X

IntipSeleb – Manfaat buah srikaya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buah yang bisa ditemukan di Asia, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan itu memiliki nama latin Annona squamosal. Di Indonesia, buah yang mirip dengan sirsak ini banyak tumbuh di daerah-daerah tropia yang memiliki ketinggian hingga kurang lebih 800 m dpl, misalnya Cirebon, Pasuruan, Lamongan, hingga Sumbawa. 

Buah srikaya memiliki ciri-ciri bertekstur tebal di bagian luar dan berwarna hijau. Berbeda dengan kulitnya yang tebal, daging buah srikaya justru terasa kenyal dan lembut. Warna daging buah tersebut berwarna putih.

Buah yang memiliki cita rasa manis mirip nanas dan pisang ini bisa langsung dikonsumsi secara langsung maupun dioleh terlebih dahulu. Namun, masyarakat di Indonesia lebih senang mengonsumsi srikaya setelah diolah menjadi produk baru, seperti selai.

Kandungan Gizi

Satu buah srikaya mengandung kurang lebih 60-100 kalori dan beragam nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.
Srikaya memiliki kandungan vitamin dan gizi yang baik untuk tubuh. Sehingga, manfaat buah srikaya akan dapat kita rasakan jika mengonsumsi buah ini dengan porsi yang cukup dan seimbang.

Buah srikaya mengandung vitamin C, vitamin A, serat, asam folat, potasium, magnesium, hingga mineral. Selain itu, srikaya juga mengandung senyawa polifenol dan zat bergizi lainnya yang tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Buah yang tumbuh di daerah tropis dan subtropics ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan manusia. Mulai dari ekstrak alami dari buah, daun hingga kulitnya dapat digunakan untuk keperluan industri makanan hingga kepentingan pengobatan herbal.Namun tentu saja setelah melewati proses yang aman dan juga teruji oleh ahli.

Berbagai macam kandungan manfaat buah srikaya tersebut tentunya dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Simak artikel berikut ini yang akan membahas 14 manfaat buah srikaya untuk kesehatan tubuh:

1. Kesehatan Mata

Salah satu manfaat buah srikaya ialah menjaga kesehatan mata. Buah srikaya mengandung antioksidan atau yang juga dikenal sebagai lutein yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.
Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung lutein, dapat mencegah gangguan mata seperti mana minus (kehilangan penglihatan) hingga katarak.

2. Kesehatan Kulit dan Rambut

Manfaat buah srikaya lainnya adalah  menjaga kesehatan rambut dan kulit. Buah srikaya mengandung antioksidan yang berguna untuk memulihkan jaringan kulit, melembutkan kulit, serta mencerahkan kulit. Buah srikaya juga bermanfaat untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh akibat polusi dan dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Selain itu, manfaat buah srikaya lainnya ialah menjaga kesehatan rambut. Buah srikaya mengandung vitamin C dan protein yang dapat menjadi solusi untuk rambut rontok maupun ketombe. t

3. Membantu Melancarkan Pencernaan

Manfaat buah srikaya juga untuk melancarkan pencernaan. Tubuh manusia memerlukan serat, dan kebutuhan serat manusia dapat dipenuhi dengan mengonsumsi buah srikaya. Kandungan serat ini berguna untuk membantu perpindahan kotoran dari usus.

Selain itu, serat juga dapat mendukung bertumbuhan bakteri baik di dalam usus guna pencernaan menjadi lancer.

4. Mengurangi Risiko Diabetes

Serat dalam buah srikaya juga bermanfaat untuk memperlambat pelepasan insulin dalam tubuh sebagai respon apabila terdapat kadar gula berlebih dalam tubuh sehingga dapat menyeimbangkan kadar glukosa dan insulin dalam tubuh. Manfaat buah srikaya ini cocok untuk para pasien penderita diabetes.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Buah srikaya mengandung vitamin B6 yang berguna untuk mencegah penumpukan homocysteine sehingga efektif untuk mengurangi resiko penyakit jantung.

