img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya HidupManfaat Madu untuk kesehatan tubuh, baik kecantikan wajah dan mengobati berbagai jenis penyakit lainnya. Madu merupakan produk lebah yang penggunaannya paling populer karena mudah untuk didapatkan. Madu mengandung vitamin, mineral dan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga baik untuk kesehatan.

Mari kita ungkap manfaat kesehatan dari salah satu pemanis paling tua di dunia, madu. Lebah biasanya menelan, mencerna dan menghasilkan nektar untuk membuat madu. Nektar ini mengandung hampir 600 senyawa.

Siapa yang tak kenal dengan madu? Semua orang sudah pasti tahu bahwa madu mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Biasanya banyak orang memanfaatkan madu untuk kesehatan dan kecantikan, baik itu dengan cara dikonsumsi maupun dioleskan pada kulit. Seperti yang kita ketahui bahwa madu bisa dikonsumsi dengan cara langsung ataupun dicampur dengan makanan dan minuman. Selain itu, madu juga dapat digunakan sebagai pengganti gula, karena madu mempunyai rasa yang manis alami tanpa harus diolah

Ternyata banyak sekali manfaat madu. Bukan hanya sekadar bisa diminum, tetapi madu juga bisa menjadi obat alami yang bisa membuat kita tetap sehat dan cantik.

Selain itu madu juga dapat digunakan sebagai pengganti gula karena madu mempunyai rasa yang manis secara alami tanpa harus diolah jadi untuk membuat makanan atau minuman tidak perlu memerlukan gula cukup dengan menambahkan madu di makanan tersebut.

Madu juga dipercaya sebagai obat penyakit kulit, mulai dari jerawat, kulit kering, bruntusan, dan lain sebagainya.
Madu merupakan salah satu bahan yang bisa digunakan untuk perawatan kulit dan cocok untuk semua jenis kulit. Penggunaan secara teratur dapat memberikan manfaat luar biasa bagi kulit dan rambut.

Madu selain dapat memberikan cahaya pada kulit, juga memiliki kemampuan mengobati berbagai masalah kulit seperti keriput, garis-garis halus, jerawat dan bekas jerawat. madu juga dapat menenangkan kulit yang teriritasi dan membuka pori-pori tersumbat.

Lantas apa saja sih manfaat madu yang belum banyak diketahui orang banyak, yuk simak artikelnya berikut ini!

Meningkatkan Imun & Atasi Covid-19

Pinterest
Foto : Pinterest

Sifat antioksidan dan antibakteri dalam madu dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan dan kekebalan tubuh. Dalam secangkir air hangat, tambahkan sesendok madu dan perasan setengah lemon. Konsumsi sebelum sarapan untuk mendapatkan manfaatnya.

Untuk mendapatkan kualitas madu terbaik, salah satunya bisa didapatkan dari budidaya ternak lebah trigona. Diketahui, budidaya lebah trigona bisa menjadi suplemen kesehatan, yang sangat bermanfaat untuk menjaga imunitas, sebagai 'benteng pertahanan' melawan COVID-19.

Hasil penelitian menunjukkan madu mentah dapat membunuh bakteri dan jamur yang tidak diinginkan. Madu secara alami mengandung hidrogen peroksida dan antiseptik.

Obat Batuk Pilek

Freepik
Foto : Freepik

Madu dapat meredakan batuk hingga 44 persen. Nektar lebah ini 36 persen lebih efektif dalam mengurangi frekuensi batuk dibandingkan obat lain. Para ilmuwan menemukan bahwa madu dapat memperpendek masa pemulihan infeksi saluran pernapasan bagian atas. Peneliti Oxford, meninjau 14 studi yang melibatkan 1761 peserta

Madu dapat mempersingkat gejala hingga dua hari. Tapi jangan lupa, madu adalah zat yang kompleks dan memiliki banyak jenis yang berbeda. Setiap jenisnya memberikan efek yang berbeda. Madu adalah obat awam yang sering digunakan dan dikenal banyak oleh pasien. Madu juga murah, mudah didapat, dan memiliki efek samping yang terbatas.

Madu telah ditemukan mengencerkan lendir yang menghalangi saluran pernapasan dan menyebabkan infeksi saluran pernapasan bagian atas. Dengan cara yang sama, jahe dan minum saat hangat.

Oleh karena itu, campuran yang menggabungkan madu dan jahe memberikan pengobatan alami yang efektif untuk gejala batuk dan pilek. Anda bisa menambahkan satu sendok makan madu ke dalam 1 gelas air jahe, dan minum saat hangat.

