img_title
Foto : YouTube/Legacy Pictures

IntipSeleb – Perjuangan R.A Kartini tertuang pada film Kartini (2011) yang dibintangi oleh  Dian Sastrowardoyo sebagai peran utamanya. Dibesut oleh sutradara Hanung Bramantyo, Film ini mengisahkan perjuangan R.A Kartini untuk menyetarakan hak pendidikan bagi perempuan.

Penggemar bisa memperingati hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April tiap tahunnya dengan menonton film Kartini. Lantas, bagaimana cara streaming film Kartini? Yuk simak artikelnya lengkap dengan link nonton!

Sinopsis Film Kartini

YouTube/Legacy Pictures
Foto : YouTube/Legacy Pictures

Film Kartini merupakan film biografi dari kisah R.A Kartini untuk memperjuangkan kesetaraan wanita khususnya untuk mengenyam pendidikan Indonesia. Film ini telah dirilis pada 19 April 2017 lalu dengan durasi 122 menit.

Film yang disutradari oleh Hanung Bramantyo mengawali kisah Kartini (Dian Sastrowardoyo) yang tumbuh melihat ibunya, Ngasirah (Christine Hakim) diperlakukan seperti orang terbuang. Padahal, Ngasirah berada di rumah sendiri. Hal ini terjadi karena Ngasirah tidak memiliki darah ningrat dan menjadi pembantu.

Ayahnya, Raden Sosroningrat (Deddy Sutomo) tidak bisa membantu Kartini untuk memperjuangkan nasib Ngasirah. Alih-alih menyerah, Kartini bertekad untuk melawan tradisi turun temurun itu. Sepanjang hidupnya, Kartini berusaha untuk menyetarakan hak orang ningrat dengan orang biasa. Ia memfokuskan diri untuk memperhatikan hak pendidikan bagi perempuan.

Topik Terkait