X
  • Youtuber Delfano Kiflyf tv

IntipSeleb – Fano mengumumkan telah masuk Islam lewat akun Instagram @delfanocharies pada Jumat, 8 November 2019. Pemilik nama lengkap Delfano Charies ini adalah YouTuber dengan nama channel KIFLYF TV.

Bersama dua sahabatnya, Iyok dan Kevin mereka rutin membuat konten prank sejak 2016 hingga kini mencapai 1,8 juta subscribers. Selain nge-YouTube, Delfano dan Iyok juga membuat band bernama Dream Makers.

Fano mengunggah video saat mengucapkan kalimat syahadat di sebuah masjid disaksikan oleh sahabat dan keluarga. Menurutnya ini adalah keputusan terbesar dalam hidupnya yang mungkin akan merubah segala aspek kehidupannya.

YouTuber 25 tahun ini secara istimewa berterima kasih atas dukungan sang mama. Fano minta agar semua pihak menghargai keputusannya dan keluarga. 

Semua itu baik, perbedaan itu baik. Hargai apapun aspek dalam kehidupan ini. Dan aku tetep Delfano yang kalian kenal,tidak mengubah apapun itu! Terimakasihh. Love you all!” tuturnya.

Tertutup soal agama

Selama jadi YouTuber, Delfano paling sering mendapat pertanyaan dari penggemar tentang agama yang dianut. Banyak yang merasa bingung karena nenek Fano berhijab, tapi di rumahnya terdapat salib. Fano juga diketahui mengikuti Hari Raya Idul Fitri.

Dalam video yang diunggah pada 12 Juli 2018 berjudul ‘Agama Kita’, Fano meminta penggemar agar tidak perlu meributkan hal seperti itu bila mereka memang menghargai perbedaan.

“Jadi gini guys buat kalian anak-anak biar pintar kalau nonton video ini. Banyak banget hal di dunia ini yang belum kalian lihat dan alami belum kalian rasakan proses pertumbuhan dan dunia ini seperti apa. Nanti kalian bakal tahu kok gimana kehidupan. Jadi jangan heran ikut Lebaran tapi kok ada salib di rumah. Kalau kalian tahu agama kita terus kenapa? ‘Wah bang Fano ternyata islam wah kita satu iman yey!’,” jelasnya dalam video bersama Iyok.

Diketahui, rasa penasaran penggemar tentang agama Fano berlangsung sejak tahun 2017. Cowok yang jago ngerap ini meminta pertanyaan seputar agama dihentikan karena hal pribadi.

“Paling banyak yang masuk ke kita nanya agama. Jadi tolong stop guys. Masa kalian ketemu orang pertama kali nanya agamanya? itu hal yang sangat privasi. Biarlah privasi kita buat kita kamu ya kamu,” ungkap Fano.

Masa lalu Delfano

Kisah kehidupan Delfano sejak kecil bisa dibilang menyedihkan. Dalam video Draw My Life -Defano Cheries yang diunggah lima bulan lalu, diketahui bagaimana Delfano kecil hidup miskin, orangtuanya bercerai hingga ia menderita sakit mental akibat depresi.

Delfano anak ketiga dari lima saudara harus hidup melarat karena ayahnya tidak ada kabar sejak merantau ke Jakarta. Akhirnya sang ibu harus banting tulang menghidupkan mereka yang tinggal di Semarang. Saat Fano SMP, sang ayah akhirnya kembali ke rumah dengan membawa seorang anak dari wanita lain.

Akibat kejadian itu Fano mengalami sakit mental alam bawah sadar dimana setiap kali demam dia akan marah tanpa disadari. Saat bertemu psikiater, Fano disarankan untuk memaafkan sang ayah karena dia menyimpan kebencian dalam hatinya.

Singkat cerita, kehidupan Fano mulai membaik sejak menjadi YouTuber dengan sahabatnya, Iyok dan Kevin. Meski Fano dan Iyok tidak lulus kuliah, tapi mereka kini sering menjadi pembicara di acara seminar perkuliahan. Wajah Fano yang ganteng mirip oppa Korea digemari cewek-cewek.

Reaksi penggemar

Tidak lama setelah Delfano mengumumkan masuk Islam, KIFLYF TV mengunggah sebuah video berjudul Alhamdulilah pada Jumat malam, 8 November 2019. Video berdurasi 5 menit itu menampilkan saat Fano dan Iyok menjadi pembicara di seminar, tidak ada hubungan dengan judulnya. Namun penggemar membanjiri kolom komentar karena bersyukur kini Fano sudah masuk Islam.

“Tabarakallah kak Fano, Terharu banget. 7 tahun kakak cari tau dan belajar tentang Islam, dan Alhamdulillah diberi petunjuk dihari yang baik. Semangat terus ya buat ka Fano sama ka iyok terus ngasih hiburan buat kita,’ kata salah satu komentar.