img_title
Foto : Bighit

IntipSeleb – Popularitas BTS tidak hanya berdampak pada penyebaran budaya Korea di seluruh dunia saja, tapi juga menguntungkan perekonomian Negeri Ginseng tersebut. Seorang profesor dari Universitas Korea bernama Pyun Joo Hyun mengungkapkan bagaimana tur dunia grup asuhan Bighit Entertainment tersebut memiliki pengaruh yang sangat besar.

Seperti diketahui, BTS berhasil menggelar konser penutup dari rangkaian tur konser dunianya bertajuk Love Yourself: Speak Yourself selama tiga hari berturut-turut pada 26, 27, dan 29 Oktober 2019 lalu. Rupanya, konser tersebut memberikan dampak signifikan untuk ekonomi Korea Selatan.

Baca juga: BTS Kampanye Perubahan Iklim Bareng Formula E

BTS Sumbang Belasan Triliun Rupiah untuk Korea Selatan

BTSSumber Foto: Mnet

Tur Love Yourself: Speak Yourself berlangsung selama enam bulan mulai dari Mei tahun ini dan mencakup Amerika Utara dan Selatan, Eropa, Asia, dan Timur Tengah. Menurut penelitian Profesor Pyun Joo Hyun, konser final yang diselenggarakan di Seoul selama tiga hari itu memiliki dampak ekonomi langsung sebesar 331 miliar won (Rp3,9 triliun) dan dampak tidak langsung sebesar 592 miliar won (Rp7,1 triliun). Jika kedua angka tersebut dijumlahkan, hampir mencapai 1 triliun won (Rp11,1 triliun). Daebak!

Pengaruh BTS Masih Akan Bertahan Hingga 5 Tahun Ke Depan

Topik Terkait