X

IntipSeleb – Nama Windy Cantika Aisah tengah menjadi perbincangan publik soal kemenangan angkat besinya. Cantika, begitu sapaan akrabnya membawa pulang emas dari hasil pertandingan angkat besi di SEA Games 2019, Filipina. 

Kemenangan Windy Aisah mengingatkan pada cerita di drama Korea, Weightlifting Fairy Kim Bok Joo yang dibintangi Lee Sung Kyung dan Nam Joo Hyuk. Bukan cuma jago angkat besi sampai ratusa kilogram, seperti namanya, Cantika juga memiliki paras yang cantik.

Kemenangan yang diraih oleh Cantika membuat satu Indonesia bangga. Hingga namanya terdaftar dalam Trending Topic di Twitter pada Senin, 2 Desember 2019. Mereka beramai-ramai menuliskan cuitan rasa bangga kepada cewek 17 tahun itu. Selamat Cantika!

Mengikuti jejak mama

Windy Cantika Aisah
Sumber: Instagram/@windycantika11

Seperti diketahui, Windy Aisah merupakan putri dari mantan atlet angkat besi Siti Aisah. Sama seperti putrinya, sang mama pernah membawa nama Indonesia di kelas dunia. Beliau berhasil memenangkan pertandingan di kelas internasional sebanyak tiga kali, yakni tahun 1987 dan dua kali di tahun 1988. Rupanya bakat angkat besi itu diturunkan pada anak-anaknya termasuk Cantika.

Kenal angkat besi sejak kelas 2 SD

Windy Cantika Aisah
Sumber: Instagram/@herbalifeindonesiaofficial​

Lewat rekaman video yang dibagikan oleh channel YouTube KOMPASTV, Cantika menceritakan awal mengenal olahraga besi. Sejak kecil, dirinya memang sudah dikenalkan oleh olahraga yang lebih terkenal dilakukan oleh pria itu. Berbeda dengan sang kakak, Cantika mulai berlatih dengan alat berbentuk batang untuk permulaan.

“Waktu itu kan mama sering ngelatih kaka nah sering diajakin waktu kelas dua SD sering bilang ‘ayo ikut latihan’ yaudah Cantika ikutan di situ tapi masih dikasih batang-batang gitu, teknik-teknik gitu,” kata Cantika.

Mulai gabung kelas 5 SD

Lebih lanjut, cewek asal Bandung, Jawa Barat itu mulai masuk dengan club angkat besi saat duduk di bangku kelas lima SD. Seolah ingin memecahkan spekulasi di luar sana bahwa angkat besi hanya bisa dilakukan oleh pria, Cantika terus berlatih dan belajar.

“Abis itu masuk ke club Kabupaten Bandung itu kelas 5 SD,” tuturnya.

Juara SEA Games 2019

Windy Cantika Aisah
Sumber: Instagram/@2019seagamesph​

Tahun ini, SEA Games memilih Filipina sebagai tuan rumah. Cantika termasuk salah satu bagian dari pertandingan angkat besi di negara Lumbung Padi ASEAN itu pada Senin, 2 Desember 2019. Cantika berhasil menjadi juara di kelas 49 kilogram. Ia mengalahkan Pyae Pyae Phyo dari Myanmar dan Thi Quyen Ngo dari Vietnam.

Dilansir dari Vivanews, Windy Aisah mencatatkan total angkatan seberat 190 kilogram. Ia mengangkat beban dengan teknik snatch seberat 86 kilogram, 2 kilogram lebih baik dari rekor angkatan sebelumnya. Sementara, 104 kilogram ditorehkan cewek 17 tahun itu dalam angkatan clean and jerk.

Pernah pecahkan rekor dunia

Sebelumnya, Cantika pernah meraih rekor dunia pada pertandingan yang digelar pada April 2019 lalu. Rekor dunia itu diraihnya pada kejuaraan Asia Angkat Besi di Ningbo, China. Putri bungsu ini berhasil memecahkan tiga rekor dunia remaja kelas 49 kilogram. Ini merupakan kali pertama Cantika mengikuti pertandingan di kejuaraan senior yang juga merupakan kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020. Nama Windy Aisah tercatat sebagai peserta termuda melawan senior-senior tangguh dan penuh pengalaman.