img_title
Foto : Viva.co.id

IntipSelebFilm India terbaik versi penggemar Bollywood biasanya penuh dengan adegan romantis dan juga kisah cinta. Industri perfilman India sepertinya tidak akan tergerus oleh waktu dan menjadi salah satu industri film terkemuka di dunia saat ini, khususnya di Asia. Saat ini sudah banyak aktor-aktris India yang masuk taraf internasional, sebut saja Shah Rukh Khan, Salman Khan dan Kajol sebagai contohnya. Aktor dan Aktris tersebut bisa dikatakan sebagai raja dan ratunya film India.

Menyuguhkan tarian dan nyanyian menjadi ciri khas yang biasanya ditampilkan di setiap film India, padahal gaya ini adalah hasil dari adaptasi panggung Broadway. Film Kuch-Kuch Hota Hai dan film Mohabbatein tampaknya begitu melekat dan populer di hati masyarakat penjuru dunia dari dahulu hingga sekarang. Lewat ceritanya yang begitu rumit dan sulit dalam memperjuangkan cinta membuat kedua judul film tersebut sangat mudah diingat. Lantas apa saja yang termasuk dalam deretan film India terbaik versi penggemar Bollywood, berikut IntipSeleb rangkum artikelnya.

Film Kuch Kuch Hota Hai

Viva.co.id
Foto : Viva.co.id

Film India terbaik yang paling populer dan ditonton oleh jutaan orang di dunia yaitu film Kuch Kuch Hota Hai. Film yang rilis 16 Oktober 1998 ini menceritakan kisah cinta yang ditulis dan disutradarai langsung oleh Karan Johar. Dibintangi oleh Shah Rukh Khan dan Kajol sebagai peran utamanya. Film ini sangat sukses di India dan mancanegara, sehingga menjadikannya sebagai film India terlaris tahun 1998 sampai tahun 2000-an dan bisa terbilang film India terlaris ketiga pada tahun itu setelah Hum Aapke Hain Koun.

Keberhasilan film Kuch-Kuch Hota Hai ini mendapatkan banyak penghargaan. Termasuk Penghargaan Film Nasional untuk Hiburan yang Ditampilkan pada Film Populer Terbaik dan penghargaan film terbaik di Penghargaan film Bollywood. Film yang menceritakan cinta segitiga antara Rahul, Tina dan Anjali menjadikannya sebagai film India ketiga yang menghasilkan keuntungan sebesar ₹1 miliar (US$14 juta) di seluruh dunia.

Dibuatnya film Kuch-Kuch Hota Hai ini dengan tujuan yaitu film ini dapat menetapkan level baru dari gaya sinema Hindi. Kuch Kuch Hota Hai berhasil menarik komentar positif dari para kritikus, dengan pujian khusus diarahkan pada penampilan Kajol. Kajol yang memerankan Anjali di film tersebut, sangat diapresiasi lantaran aktingnya yang begitu baik dan keren sangat ia tonjolkan bersama lawan mainnya Shah Rukh Khan.

Film yang populer di penjuru dunia dan tidak tergerus oleh waktu, membuat film Kuch-Kuch Hota Hai bisa ditonton dan dinikmati hingga era saat ini. Jelas saja memang film ini se-hype itu, kok. Penjual VCD yang suka keliling depan rumah bakal berbusa mempromosikan film ini secara terus menerus di masanya.

Kuch Kuch Hota Hai mengajarkan banyak hal, film ini menyuguhkan arti dari persahabatan, hubungan ayah dan anak, hingga cara terbaik melepaskan seseorang yang paling kita sayang. Film yang berdurasi selama 3 jam 5 menit ini sangat sayang dilewatkan jika masih ada yang belum menontonnya. Pencinta Bollywood apalagi pencinta Shah Rukh Khan dan Kajol sebaiknya menonton film india Kuch Kuch Hota Hai. Karena film ini merupakan film kebanggaan India dalam masa populernya.

Film Mohabbatein

Viva.co.id
Foto : Viva.co.id

Film india terbaik Mohabbatein menceritakan kisah percintaan yang begitu rumit dan penuh perjuangan di setiap tokohnya. film yang menyuguhkan musikalisasi berbahasa Hindi India tahun 2000 garapan sutradara Aditya Chopra, yang berhasil dalam kedua kalinya setelah Dilwale Dulhania Le Jayenge.

