X

IntipSeleb – Cara menghilangkan bekas jerawat dapat digunakan dengan berbagai metode. Kamu yang sedang membaca artikel ini, pasti sedang mencari cara bagaimana menghilangkan bekas jerawat atau noda-noda yang membekas pada kulit. Pasalnya, setelah berjerawat, rata-rata kulit timbul titik kehitaman.

Mengapa bekas jerawat dapat menghitam? Melansir dari sumber lain, hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:

Tidak Menggunakan Sunscreen

Sunscreen menjadi hal yang vital dalam penggunaan tahap perawatan kulit. Karena, paparan dari sinar matahari dapat memperparah kondisi bekas jerawat dan membuatnya semakin menghitam. Bekas jerawat yang gelap tersebut dapat mendorong produksi melanin pada wajah.

Produksi Melanin Semakin Banyak

Melanin merupakan pigmen natural yang berwarna hitam ataupun kecokelatan yang ada pada kulit, rambut, pupil mata yang dihasilkan oleh hasil oksidasi asam amino. Dapat dikatakan, melanin menjadi penentu warna kulit serta melindungi dari sinar matahari.

Melanin tersebut akan terkena radiasi sinar ultraviolet yang menyebabkan kulit lebih menghitam. Sehingga penggunaan sunscreen pun sangat disarankan dan dapat membantu sebagai cara menghilangkan bekas jerawat.

Produksi Kolagen Yang Menipis

Kolagen menjadi salah satu hal vital untuk kulit wajah. Semakin bertambahnya umur, kolagen pun akan mengurangi produksinya kembali. Sehingga, untuk tetap menjaga produksi kolagen pada kulit, banyak yang berusaha merawat kulitnya dengan penuh usaha untuk mendapatkan hasil perawatan maksimal.

Selain itu, kolagen pun bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat yang menghitam. Sehingga, jika bekas jerawat kamu menghitam, maka produksi kolagen pada kulit kamu harus diperhatikan loh teman-teman sebagai cara menghilangkan bekas jerawat.

Kebiasaan Buruk Memencet Jerawat

Memencet jerawat adalah kebiasaan buruk? Dapat dikatakan iya. Bagaimana tidak, kamu tidak pernah tahu bahwa tangan mu dapat menjadi sumber bakteri. Walaupun rasanya, ketika ada jerawat muka mu terasa ada yang mengganjal dan sangat ingin sekali mengeluarkan isinya.

Namun, hal tersebut harus ditahan loh teman-teman. Karena, dengan memencet jerawat dapat memperparah proses penyembuhan bekas jerawat pada kulit kamu loh nantinya. Sehingga kebiasaan ini harus segera dihilangkan agar cara menghilangkan bekas jerawat kamu nantinya dapat cepat melewati tahapan penyembuhan.

Lantas, bagaimanakah cara menghilang bekas jerawat yang dapat kamu lakukan untuk kembali pada kondisi kulit normal yang kamu inginkan? Atau bahkan bonusnya, kulitmu dapat lebih cerah dan glowing sehingga kamu akan mendapatkan kepuasan dari melakukan perawatan kulit sendiri? Mau tahu bagaimana caranya? Seperti biasa, jangan khawatir.

IntipSeleb akan merangkum dari berbagai sumber untuk memberikan tips bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat yang ampuh untuk kulit kamu. Daripada penasaran, yuk langsung aja simak artikel selengkapnya di bawah untuk mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat. Check it out, friends!

Melakukan Perawatan Kulit Dengan Telaten

Cara menghilangkan bekas jerawat yang ampuh salah satunya yang pasti adalah merawat kulit kamu. Jika kamu bingung, kamu perlu mengetahui tahapan-tahapan untuk merawat kulit. Yang paling wajib dilakukan adalah dengan menjaga skin barrier kamu.

Skin barrier adalah lapisan pelindung paling luar yang ada di kulit dan berfungsi untuk menjaga lapisan kulit lebih dalam dari berbagai kerusakan, seperti sinar matahari, kotoran, polusi, atau bahkan dari dalam, seperti kurangnya hidrasi.

Untuk menjaga skin barrier kamu yang menjadi salah satu cara menghilangkan bekas jerawat cepat, kamu dapat menggunakan metode dasar atau minimal yang paling wajib kamu lakukan terlebih dahulu, sebelum memperdalam metode lainnya. 

