X

IntipSeleb – Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk rupanya dapat ditembuh berbagai cara, khususnya untuk anak-anak. Memiliki bekas gigitan nyamuk pada kulit membuatnya terlihat menjadi tak terawat. Bahkan, bekas gigitan nyamuk pun dapat menjadi luka jika sangat gatal.

Gatal yang disebabkan oleh gigitan nyamuk membuat kamu rasanya ingin terus menggaruk. Garukan tersebut pun menjadi bentol. Bahkan, untuk yang berdarah manis, gigitan nyamuk pun dapat menjadi luka koreng. Baik bentol atau luka koreng pun sama-sama membekas di kulit.

Pastinya kamu tak ingin bukan memiliki bekas gigitan nyamuk di kulit? Apalagi jika bekas gigitan nyamuk tersebut di kulit anak. Lantas bagaimana cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada anak? 

Jangan khawatir, IntipSeleb akan merangkum dari berbagai sumber untuk mencari cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk untuk anak. Tunggu apalagi, yuk langsung aja simak artikel selengkapnya bersama IntipSeleb untuk mengetahui cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada anak. Check it out!

Usahakan Tidak Menggaruk 

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk paling ampuh dan menjadi awalan adalah dengan tidak menggaruk ketika gatal. Meski kegatalan pada kulit tidak dapat dihindari, namun kamu bisa mengusahakannya dengan menahan rasa tersebut.

Ketika kamu menggaruknya maka akan terdapat perasaan sedikit lega, tetapi ketika sudah tak lagi gatal, maka bekasan tersebut lebih susah hilang nantinya. Apalagi jika bekas tersebut ada di kulit anak-anak. 

Sehingga hindari garukan akibat gatal, karena dapat membuat kulit terluka dan mengundang infeksi. Jika kamu menggaruk, terlebih secara kasar, luka ini bisa membekas lebih lama dan mengakibatkan sulit hilang. Sehingga pada saat sedang gatal-gatalnya, kamu dapat menggunakan minyak tawon di kulit kamu atau anak untuk meredakan rasa gatalnya.

Rajin Mandi

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk berikutnya dengan mandi. Pasalnya, penyebab alergi kecil oleh gigitan nyamuk adalah senyawa, sehingga mandi menjadi salah satu cara untuk menghilangkannya. Senyawa tersebut akan terbilas oleh air.

Usahakan untuk mandi menggunakan air dingin untuk  mengurangi rasa gatal selama mandi. Disarankan kamu mandi menggunakan sabun yang memiliki kandungan anti bakteri di dalamnya.

Gunakan Bahan Alami

Sebagai cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada kulit kamu ataupun anak-anak, bahan alami pun dapat menjadi jalan pertolongan. Lantas apa sajakah bahan alami tersebut?

1. Lidah Buaya

Lidah buaya yang memiliki tekstur gel di dalamnya, rupanya dapat membantu menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada kulit dewasa maupun anak-anak.

Lidah buaya ternyata mengandung senyawa bernama aloin yang memiliki khasiat alami di dalamnya. Khasiat tersebut berfungsi untuk meredakan hiperpigmentasi pasca-inflamasi seperti noda hitam bekas gigitan nyamuk.

Sehingga, pemakaian lidah buaya pun dianjurkan sebagai upaya cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk menggunakan bahan alami. Sebelum tidur, pastikan kamu mengoles gel lidah buaya tersebut di bagian gigitan nyamuk. Gigitan nyamuk yang terasa gatal pun dapat reda juga berkat lidah buaya.

Penggunaan lidah buaya secara konsisten dapat membantu menghilangkan bekas gigitan nyamuk secara cepat. Dan agar hasilnya lebih efektif, lidah buaya yang digunakan harus murni tanpa campuran apapun.

2. Oatmeal

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk menggunakan bahan alami adalah dengan oatmeal. Ya, terasa aneh bukan, oatmeal yang biasanya digunakan sebagai makanan sarapan rupanya dapat menjadi bahan alami yang mempercepat proses menghilangkan bekas gigitan nyamuk.

Oatmeal dapat meredakan gatal beserta bengkak yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk pada kulit, kaena mengandung senyawa khusus yang memiliki kualitas anti iritasi.