Mohabbatein begitu kental dengan sosok aktor Amitabh Bachchan. Ia memerankan sosok pemilik sebuah sekolah yang bernama Gurukul dan begitu keras melarang anak muridnya untuk mengenal cinta. Film ini diawali dan dibuka ketika tiga murid baru di sebuah stasiun saling berkenalan: Samir, Karam dan Vicky. Mereka masuk ke sekolah Gurukul dan menjadi sahabat, ketiganya saling memiliki cinta dan wanita di luar sekolah Gurukul tersebut. Namun larangan keras oleh Narayan yang diperankan Amitabh Bachchan membuat ketiganya pesimis dalam mengejarar cinta mereka. Hadirnya sosok Raj Aryaan Malhotra yang diperankan Shah Rukh Khan membuat ketiga pemuda ini berhasil menyatakan cintanya dengan penuh perjuangan.

Raj Aryan merupakan kekasih dari putri cantik pemilik Gurukul yang bernama Megha dan diperankan oleh Aishwarya Rai Bachchan. Pemilik sekaligus ayah dari Megha tidak menyetujui dan menentang hubungan antara putrinya dan Raj Aryan. Sehingga sang putri pun mematuhi segala keputusan ayahnya dan mengakhiri hidupnya karena tidak bisa melanjutkan cinta dan perasaannya tersebut tanpa sosok Raj Aryan lelaki yang begitu ia cintainya.

Film Populer Mohabbatein ini dibuat dengan anggaran ₹ 19 crore (2,7 juta dolar AS), sehingga film Mohabbatein disebut sebagai salah satu film India termahal pada saat itu dengan memperoleh pendapatan box office seluruh dunia sebesar 4,2 juta dolar AS.

Akting aktor Shah Rukh Khan di Mohabbatein terbilang berhasil dan menjadi salah satu penampilan terbaiknya. Shah Rukh Khan berhasil memenangkan banyak penghargaan dalam bermain di film ini, salah satunya yaitu penghargaan Kritikus Filmfare untuk Aktor Terbaik atas penampilannya dalam film Mohabbatein.

Film Bajrangi Bhaijaan

Viva.co.id
Foto : Viva.co.id

Film India terbaik selanjutnya yaitu film Bajrangi Bhaijaan adalah sebuah film drama komedi India tahun 2015 yang disutradarai oleh Kabir Khan. Film ini menghadirkan Salman Khan, Harshaali Malhotra, Kareena Kapoor dan Nawazuddin Siddiqui sebagai pemeran utama. Film ini telah dirilis di seluruh dunia pada 17 Juli 2015. Sukses dalam perannya membuat nama Salman Khan sebagai idola yang begitu disukai oleh pencinta Bollywood.

Film Bajrangi Bhaijaan menjadi populer dan merupakan proyek film terbesar Salman Khan, sehingga berhasil memecahkan rekor box office di India dan mancanegara. Film yang ditulis langsung oleh penulis skenario V. Vijayendra Prasad ini diproduksi oleh Salman Khan dan Rockline Venkatesh dan menjadi film India tercepat untuk memperoleh pendapatan hingga satu miliar rupee pada pasar domestik perfilman. Saat ini film Bajrangi Bhaijaan menjadi kedua terlaris di India dan film Bollywood terlaris kedua di pasar internasional.

Film Bajrangi Bhaijaan ini mengisahkan tentang seorang anak Pakistan bernama Munni yang harus terpisah dari kedua orang tuanya dan terdampar di negara India yang tengah berselisih paham dengan Pakistan. Anak perempuan cantik ini sulit untuk berbicara (bisu) sehingga membuat orang-orang yang di sekelilingnya tidak tahu asal-usulnya.