Pertama yang harus kamu lakukan adalah tahapan pembersihan wajah dengan cara menggunakan sabun cuci muka andalan kamu. Setelah merasa lebih bersih, kamu dapat menggunakan toner agar kulit kamu yang terasa kencang setelah cuci muka dapat kembali tenang. Lalu, kamu dapat menggunakan pelembab agar wajah terasa lebih kenyal. Jika kamu melakukan tahapan ini di siang hari, kamu wajib menggunakan sunscreen di wajah kulit kamu ya.

Setelah kamu merasa sudah mengetahui dasar dari kebutuhan kulit kamu, maka rasa penasaran ingin menjelajah skincare lain akan timbul dalam diri kamu. Nah dari sini, kamu dapat mempelajari metode lain yang nantinya akan membuat kamu membutuhkan lainnya, contohnya seperti penggunaan serum.

Gunakan Skincare Dengan Bahan-Bahan Tertentu

Produk skincare kini semakin banyak, namun jika kamu belum mengetahuinya bagaimana dasar-dasarnya, maka akan semakin pusing bagaimana memilih skincare yang tepat. Rata-rata bekas jerawat yang ada berupa noda hitam. Sehingga, bahan-bahan yang ada dalam skincare tersebut harus diperhatikan. 

Melansir pada Bazaar, beberapa bahan aktif yang dapat mempercepat pemudaran noda hitam di wajah antara lain ada Vitamin C, asam alfa hidroksi, dan juga retinol. Biasanya, yang paling banyak ditemukan di Indonesia adalah skincare dengan bahan vitamin C dan juga retinol. 

Pakai Masker Secara Rutin

Untuk mempercepat proses menghilangkan bekas jerawat, kamu juga harus rutin menggunakan masker loh teman-teman. Bahkan kamu bisa menggunakan masker dengan bahan-bahan alami yang dapat membantu proses perawatan kulit dengan hasil yang kamu inginkan.

Bahan-bahan alami yang kamu butuhkan dalam masker kamu ada beberapa. Pertama, lidah buaya. Lidah buayamemiliki kandungan antibakteri dan juga antiperadangan yang bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat kamu. 

Kedua, madu. Madu sendiri memiliki khasiat zat antibiotik yang dapat membantu penyembuhan luka dengan alami, termasuk beks jerawat. Ketiga, putih telur. Putih telur mengandung zat astringen yang membantu mengontrol minyak berlebih dan ampuh untuk bekas jerawat.

Merawat Kulit Dari Dalam

Melakukan perawatan kulit untk membantu proses memudarnya bekas jerawat pada kulit, dapat diimbangi dengan melakukan dari dalam. Di mana salah satu hal yang wajib untuk merawat kulit dari dalam adalah dengan kondisi kulit terhidrasi degan baik.

Salah satu hidrasi kulit baik dengan mengonsumsi air putih dengan cukup. Di mana kalian pasti mengetahui bahwa sehari dibutuhkan 2 liter air untuk komposisi yang pas dalam mengonsumsi jumlah air agar hidrasi terpenuhi dalam tubuh. 

Selain penggunaan konsumsi air putih, olahraga pun juga turut membantu proses pemudaran bekas jerawat loh. Karena, dengan berolahraga kulit jadi mampu mengurangi peradangan dan melepas hormon kortisol yang sering menjadi penyebab jerawat.

Tak hanya olahraga, apa yang kamu konsumsi untuk tubuh kamu juga perlu diperhatikan. Kata bijak ‘kamu adalah apa yang kamu makan’ berfungsi dalam membantu proses pemudaran bekas jerawat tersebut. Jangan sampai, salah konsumsi justru menyebabkan jerawat justru timbul kembali dalam tubuh kamu.

Itulah berbagai cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan bekas jerawat. Harus diakui, hormonal jerawat tidak dapat lepas dari manusia. Namun, bukan berarti kamu harus malu dan menolak keberadaan mereka pada kulit. Tapi kamu dapat mengontrolnya dengan melakukan pencegahan serta mengontrol hal tersebut sebagai bentuk perawatan diri kamu.

Melakukan perawatan merupakan salah satu bentuk dari mencintai diri sendiri. Sehingga, jangan pernah berhenti mencintai diri kamu ya, teman-teman! 

Berita Terkait :

Saksikan Juga