X

IntipSeleb – Film sejarah Indonesia yaitu film yang menceritakan tentang perjuangan dan kejadian nyata,  baik tentang biografi yang menceritakan tokoh-tokoh penting maupun sejarah saat memperebutkan kekuasaan demi kemerdekaan Indonesia. Film sejarah biasanya dibuat untuk ditayangkan di layar lebar dalam memperingati hari besar nasional.

Salah satu film sejarah Indonesia yang masih melekat dan sering ditayangkan ulang di layar kaca televisi yaitu film Soekarno. Film yang menceritakan tokoh Soekarno dalam masa pemerintahannya dan cara memperjuangkan kemerdekaan Indonesia pada saat itu dari bangsa yang menjajah kita. Kira-kira film sejarah Indonesia apa saja yang memiliki nilai inspiratif bagi penontonnya? Penasaran, yuk berikut ini IntipSeleb rangkum artikelnya.

Film Soekarno: Indonesia Merdeka

img_title
Foto : Viva.co.id

Film yang menceritakan tokoh presiden Soekarno dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dan menceritakan bagaimana situasi pada era pemerintahannya di tahun 1945 lalu. Film yang dirilis pada 11 Desember 2013 ini dibintangi oleh Ario Bayu dan Maudy Koesnaedi sebagai pemeran utamanya.

Film ini menceritakan perjalanan Soekarno sejak kecil sampai di tahun 1945. Cerita pada film ini dimulai pada saat flashback menceritakan sosok Soekarno yang saat itu masih bernama Kusno, dan karena sakit diganti oleh ayahnya dengan nama Soekarno. Harapan dari ayah Soekarno agar anaknya menjadi seorang Adipati-Kusno terwujud 24 tahun kemudian. Soekarno berdiri di podium dan menyuarakan: “Kita Harus Merdeka Sekarang!!! Akibatnya Soekarno dan para pendukungnya ditahan karena dianggap menjadi pemberontak.

Dalam produksi film Soekarno, sutradara Hanung Bramantyo sudah mencoba untuk membangun suasana seperti di era 1940an dengan menggunakan properti pada zaman itu. Misalnya saja penggunaan motor dan mobil era 1940an. Dan penggunaan latar seperti rumah tinggal yang sangat sesuai pada era itu. Penggunaan kostum pemain juga sangat terlihat klasik dan cocok sekali dipadukan dengan properti yang lainnya. Misalnya yang sangat mengagumkan adalah properti para prajurit Jepang dengan seragam dan persenjataan lengkap sehingga penonton dibuat seolah-olah masuk pada masa jaman penjajahan.

Film sejarah ini menggambarkan perjalanan Soekarno dan tokoh-tokoh bersejarah lain dalam memerdekakan Indonesia. Dan banyaknya unsur era 1940an yang digunakan mendapatkan banyak apresiasi. Baik apresiasi dari penonton sendiri, maupun dari penghargaan film nasional. Biasanya film Soekarno ini sering ditayangkan ulang di layar kaca televisi pada saat hari kemerdekaan 17 Agustus setiap tahunnya, untuk mengenang jasa para pahlawan.

Film Laskar Pelangi

Berita Terkait :

Saksikan Juga