X
  • Marshanda

IntipSeleb – Nama Marshanda mulai dikenal publik sejak duduk di bangku SD kelas satu. Dengan tidak sengaja, Caca begitu sapaan akrabnya diminta untuk casting membintangi iklan Bank Danamon saat menemani sang tante, Chintya Rustam shooting iklan sabun Lex ke biro iklan Citra Lintas.

Setelah itu, mulai banyak tawaran iklan yang dibintangi Caca baik iklan televisi maupun media cetak. Puluhan sinetron dan film layar lebar juga dibintangi wanita 30 tahun itu. Caca cukup aktif mengisi industri hiburan hingga melebarkan sayapnya ke dunia tarik suara.

Namun, seperti diketahui Caca pernah mengidap gangguan mental saat masih kecil. Ia mengaku bahwa penyakit itu menyerang dirinya karena depresi akibat bully-​an teman-teman SD saat kecil. Ia pun mengaku takut bertemu dengan teman-temannya yang telah membully Caca.

Bahkan, baru-baru ini Caca mengaku mengidap bipolar. Bipolar merupakan gangguan mental yang menyerang kondisi psikis seseorang yang ditandai dengan perubahan suasana hati yang sangat ekstrem berupa mania dan depresi.

Baca Juga: Mashanda Tampil PeDe Tanpa Pakai Bra

Marshanda idap bipolar

Rekaman video yang diunggah oleh kanal YouTube Q&A Metro TV berjudul Q&A: MARSHANDA MENGAKU BIPOLAR ADALAH HADIAH DARI TUHAN, Caca secara terang-terangan mengaku idap gangguan bipolar. Walaupun sempat menyangkal, Caca kini berani untuk berdiskusi soal penyakit kejiawaan yang sering dianggap tabu oleh masyarkat luas.

“Bipolar tuh salah satu hadiah dari Tuhan buat aku, kalau orang mau namain bipolar ya terserah. Kalau psikiater mau namain bipolar ya hak dia.”

Saat ditanya soal nama yang cocok untuk “penyakit bipolar” Caca membalas dengan tawa. Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa suatu fragmen lebih pas untuk menamakan seorang yang mengidap gangguan mental tersebut. 

Butuh waktu untuk sembuh

Marshanda
Sumber: Instagram/@marshanda99

Menurut Caca, penyakit yang diidapnya tersebut adalah sebuah cerita hidup yang bisa membawa berkah untuk hidupnya. Namun, untuk sembuh dari bipolar itu membutuhkan waktu yang lama.

“Ya iyalah, udah ngerasa dirinya serba bisa tau-tau dibilang sakit jiwa, kan pengin gue dorong tu yang ngomong. Tapi nggak bisa dong kan udah tua harus hormat, gimana sih,” kata Caca

Caca ngehang saat didiagnosa bipolar

Marshanda
Sumber: Instagram/@marshanda99

Sebelum didiagnosa mengidap penyakit bipolar, Caca merasa ada yang tidak beres dalam dirinya saat umur 17 tahun. Saat itu Caca masih dianggap mengidap major depression, baru setelah umur 20 tahun, Caca didiagnosa mengidap penyakit bipolar.

“Sebelum major depression, aku ada masa hang-nya dulu nih. Sampai akhirnya di ruqyahlah, ketemu ritual healer darimanalah, sampai akhirnya psikiater. Akhirnya sebelum keanehan itu terjadi aku doa sama Allah. Berikanlah saya karakter, berikanlah saya warna yang punya Andriani Marshanda sendiri.” kata Caca.

Lebih jelas, Caca menjelaskan arti “hang” yang telah disebutkan tadi. Menurutnya, saat sedang menjalani syuting, tiba-tiba setiap detik dirinya merasa ada yang mendorong untuk melakukan sesuatu yang berlawanan dengan karakter Caca. 

Diajak Ben Kasyafani untuk konseling pertama kali

Marshanda
Sumber: Instagram/@marshanda99

Menurut Caca, mantan suaminya Ben Kasyafani adalah orang pertama yang mengenalkannya dunia konseling, psikolog, jadi addict banget sama dunia personal growth. Konseling merupakan salah satu cara yang membuka luka lama Caca, sehingga terlalu intens sampai terdiagnosa bipolar.

“Tujuan aku healing tuh supaya lingkaran setan yang udah aku rasakan dari ketidaksadaran dan ketidakkesengajaan dari luka mamah dan papah yang mereka tumpahkan ke aku tanpa sadar. Supaya itu nggak muterin ke anakku, aku mau konseling dan i love it. Gue sampai sakit, untuk membuktikkan aku mau. Pas aku mati aku mau diinget sebagai dua, lover dan healer,” kata Marshanda.