Keberuntungan mengikuti Munni. Ia bertemu dengan Pawan Kumar/Bajrangi yang terkenal sebagai orang yang baik dan jujur. Bajrangi diperankan langsung oleh Salman Khan dengan mengangkat pesan moral kehidupan begitu dalam. Bajrangi rela mengantarkan Munni anak Pakistan tersebut agar dapat kembali ke negara asalnya dengan segala perjuangan. Bajrangi melewati seribu rintangan untuk memulangkan anak Pakistan tersebut kembali ke keluarga dan negara Pakistan. Namun, momen sedih terlihat saat sosok Bajrangi yang berhati malaikat tiba-tiba harus pulang dan berpisah dengan anak Pakistan yang diantar melalui gerbang perbatasan India-Pakistan. Tiba-tiba anak Pakistan yang bisu tersebut bisa bersuara keras dan memanggil Bajrangi yang sedang melewati sungai untuk kembali ke India.

Film Kabhi Kushi Kabhie Gham

Viva.co.id
Foto : Viva.co.id

Film kebanggsan india ini begitu melekat sekali di hati penonton dan pencinta Bollywood tanah air. Film ini menampilkan Shahrukh Khan dan Kajol dalam peran utama, Amitabh Bachchan, Jaya Bachchan, Hrithik Roshan. Aktris cantik Kareena Kapoor dan Rani Mukerji pun turut beradu penampilan di flm romantis ini.

Film yang menceritakan Yashvardhan Raichand (Amitabh Bachchan) merupakan konglomerat yang tinggal di Delhi bersama dengan istrinya yaitu Nandini (Jaya Bachchan) dan kedua anak laki-lakinya yaitu Rahul dan Rohan. Rohan merupakan anak pertama yang diadopsi oleh Yash dan Nandini saat dia lahir.

Hal ini diketahui oleh keluarga besar Raichand kecuali Rohan. Suatu ketika Rahul (Shah Rukh Khan) yang tumbuh dewasa bertemu dengan wanita cantik bernama Anjali Sharma (Kajol Devgan) yang ceria. Mereka pada akhirnya saling jatuh cinta akan tetapi cinta mereka tidak direstui sebab Anjali dari keluarga yang tidak berada.

Film kisah cinta yang paling disukai penonton tersebut berhasil dan sukses dalam penjualan komersialnya. Film Kabhi Kushi Kabhie Gham ini berhasil mendapatkan keuntungan sebesar ₹1,36 miliar (US$19 juta).

Film karya Dharma Productions tersebut berhasil meraih 28 penghargaan dari 79 nominasi dalam penghargaan filmfare di India.

Film yang berbicara tentang kisah cinta dan kasih sayang orang tua pada anaknya, hubungan orang tua dengan anak yang disampaikan dengan cara sederhana, film Kabhi Kushi Kabhie Gham inilah yang mewakilinya

Film Kabhie Kushi Kabhi Gham menceritakan tentang perbedaan pendapat antara orang tua dan anak. Film ini mengisahkan keluarga kaya raya yang memegang teguh tradisi keluarga dalam hal apapun termasuk saat memilih pasangan hidup.

Ayah yang diperankan Amitabh Bachchan menginginkan anaknya memiliki pasangan yang “sesuai dan setara” dengan keluarga. Sementara anaknya yang diperankan Shahrukh Khan menginginkan kebebasan untuk memilih pasangan yaitu menikah dengan wanita pujaannya. Karena cinta memang tidak bisa dipaksakan, dan cinta tidak bisa disetarakan.

Film Kabhi Kushi Kabhie Gham ini menggunakan cerita yang sederhana, tidak berbelit dan mudah dipahami. Tokoh utama dan pendukungnya cukup sentral dan memperoleh porsi yang seimbang. Saling melengkapi dan berhasil membangun chemistry antar pemainnya, film yang berakhir happy ending, menyenangkan, menghibur dan tidak berat dapat untuk mengingatkan bagaimana kasih sayang orang tua terhadap anaknya.

Latar belakang film tersebut tentu saja budaya India. Budaya besar yang selama ini masih melekat dan ada. Di mana kebanyakan orang tua yang menginginkan anaknya menikah dengan orang pilihannya yang memiliki status sosial sama. Namun hal ini juga banyak terjadi di Indonesia, banyak anak memutuskan pergi dari rumah karena berbeda pendapat dan tidak mau mengalah. Sedangkan orang tua juga tidak mau mendengarkan alasan anak dan memegang teguh keinginannya apalagi soal cinta dan wanita.

Topik Terkait