X

IntipSeleb – Spotify dikabarkan akan diluncurkan di Korea Selatan pada tahun 2020 ini. Seperti diketahui, layanan streaming tersebut memang terdepan dalam menyediakan lagu-lagu Kpop terbaru serta playlist yang secara rutin diperbaharui. Namun, selama ini Spotify tidak bisa diakses di Negeri Ginseng tersebut.

Dibuat di Swedia pada 2008, Spotify telah memiliki lebih dari 200 juta pengguna dan disebut-sebut sebagai layanan musik terbesar di dunia. Tahun 2015, Spotify mulai melebarkan sayapnya dengan ekspansi global sekaligus resmi diluncurkan di 79 negara. 

Salah satu kelebihan yang dimiliki Spotify adalah para pengguna dapat mendengarkan lagu-lagu yang awalnya hanya tersedia layanan streaming musik Korea. Selain itu, masyarakat Korea menyukai fakta bahwa Spotify menawarkan biaya gratis. Dulu, jika seseorang ingin mengakses Spotify di Korea, mereka harus menggunakan metode melalui VPN.

Spotify Siap Bersaing dengan Layanan Streaming Musik Korea

Spotify
Sumber Foto: Naver

Pada 14 Februari, Sports Chosun melaporkan bahwa kemungkinan akan ada perubahan besar pada pasar musik Korea setelah Spotify benar-benar diluncurkan. Saat ini, layanan streaming musik Korea meliputi MelOn, Genie Music, FLO, Bugs, Naver Music, dan Soribada, mampu bersaing hingga meraup keuntungan 1 triliun won (sekitar Rp11,5 triliun). Dengan kehadiran Spotify, persaingan antar sesama layanan streaming dipastikan semakin sengit.

Sempat Muncul Desas-Desus Serupa Tahun Lalu

Spotify
Sumber Foto: Yonhap News

Pada Maret 2019 lalu, sempat beredar rumor tentang rencana Spotify untuk diluncurkan di Korea. Namun, pihak perusahaan memutuskan untuk menolaknya karena kendala yang mereka hadapi terkait distribusi hak cipta. Kini, masalah tersebut telah diselesaikan sehingga persiapan untuk peluncuran Spotify di Korea sedang gencar-gencarnya dilakukan.

Berharap Spotify Bisa Dukung Album dan Lagu Idola di Tangga Musik Digital

Spotify Korea
Sumber Foto: Intipseleb

Hampir sebagian besar penggemar musik Kpop tersebar di luar Korea Selatan, yang mana membuat mereka seringkali kesulitan untuk mendukung karya sang idola. Biasanya, posisi ranking lagu dan album yang dirilis para idola Kpop dapat menentukan kemenangan di berbagai acara program musik mingguan serta ajang penghargaan.

Dengan kehadiran Spotify di Korea, diharapkan para penggemar internasional dapat mendukung karya idola kesayangan dari layanan streaming musik ini. Dalam laporan Sports Chosun, dikatakan pula bahwa peluncuran Spotify juga dapat memungkinkan musisi Korea untuk lebih mudah memperkenalkan musik mereka secara global dan menjangkau pasar asing.

Spotify memasuki pasar Korea pada waktu yang tepat ketika Kpop mendapatkan pengakuan yang layak di dunia,” kata seorang warganet, mengomentari kabar peluncuran Spotify di Korea Selatan.

Ini adalah situasi yang saling menguntungkan untuk para pendengar dan juga artis. Para pengguna internasional mendapatkan akses yang lebih besar ke berbagai lagu yang lebih luas yang sebelumnya dirilis di situs-situs seperti MelOn, dan lain-lain. Artis mendapatkan pendapatan lebih tinggi dari pendengar internasional. Apakah mereka akan memiliki ajang penghargaan Spotify Korea di masa mendatang?,” tulis warganet lain.

Aku harap ini akan terjadi. Aku sering menggunakan Spotify dan akan lebih bagus jika kita bisa mendapatkan akses ke lagu-lagu zaman dahulu,” timpal seorang warganet. 

Bagaimana pendapatmu tentang hal ini, guys?

Baca juga: Rayakan Valentine’s Day, 5 Seleb Korea ini Ternyata Lahir 14 Februari