Cara pemakaiannya pun mudah, yaitu campurkan oatmeal dengan air dalam jumlah komposisi yang pas sehingga ketika diaduk menjadi padat. Ketika tekstur sudah menjadi padat, maka oatmeal siap ditaro pada bagian kulit yang digigit nyamuk. Setelah pengolesan selesai, diamkan selama 10 sampai 15 menit, lalu bilas.

3. Madu

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada anak berikutnya ialah menggunakan bahan alami madu. Madu yang memiliki zat manis di dalamnya menjadi bahan alami umum yang digunakan untuk pengobatan. Pasalnya, madu memiliki banyak sifat antibakteri dan anti inflamasi.

Madu sendiri telah digunakan selama ratusan tahun sebagai pengobatan untuk penyakit seperti sakit tenggorokan hingga benjolan dan memar. Madu pun dapat dikonsumsi luar dan dalam. Sehingga setetes kecil pada gigitan gatal dapat mengurangi peradangan.

4. Chamomile

Bahan alami berikutnya yang pas untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk adalah chamomile. Tidak hanya nikmat dan menenangkan, rupanya chamomile bisa digunakan untuk hal tersebut.

Chamomile sendiri merupakan bunga turunan daisy yang merupakan obat alami umum untuk banyak penyakit. Saat dioleskan ke kulit, chamomile bisa mengurangi peradangan, meredakan iritasi kulit, dan mempercepat penyembuhan.

Jika kamu ingin menggunakan chamomile, maka kamu dapat membeli teh chamomile. Di mana kantong teh chamomile itulah yang berfungsi untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk tersebut.

Cara menggunakannya pun gampang, kamu hanya perlu merendam kantong teh chamomile. Kemudian peras hingga menghasilkan air. Perasan tersebut itulah yang akan di oleskan pada bekas gigitan nyamuk. Setelah dioleskan, kamu dapat mendiamkannya selama 10 menit.

Kemudian kamu dapat membersihkan sisa perasan tersebut ketika sudah selesai nantinya.

Gunakan Salep

Jika bahan alami tak kunjung membuat bekas gigitan nyamuk hilang, maka penggunaan salep pun dapat disarankan penggunaannya. Untuk penggunaan salep, kamu bisa menggunakan losion calamine. Kandungan calamine dan zinc oksida di dalam losion ini biasa digunakan dalam pengobatan iritasi kulit, seperti gigitan nyamuk.

Losion anti gatal menimbulkan sensasi dingin pada kulit sehingga dapat meredakan rasa gatal yang tidak nyaman. Selain losion calamine, kamu dapat menggunakan salep hidrokortison yang dijual bebas di apotek.

Namun, jangan mengoleskan salep ini pada kulit sensitif atau luka terbuka karena obat steroid ini tidak seharusnya masuk ke dalam tubuh. Kamu pun juga harus memperhatikan petunjuk penggunaan obat yang tertera pada kemasan sebelum menggunakannya pada kulit.

Bahkan jika kamu ingin menggunakannya untuk anak-anak, alangkah lebih baiknya jika kamu konsultasikan hal tersebut pada ahlinya sebelum membeli agar terhindar dari efek negatif.

Mengompres Dengan Es

Mengompres bekas gigitan nyamuk dengan es dapat menjadi salah satu jalan ninja untuk meredakan gatalnya serta menghilangkannya. Sensasi dingin yang ditawarkan pun membantu hal tersebut.

Bahkan, jika setelah kamu berkonsultasi dengan ahlinya bahwa penggunaan salep belum tepat, mungkin mengompres dengan es dapat sedikit membantu. Kamu mungkin bisa mencoba untuk mengompres kulit si kecil dengan es batu yang ditaruh dalam kain atau handuk tipis.

Efek dingin ini membantu bentol lebih cepat kempes sehingga bekas gigitan nyamuk pun perlahan memudar. Namun pastikan kamu menghindari untuk menempelkan es batu pada kulit secara langsung ya. Hal tersebut untuk mencegah terjadinya iritasi tambahan. Metode ini pun dapat dilakukan selama 5 sampai 10 menit saja. Jangan lebih, karena kulit si kecil masih sangat sensitif.

Berita Terkait :

Saksikan Juga