X

IntipSeleb – Cara menghilangkan bekas luka maupun luka lebam di area wajah dan tubuh, memiliki banyak cara yaitu dengan herbal alami ataupun dengan perawatan dokter spesialis. Luka yang mengerti g biasanya meninggalkan bekas yang menghitam atau justru putih yang tidak merata dengan warna kulit.

Menghilangkan bekas luka menjadi hak yang paling sulit dan lama bahkan jarang berhasil dilakukan oleh orang yang ingin menghilangkan bekasnya tersebut. 

Lantas kira-kira ala saja obat alami dan perawatan yang bisa dilakukan untuk memudarkan bahkan menghilangkan bekas luka, yuk simak ceritanya berikut ini.

Air Jeruk Nipis

buah yang satu ini merupakan buah yang paling sering mengatasi untuk keluhan kulit wajah. Salah satunya menghilangkan jerawat dan bekas luka di area sekitar wajah,  luka goresan bekas luka maupun luka lebam. Banyak sekali kandungan kandungan nutrisi air jeruk nipis sehingga membantu dan memiliki khasiat untuk kesehatan wajah.

Jeruk nipis merupakan salah satu bahan alami yang sudah terkenal dapat digunakan untuk mencerahkan kulit, khususnya area wajah. Ternyata, manfaatnya tak sampai di situ saja, jeruk nipis juga efektif untuk menghilangkan bekas luka di kulit. Hal tersebut terjadi karena adanya kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHA) dalam jeruk nipis yang mampu mengangkat sel kulit mati, mempercepat proses regenerasi kulit, dan mengembalikan elastisitas kulit.

Madu 

Madu memang memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Madu alami dapat merangsang regenerasi sel, mendinginkan, mengurangi rasa nyeri dan menghilangkan bekas luka. Caranya yaitu dengan mengoleskan madu pada bagian bekas luka selama kurang lebih 20-30 menit setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat.

Madu mengandung bahan-bahan yang dapat membantu kulit mempercepat proses regenerasi sel-sel di dalamnya.

Teh Hijau

Para ahli kesehatan mengemukakan bahwa kandungan antioksidan yang terdapat pada teh hijau dipercaya dapat mengurangi aktifitas hormon penyebab, mengontrol produksi minyak dan menghilangkan bekas luka. Karena itu banyak produk kecantikan yang menggunakan teh hijau sebagai bahan dasarnya.

Hal itu karena kandungan Epigallocatechin Gallate (EGCG) atau katekin, yaitu zat yang bersifat antioksidan, antibakteri sekaligus antiinflamasi terbukti dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit.

Chemical Peeling 

Cara menghilangkan bekas luka yang menghitam secara cepat adalah dengan menggunakan chemical peeling. Setidaknya lakukan selama 2 kali seminggu di malam hari setelah kita membersihkan tubuh.

pengelupasan kimia dapat membuat bekas luka memudar lebih cepat dan terlihat lebih halus serta merata.

Oleskan lapisan tipis kulit di atas bekas luka kita dan biarkan mengering sebelum dibilas dengan air hangat. Tepuk kering, dan oleskan kembali krim bekas luka silikon.

Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan lignin dan asam amino yang dapat melembabkan kulit dan meregenerasi kulit. Selain itu juga lidah buaya dapat menghilangkan bekas luka dengan cara mengoleskan lendir atau daging lidah buaya pada bagian bekas luka. Namun anda harus berhati-hati dengan getah yang terdapat pada lidah buaya karena dapat menimbulkan gatal pada kulit.

Anda cukup mengoleskan lidah buaya pada kulit yang terdapat bekas luka secara merata, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu dapat melakukan cara ini di pagi setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.

Daun Pare

Pare memang terkenal dengan rasanya yang pahit, namun khasiat untuk kesehatannya dapat anda gunakan untuk menyamarkan bekas luka. Anda cukup mencuci bersih daun pare yang masih segar kemudian anda remas-remas, tambahkan air hangat kemudian peras.
 
Nah, perasanan daun pare inilah yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan bekas luka. Namun terlebih dahulu harus anda campur dengan tepung beras agar teksturnya seperti lotion.

Lemon

Lemon dapat digunakan sebagai pemutih alami sehingga sangat cocok untuk menyamarkan bekas luka. Namun anda tidak boleh menggunakannya terlalu berlebihan karena lemon memiliki kandungan asam sitrat yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit jika anda menggunakannya untuk jangka panjang.

Itulah sebabnya lemon bekerja untuk mencerahkan dan membuat kulit kita tampak lebih bersinar, termasuk berguna untuk menghilangkan bekas luka kehitaman.

Air Kelapa 

Buah kelapa mengandung banyak nutrisi penting yang bermanfaat bagi tubuh, seperti vitamin C, serat, protein, kalium, dan magnesium. Vitamin C yang terkandung di dalamnya dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka di kulit.

Menggunakan air kelapa untuk membasuh bekas luka yang hitam, ternyata cukup manjur sebagai cara menghilangkan bekas luka yang menghitam.

Bawang Merah 

Bawang merah memiliki sifat antiinflamasi yang terkandung di dalamnya yang dapat menghambat kolagen pada bekas luka sehingga bekas luka menjadi samar-samar.

Jika ingin menggunakan bahan alami yang satu ini untuk menghilangkan bekas luka di kulit wajah, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dulu dengan dokter, karena kulit wajah cenderung lebih sensitif dibanding kulit tubuh bagian lain.

Cuka Apel 

Ambil kapas, celupkan ke dalam satu sendok teh cuka apel dan oleskan pada area yang terbakar di wajah dengan lembut untuk efek yang diinginkan. Sifat astringen cuka juga akan mencegah Moms dari infeksi.

cuka apel juga bisa membantu menyembuhkan bekas luka bakar yang menghitam dengan membuatnya jadi lebih cerah. 

Kandungan yang terdapat dalam cuka apel ini dipercaya bisa mengatasi luka lebam dan iritasiritasi kulit juga. Untuk kalian yang ingin coba memudarkan luka da bekas luka, alangkah baiknya coba menggubakan cuka apel.

Timun

Selain untuk mengobati jerawat, mentimun juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka. Kandungan silika yang terdapat pada mentimun dapat meningkatkan produksi kolagen dan mencegah munculnya keriput.
 
Caranya yaitu dengan diiris kecil-kecil atau dihaluskan dengan cara diblender kemudian oleskan pada bagian bekas luka.

Mengoleskan timun pada bekas luka secara teratur selama seminggu akan memudarkannya Ladies. Tak cuma menghilangkan bekas luka saja, namun timun juga bermanfaat memberikan rasa nyaman pada kulit. Kulit akan terasa lebih dingin.

Oleskan saja jus timun atau timun yang dihaluskan pada kulit yang terluka. Diamkan sampai meresap dan bilas dengan air bersih. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Kunyit 

Kunyit dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik yang efektif untuk membantu mengobati bekas luka melepuh. Cara menghilangkan bekas luka melepuh bisa dengan memadukan bubuk kunyit dengan madu. Kemudian dioleskan pada bekas luka bakar.

Bisa juga menggunakan campuran susu yang memiliki sifat menenangkan kulit. Terutama yang teriritasi dan ampuh hilangkan bekasnya. Campur 2 sdm susu murni dan 1 sendok the perasan kunyit, aduk hingga rata.

Ambil kapas atau korek kuping, kemudian celupkan ke dalam campuran kunyit dan susu. Oleskan pada bagian yang mengalami luka dan lebam.

Berita Terkait :

Saksikan Juga