X

IntipSeleb – Sophia Latjuba beberapa bolak-balik pindah agama. Ia diketahui lahir dari orang tua beda agama namun memutuskan untuk dibaptis secara Kristen.

Namun, Sophia Latjuba sempat memutuskan untuk pindah agama ke Islam saat berpacaran dengan Ariel NOAH. Ia lalu diduga kembali ke Kristen karena membagikan foto salib. Seperti apa fakta Sophia Latjuba bolak-balik pindah agama? Scroll yuk!

1. Orang Tua Beda Agama

img_title
Foto : Instagram/sophia_latjuba88

Sophia Latjuba ternyata lahir dari orang tua beda agama. Ayahnya beragama Islam dan asli orang Indonesia, sang ibu berasal dari Jerman yang merupakan penganut Kristen. Dari kecil, Sophia diajarkan untuk melek pendidikan.

"Emang dia (Ayah) tuh mungkin karena ada darah Bone sama Jawa-nya, jadi orangnya alus banget. Nyokap yang keras, si Jerman itu yang agak keras. Bokap orangnya gitu, yang penting adalah kita punya principles. Diajarin dari kecil be educated, banyak baca, dan orangnya sangat liberal,” kata Sophia Latjuba di YouTube VINDES, pada Desember 2021.

2. Diminta Pilih Agama Sejak Kecil

img_title
Foto : instagram/sophia_latjuba88

Saat usianya beranjak 10 tahun, Sophia Latjuba diminta sang ayah untuk memilih agama yang dianutnya. Sophia bingung karena sejak kecil telah dibiasakan ibadah ke gereja sehingga ia mengkategorikan diri sebagai Kristen. Namun, sang ayah menyerahkan semua keputusan kepada Sophia.

"Umur 9 apa 10 tahun (diajak bicara) ‘Soph, sini kita ngomong berdua. I Know ini gak gampang. Mungkin kamu juga belum mengerti cuman udah waktunya kamu harus pilih agama kamu’. (Sophia jawab) ‘Emang kenapa?’ ‘Iya kamu mau ikut (agama) papa atau mama?’,” kata Sophia Latjuba.

"Selalu ke gereja karena environment-nya gereja, so I thought udah (Kristen). Cuman kan kalau di Katolik harus dibaptis dulu segala macem atau mau ikut Bapak which is Islam. Jadi bokap bilang ya terserah mau ikut siapa,” tandasnya.

3. Sempat Ragu Saat Mau Dibaptis

img_title
Foto : Instagram/sophia_latjuba88

Setelah berpikur, Sophia Latjuba memutuskan untuk dibaptis sehingga resmi anut agam Kristen. Namun, ia awalnya ragu karena sang ayah beragama Islam. Tak disangka, ayahnya menerima keputusan anaknya.

"Cuman ya gue deket banget sama Bokap jadi agak, ‘Duh, gimana ya pah?’. Takut mengecewakan. ‘Pah, is it okay kalau aku mau dibaptis? Pengen banget mau dibaptis’,” ujar Sophia Latjuba.

“Iya gapapa, pokoknya kalau agama kan masing-masing, gak harus ikut orang tua juga. Dan bokap juga waktu itu karena di Jerman jadi gak begitu sering salat jadi gak ada pengetahuan sama sekali soal Islam. Jadi emang orangnya sangat sangat liberal,” sambungnya.

4. Pindah Agama Islam

img_title
Foto : Instagram/Sophia_latjuba88

Pada saat berpacaran dengan Ariel NOAH, Sophia Latjuba dikabarkan pindah agama Islam. Hingga akhirnya, ia membenarkan telah jadi mualaf. Namun, bukan karena berpacaran dengan Ariel. Sophia menegaskan keputusannya jadi mualaf merupakan urusannya dengan Tuhan.

“Masalah agama sebenarnya private banget sih ya. Seharusnya, tidak menjadi urusan siapa pun saya mualaf atau tidak. Tapi ya saya mualaf bukan karena siapa-siapa. Ini adalah hubungan saya dengan Tuhan," ungkap Sophia Latjuba dalam wawancara tahun 2014.

“Ya saya mualaf bukan karena siapa-siapa. Ini adalah hubungan saya dengan Tuhan," tegasnya.

5. Kembali ke Agama Semula

img_title
Foto : Instagram/sophia_latjuba88

Sophia Latjuba diduga kembali ke agama sebelumnya pada tahun 2018. Pasalnya, Sophia membagikan foto interior gereja di daerah Dusseldorf, Jerman. Meski tidak berkomentar, , ia diduga kembali ke agama semula pada tahun 2018. Hal ini disebabkan lantaran ia mengunggah foto interior gereja di daerah Dusseldof, Jerman. Meski tidak mengomentari hal tersebut, Sophia bagikan foto salib dan memanjatkan doa saat sambut tahun 2022.

"Selalu bersyukur atas berkah untuk bertahan dan tantangan yang membuatku lebih kuat, terima kasih telah melindungi keluarga kami, terimakasih atas kasih sayang yang sudah diberikan ke saya, terima kasih telah menjadi cahaya terang untuk saya, terima kasih 2021," tulis Sophia Latjuba. (jra)

Berita Terkait :

Saksikan Juga