X

IntipSeleb – Beberapa selebritis Indonesia blak-blakan mengaku tidak percaya dengan adanya Tuhan alias atheis. Artis-artis Indonesia yang mengaku atheis tersebut memiliki banyak alasan. Mulai dari mengalami sakit berkepanjangan, doktrin, hingga orang tua berbeda agama.

Lantas, siapa sajakah selebritis Indonesia yang sempat mengaku sebagai atheis? Yuk kita ulik satu per satu.

Chef Haryo

img_title
Foto : Instagram/@chefharyo

Chef Haryo menjadi selebritis Chef melalui program masak di televisi. Tetapi, kemunculannya tidak bertahan lama karena Chef Haryo menghilang. Saat kembali muncul ke dunia hiburan, Chef Haryo mengaku sempat menjadi atheis saat mengambil beasiswa ke Belanda. Chef Haryo lambat laun merasa tidak percaya kepada Tuhan, padahal kala itu Chef Haryo berstatus pemeluk agama Islam.

“Di sana saya menjadi sangat liberal. Jadi berpikir bahwa saya bisa karena saya, saya jujur karena saya, dan saya berprestasi karena saya. Dan saya tidak punya agama pada waktu itu,” tutur Chef Haryo di Youtube Apunk65 #GassJon, 16 Maret 2020.

Tere

img_title
Foto : berbagai sumber

Tere menjajal dunia tarik suara Tanah Air sebagai salah satu penyanyi bawah asuhan Ahmad Dhani. Siapa sangka, Tere justru tidak percaya akan adanya Tuhan alias atheis. Parahnya, Tere menyatakan agama merupakan buatan dari manusia. Setelah sempat atheis, Tere memimpikan seberkas cahaya yang menanyakan siapa Tuhannya dan Nabinya. Mulai dari situlah, Tere memperdalam agama Islam dan memutuskan untuk berhijab.

Uus

img_title
Foto : Instagram/uusbiasaaja

Uus merupakan salah satu komika yang terkenal dengan lelucon konyolnya. Namun, Uus rupanya sempat tidak percaya kepada Tuhan karena mengalami cedera parah setelah bermain basket. Parahnya, Uus sempat menolak mentah-mentah permintaan sang ibunda agar dirinya melaksanakan ibadah salat.

Coki Pardede

img_title
Foto : Instagram/ @cokipardede666

Coki Pardede dihadapi pertanyaan berupa mempercayai Tuhan atau tidak oleh Daniel Mananta. Komika yang terseret kasus narkoba ini menyatakan dirinya merupakan agnotis, yang menganggap ketidaktahuan akan Tuhan. Bukan mendeskripsikan dirinya sebagai atheis, Coki Pardede merasa dirinya sebagai agnostis karena kebingungan mencari bukti dari keberadaan Tuhan.

Reza Arap

img_title
Foto : instagram/ybrap

Reza Arap mengaku tidak menganut agama apapun. Hal ini terjadi karena terlahir dari keluarga beda agama, ibunya Islam dan ayahnya berkeyakinan Kristen. Sejak kecil, Reza Arap bersekolah dengan basis Kristen, namun keluarga ibunya mengajarkan ajaran Islam. Namun kini, Reza Arap telah memeluk agama Buddha, mengikuti kepercayaan Wendy Walters.

"Gue masih belum ada (agama). Dari gua lahir, dari gua bisa berpikir, dari gua TK sampai SMA. Gua sekolah di Kristen, tapi di keluarga gua belajarnya Islam dari nyokap gua," ujar Reza Arap di YouTube Deddy Curbuzier, 15 Oktober 2019.

Dena Rachman

img_title
Foto : Instagram/@denarachman

Dena Rachman memutuskan menjadi atheis karena merasa dirinya berbeda dari orang-orang pada umumnya. Terlahir sebagai pria, Dena merasa tidak percaya Tuhan sekaligus mempertanyakan mengapa identitas gendernya berbeda.

"Kalau emang lo ada dan lo sayang sama umat lo, kenapa gue dibikin kayak begini? Jadi, aku sangat penuh kebencian waktu itu. Jadi aku tidak percaya pada Tuhan. Aku bisa bilang ateis," ungkap Dena Rachman di YouTube Daniel Mananta Network, 17 November 2020.

Hingga akhirnya, Dena Rachman mendapatkan hidayah saat mengunjungi gereja di Amerika Serikat. Ia pun memutuskan pindah agama dari Islam ke Nasrani, setelah sempat mengaku sebagai atheis.

Dul Jaelani

img_title
Foto : instagram/duljaleani

Dul Jaelani mengaku sebagai atheis sebelum mengalami kecelakan tragis di KM 8+200 Tol Jagorawi pada 2013 silam. Saat terbaring lemah di rumah sakit, Dul yang masih berusia 13 tahun kala itu menyatakan dirinya mendapatkan hidayah. Kini, Dul Jaelani berusaha menjadi lebih religius.

“Sebelum kecelakaan aku atheis, I don’t believe in God. Sehingga karena kelalaian aku juga akhirnya dari peristiwa itu akhirnya di rumah sakit aku sadar ‘Ya Allah kau benar-benar ada’,” ungkap Dul Jaelani di YouTube Ari Lasso, 3 Februari 2020.

Dokter Tirta

img_title
Foto : Instagram/@drtirta

Tak disangka, Dokter Tirta mengaku sempat menjadi atheis. Pasalnya, orang tuanya berbeda agama yakni ibunya keturunan Tionghoa merupakan non Muslim, sementara sang ayah beragama Islam. Ia merasa tidak nyaman berada di lingkungan orang tua beda agama. Hingga akhirnya memutuskan untuk atheis, dan jadi mualaf di usia 23 tahun.

“Dari situ aku tau tentang rasialisme, SARA, dan agama. Dan aku memutuskan untuk atheis dulu. Dari dulu SD, SMP, SMA,” ucap Dokter Tirta di YouTube Talk Show tvOne, 10 Oktober 2020.

Berita Terkait :

Saksikan Juga