komedi, Drama
Tanggal Rilis : 25 Februari 1998
Rating : 7 (IMDb), 80% (Rotten Tomatoes)

8. Hansel and Gretel

AsianWiki
Foto : AsianWiki

Film ini diambil dari dongeng klasik Hansel dan Gretel karya Grimm bersaudara. Ceritanya mengikuti pemuda yang tersesat di hutan dan menemukan sebuah rumah cantik.

Di rumah tersebut, ia bertemu dengan sekelompok anak-anak yang memiliki kepribadian unik dan seorang wanita misterius yang mengaku sebagai ibu mereka. Namun, Eun-soo mulai menyadari bahwa ada lebih banyak rahasia gelap dan misteri yang tersembunyi.

Film ini menampilkan aktor dan aktris terkenal seperti Jang Young Nam, Chun Jung Myung, dan Shim Eun Kyung.

Disutradarai oleh Yim Pil Sung dan diproduseri oleh Eun Lee, film berdurasi 117 menit ini menghadirkan unsur supernatural dalam bentuk karakter anak-anak yang memiliki kemampuan unik dan peristiwa-peristiwa aneh di sekitar rumah tersebut.

Genre: Horror, Fantasi, Drama
Tanggal Rilis : 25 Februari 1998
Rating : 6,7 (IMDb), 75% (Rotten Tomatoes)

9. The Odd Family: Zombie On Sale

Vidio.com
Foto : Vidio.com

Film ini bercerita tentang seorang pria bernama Man Deok yang punya impian untuk tinggal di Hawaii bersama anak-anaknya.

Namun, tiba-tiba seorang pria aneh muncul di desanya dan membuat rencananya berubah. Pria itu ternyata korban dari eksperimen ilegal sebuah perusahaan farmasi, dan berakhir menjadi zombie menjijikan.

Film dengan durasi 102 menit ini diarahkan oleh sutradara Jang Gu Seong dengan Kwak Sin Ae sebagai produsernya. The Odd Family: Zombie On Sale menghadirkan aktor seperti Park In Hwan, Lee Soo Kyung, Jung Jae Young, Kim Nam Gil, dan banyak lainnya.

Genre: Horror, Komedi, Drama
Tanggal Rilis : 2 November 2019
Rating : 6,6 (IMDb)

10. Gonjiam: Haunted Asylum

pinterest
Foto : pinterest

Gonjiam adalah film horror yang disutradarai oleh Jung Bum Shik dan diproduseri Won Cheol Woo. Film ini menampilkan kisah sekelompok muda-mudi yang memutuskan untuk melakukan siaran langsung dari sebuah rumah sakit jiwa terbengkalai bernama Gonjiam Psychiatric Hospital.

Rumah sakit ini memiliki reputasi sebagai tempat yang penuh dengan cerita mengerikan dan paranormal. Ketika mereka memasuki rumah sakit tersebut, peristiwa-peristiwa aneh dan misterius mulai terjadi.

Film ini membuat nama aktor Wi Ha Joon mulai dikenal ppublik. Selain Wi Ha Joon, nama-nama seperti Park Ji Hyun, Oh Ah Yeon, hingga Park Sung Hoon juga terlibat sebagai pemeran dalam Gonjiam: Haunted Asylum.

Berdurasi 95 menit, film Gonjiam mengangkat urban legend Korea Selatan tentang rumah sakit angker yang terbengkalai.

Genre: Horror, Misteri
Tanggal Rilis : 28 Maret 2018
Rating : 6,4 (IMDb), 91% (Rotten Tomatoes)

Film Horror Korea Terbaru 2023

Di tahun 2023 ini, Korea Selatan kembali menghadirkan film horror terbaru yang mampu menghipnotis penonton untuk menyaksikannya hingga akhir. Ini dia film horror Korea terbaru 2023.

1. Gangnam Zombie

AsianWiki
Foto : AsianWiki

Film yang dengan genre horor supranatural ini mengisahkan tentang perjuangan Hyun Seok (diperankan oleh Ji Il Ho) dan Min Jung (diperankan oleh Park Ji Yeon) dalam menghadapi ancaman zombie.

Suatu hari, wilayah distrik Gangnam diserang oleh wabah zombie. Saat serangan terjadi, Hyun Seok yang berada di kantor berusaha untuk keluar dari situasi tersebut. Tidak jauh berbeda, Min Jung juga terjebak dalam gedung yang sama dengan Hyun Seok.

Keduanya akhirnya bekerja sama dengan tujuan untuk bertahan dan keluar dari gedung tersebut. Namun, apakah mereka akan berhasil meloloskan diri dari ancaman para zombie? Mengapa para zombie menyerang Gangnam? Siapakah yang berada di balik serangan zombie ini?

2. The Ghost Station

Cineverse
Foto : Cineverse

Film ini berlatar di Stasiun Oksu, di mana banyak insiden mistis dan horor yang kerap terjadi di sana.

Pada suatu hari, Choi Woo Won (diperankan oleh Kim Jae Hyun) menjadi saksi sebuah kejadian horor di tempat kerjanya. Ia sendiri merupakan seorang pekerja di layanan publik di Stasiun Oksu.

Tingkat ketakutan di tempat kerjanya semakin meningkat. Keadaan ini cukup mengganggu, terutama karena saat itu ia tengah bersiap untuk mengikuti ujian pegawai negeri.

Tidak lama setelah itu, Choi Woo Won mengajak temannya yang bernama Na Young (diperankan oleh Kim Bo Ra). Keduanya bergabung dalam upaya bersama untuk mengungkap misteri yang terjadi di Stasiun Oksu.

Apakah mereka akan berhasil mengungkap fakta-fakta yang selama ini menjadi misteri?

Seperti itulah 10 rekomendasi film horror Korea terbaik yang wajib kamu tonton di tahun 2023 ini. Bagi kamu pecinta film dengan atmosfer mengerikan, kesepuluh judul di atas bisa jadi pilihan terbaik. Selamat menonton!

Topik Terkait