X

IntipSeleb – Rudi Sipit baru-baru ini mengaku berkali-kali pindah agama. Bahkan, saat pelawak bernama asli Gunardi Salam itu ingin memeluk agama Islam dan menjadi mualaf, ia justru dilarang oleh Komeng.

Bukan hanya Rudi Sipit yang dikabarkan gonta-ganti agama, beberapa artis Indonesia melakukan hal serupa. Mulai dari Bang Tigor atau Sumaisy Djaitov Yanda hingga Dewi Sandra. Lantas, siapa sajakah artis yang kerap pindah agama? Yuk kita bahas satu per satu.

Jono Armstrong


Sumber foto: VIVA

Jono Armstrong merupakan bule asal Inggris dan mantan pemain bass band Gugun Blues Shelter. Namanya terkenal pada tahun 2010-an karena memiliki sifat yang humoris. Sebagai seorang warga asing, Jono lahir sebagai seorang Kristen. Namun, ia pindah agama menjadi Mualaf pada Oktober 2000 untuk menikahi perempuan asal Aceh bernama Fauziah.

Pernikahan Jono Armstrong dengan Fauziah dikaruniai tiga anak. Namun sayang, keduanya bercerai pada November 2014. Jono pun menikah lagi pada 2016 dengan perempuan asal Ambon-Jawa bernama Ika Citrasari. Pernikahan keduanya dilangsungkan di sebuah gereja dengan janji pernikahan yang dipimpin oleh pendeta. Tak berapa lama, Jono kemudian mengaku telah kembali memeluk agama Kristen.

Nafa Urbach

img_title
Foto : Instagram/@nafaurbach

Nafa Urbach merupakan artis yang memeluk agama Kristen sejak lahir. Namun, ia dikabarkan menjadi mualaf saat berpacaran dengan Primus Yustisio. Tetapi, Nafa dengan Primus lama-kelamaan tidak tampil mesra. Kemudian, Nafa Urbach menikah dengan Zack Lee pada 16 Februari 2007 di Gereja Immanuel, Jakarta Pusat. Hal ini diduga merupakan tanda jika Nafa Urbach telah kembali memeluk Kristen.

Marcell Siahaan

img_title
Foto : instagram

Sama seperti Nafa Urbach, Marcell Siahaan memeluk agama Kristen sejak lahir. Namun, setelah menikah dengan Dewi Lestari pada tahun 2003, pelantun Takkan Terganti itu dikabarkan pindah agama ke Buddha. Setelah bercerai dengan Dewi Lestari, Marcell Siahaan kepincut pesona Rima Melati Adams, yang memeluk agama Islam. Hingga pada akhirnya, keduanya menikah tahun 2009 di Singapura. Marcell Siahaan disebut pindah agama Islam, mengikuti keyakinan sang istri.

Sandy Tumiwa

img_title
Foto : instagram

Sandy Tumiwa mengejutkan publik saat pindah agama dari Islam ke Kristen pasca menikah dengan Tessa Kaunang pada 7 Juli 2006. Dari pernikahannya itu, aktor serial TV Ada Apa dengan Cinta itu dikaruniai anak perempuan bernama Andisa Leoyta Anabel Tumiwa, yang lahir pada 2007. Namun, Sandy dan Tessa memutuskan untuk bercerai. Hingga pada akhirnya, Sandy Tumiwa kembali memeluk agama Islam.

Dewi Sandra

img_title
Foto : Instagram/@dewisandra

Dewi Sandra terlahir sebagai Muslim. Namun pasca bercerai dari Surya Saputra dan dekat dengan Glenn Fredly, Dewi Sandra dikabarkan pindah keyakinan menjadi pemeluk Kristen. Tetapi, Dewi Sandra dan Glenn bercerai pada tahun 2009. Tidak lama setelah itu, Dewi Sandra dipersunting Agus Rahman pada 2011. Ia pun kembali memeluk Islam dan kini memakai hijab. Dewi Sandra juga sering mendapatkan tawaran akting peran religi karena hijab yang dikenakannya.

Bang Tigor

img_title
Foto : Instagram/@bang_tigor

Sumaisy Djaitov Yanda atau yang dikenal dengan Bang Tigor curhat kepada Ustaz Abdul Somad mengenai aksinya yang sempat beberapa kali pindah agama. Namun kini, Bang Tigor mengaku sudah teguh memeluk Islam hingga melaksanakan Umrah. Ustaz Abdul Somad juga mendoakan aktor sitkom Suami-suami Takut Istri tersebut untuk istiqomah di jalan Allah.

“Saya ini pernah Islam, balik ke Kristen balik ke Islam lagi. Itu gimana Pak Ustaz? Tapi saya sudah tetap sekarang, saya sudah umrah ustaz. Jadi udah kembali ke jalan yang benar,” ungkap Bang Tigor melalui YouTube Ustadz Abdul Somad Official yang diunggah pada Sabtu, 23 Januari 2021.

Rudi Sipit

img_title
Foto : YouTube/Humoria Indonesia

Salah satu anggota lawak Diamor, Rudi Sipit, mengaku beberapa kali pindah agama. Jika ditotal, ia pernah memeluk 3 agama yakni Kong Hu Cu, Katolik, dan Islam. Namun, saat berniat masuk Islam, Rudi Sipit sempat meminta saran kepada Komeng. Alih-alih menanggapi serius, Komeng justru bercanda dan melarang Rudi Sipit menjadi mualaf.

“Agama saya itu dulu dari Kong Hu Cu, ikut orang tua. Akhirnya saya ikut Katolik. Saya Katolik itu ikut temen belajar satu tahun setengah. Mama saya ajak semuanya ikut Katolik. Papi saya itu dulu gak mau, maunya Protestan. Dia Protestan sendiri. Jadi keluarga saya, mama saya, adik-adik saya itu Katolik. Setelah itu saya pindah sendiri ke Islam,” kata Rudi dilansir IntipSeleb dari YouTube Humoria Indonesia yang diunggah pada 6 Januari 2021.

“Saya bilang (ke Komeng) ‘Meng, gue dibangunin. Gue suruh salat. Gimana ya? Gue kan gak paham. Gimana Meng kalau gue masuk Islam?’. Terus Komeng jawab ‘Wah jangan udah penuh’. Penuh emang mobil,” celoteh Rudi Sipit mengenang momen saat masuk Islam namun dilarang Komeng.

Berita Terkait :

Saksikan Juga