Mengobati Asam Urat

Pinterest/Stylecraze
Foto : Pinterest/Stylecraze

Dalam sebagian penyakit, madu merupakan salah satu obat atau pereda dari suatu penyakit. Terutama penyakit asam urat yang sedang Anda derita. Semua orang, salah satunya yang sudah menginjak usia cukup tua pasti sudah sering mengalami penyakit semacam ini. Sebab, penyakit ini pada umumnya sering dirasakan oleh orang-orang yang telah berumur

Asam urat merupakan suatu kondisi penyakit yang sangat menganggu. Dalam sebagian kasus asam urat, gejala untamanya sering muncul rasa yang tak tertahankan, adanya pembengkakan dan peradangan di salah satu organ tubuh seperti kaki serta rasa panas di bagian persendian.

Mengatasi Penyakit Liver

madu juga mampu melindungi dan memberikan kesehatan pada liver atau hati kita loh. Penyakit liver merupakan salah satu penyakit yang berat, bila dibiarkan maka jalan satu-satunya penyembuhan adalah dengan transplantasi hati.

Sebelum hal tersebut terjadi, kalian bisa kok mencegah dan melindungi hati dari kerusakan. Kalian bisa mengonsumsi madu setiap hari untuk memberikan kesehatan tersebut. Hal itu karena glukosa yang diproduksi akan memicu lepasnya hormon untuk membakar lemak, sehingga hal ini sangat baik untuk fungsi hati pada malam hari.

Melembabkan Kulit Wajah

Freepik/benzoix
Foto : Freepik/benzoix

Sebagai perempuan, Grameds tentu pernah merasakan kulit wajah yang tiba-tiba menjadi kering. Kondisi kulit kering kerap terjadi karena kulit kamu kehilangan minyak alami yang berfungsi melembapkan kulit.

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan, madu juga berkhasiat untuk kecantikan atau wajah. Madu kerap dijadikan salah satu bahan dasar yang digunakan pada produk perawatan kulit.

Madu memiliki manfaat yang baik untuk wajah, yakni melembapkan kulit. Jika Grameds saat ini merasa kulit wajah terlalu kering, gunakan madu untuk melembapkannya.

Mengatasi Kanker

pinterest.com
Foto : pinterest.com

Begitu banyak manfaat madu yang bisa kalian ambil untuk kesehatan tubuh, salah satunya yaitu pencegah kanker. Penyakit kanker memang masih menjadi penyakit yang sangat berbahaya untuk tubuh, dan sangat sulit untuk disembuhkan.

Itulah mengapa mencegah agar kanker tidak tubuh di dalam tubuh adalah hal yang terbaik. Dan cara tersebut dapat dengan mengonsumsi madu secara rutin. Madu memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat menangkal pertumbuhan sel-sel jahat dalam tubuh, termasuk kanker.

Membuat Rambut Berkilau

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Rambut yang sehat akan berwarna cerah dan memancarkan kilau yang alami, namun bagaimana jika kondisi rambut Anda sebaliknya, tampak kusam dan tidak berkilau.

Bisa jadi masalah rambut yang tengah Anda alami disebabkan karena kurangnya asupan protein pada kulit kepala dan rambut, untuk mengembalikan kecerahan dan kilau alami rambut gunakan madu alami dengan cara menyiramkan campuran air madu hangat pada rambut Anda yang telah selesai dikeramas.

Mencegah Diabetes

www.freepik.com/rawpixel.com
Foto : www.freepik.com/rawpixel.com

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang sulit untuk disembuhkan, maka dari itu mencegah timbulnya diabetes adalah salah satu hal utama agar tubuh tetap sehat.

Dan mengganti madu dengan gula putih adalah salah satu cara terbaik. Madu memiliki rasa manis yang alami, dengan mengonsumsi madu kalian tidak akan menambah kadar gula dalam darah. Selain itu madu juga sangat aman dikonsumsi penderita diabetes, dalam takaran yang tepat.

Mengobati Bibir Kering

everydayhealth.com
Foto : everydayhealth.com

Bagi Anda yang memilki masalah pada kesehatan bibir, misalnya bibir seringkali pecah-pecah dan kering, maka oleskan saja sedikit madu, minyak zaitun serta cocoa butter pada permukaan bibir, biarkan selama beberapa menit hingga kandungan dalam ramuan campuran madu benar-benar meresap sempurna pada kulit bibir dan bibir Anda pun menjadi lebih sehat.

Mengatasi Jerawat

Pinterest
Foto : Pinterest

Menghilangkan jerawat yang meradang dengan menggunakan olesan madu pada permukaan wajah, sudah tidak asing lagi didengar, karena manfaat madu ini sudah cukup populer dan banyak orang yang sudah mencobanya.

Kandungan alami yang ada didalam madu, dinilai mampu mengatasi jerawat pada wajah bahkan olesan madu juga dipercayai bisa menghilangkan bekas luka yang biasa timbul setelah jerawat menghilang.

Topik Terkait