Selain itu, manfaat buah srikaya juga selain mengandung vitamin B6, namun juga mengandung magnesium yang berguna untuk mencegah kram sehingga dapat mengurangi risiko terkena stroke.

Tak hanya itu saja, penyakit kardiovaskuler lainnya adalah mencegah hipertensi atau darah tinggi. Hal ini karena buah srikaya mengandung kalium, magnesium, antioksidan dan juga serat.

6. Melangsingkan Tubuh

Memiliki kandungan serat, buah srikaya cocok untuk para perempuan yang sedang atau memiliki niat untuk diet. Pasalnya, jika mengonsumsi buah yang berwarna putih ini dapat memberikan rasa kenyang bagi tubuh. Sehingga buah srikaya sangat direkomendasikan untuk para perempuan yang hendak diet sebagai camilan atau makanan penutup seusai berolahraga.

7. Mengobati Anemia

Buah srikaya berfungsi untuk mengobati penyakit darah rendah atau anemia. Kandungan zat besi dalalm buah srikaya menjadi salah satu unsur penting haemoglobin dalam tubuh. 

8. Membantu Menyeimbangkan Tekanan Darah

Buah srikaya mengandung nutrisi potasium dan juga magnesium. Kedua nutrisi ini berguna untuk mengantur tekanan darah dalam tubuh. Kandungan potasium dan magnesium ini juga berguna untuk meningkatkan pelebaran pembuluh darah sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah di dalam tubuh.

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Di masa pandemi Covid-19, penting bagi kita untuk meningkatkan imun atau sistem kekebalan tubuh. Buah srikaya bisa menjadi salah satu buah yang dikonsumsi di masa pandemi Covid-19 ini. Buah srikaya mengandung antioksiden polifenol dan juga vitamin C yang bagus untuk menghancurkan radikal bebas dalam rubuh serta memperkuat kekebalan tubuh.

10. Mencegah Kanker

Kanker masih menjadi penyakit yang cukup dihindari karena dinilai berbahaya untuk kesehatan. Namun manfaat buah srikaya mampu mencegah penyakit berbahaya ini.

Buah srikaya mengandung flavonoid yang berfungsi untuk mencegah menculnya sel-sel kanker dalam tubuh.

11. Meningkatkan Kesehatan Otak

Manfaat buah srikaya lainnya adalah dapat membantu meningkatkan kesehatan otak. Buah srikaya mengandung vitamin B kompleks yang berguna untuk mengatur mood atau emosi di dalam otak serta mengurangi stress dan juga depresi.

12. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol merupakan musuh utama kesehatan manusia di usia tua. Biasanya kolesterol ini ada di dalam kandungan produk hewani seperti daging maupun susu. Penyakit kolesterol ini terjadi akibat penumpukan minyak jahat di dalam tubuh.

Di dalam buah srikaya terkandung Niasin yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol di dalam tubuh. Selain itu, niasin ini juga berfungsi untuk meningkatkan kadar kolesterol baik yang melapisi arteri dan lapisan halus, hal ini juga mampu untuk memperlancar jantung dalam memompa darah dan oksigen ke seluruh tubuh.

13. Mencegah Risiko Keguguran

Buah srikaya nyatanya aman untuk dikonsumsi oleh Ibu hamil, justru manfaat buah srikaya ini dapat mencegah timbulnya risiko keguguran. Kandungan asam folat dalam buah srikaya dapat mencegah risiko keguguran. Selain itu, asam folat juga berfungsi untuk tumbuh kembang janin dan mencegah terjadinya cacat pada janin.
Selain itu, manfaat buah srikaya juga dapat mengurangi kemungkinan bayi lahir premature.

14. Mengatasi Diare

Buah srikaya memiliki kandungan fitokimia seperti terpene, senyawa fenolik, dan flavonoid yang bagus dikonsumsi ketika sedang mengalami masalah diare. Selain diare, srikaya juga mampu mengatasi disentri atau radang usus, yakni kondisi ketika diare disertai darah yang biasanya disebabkan oleh bakteri shigella atau amuba.

Demikian adalah manfaat buah srikaya bagi kesehatan. Buah yang masih kurang peminatnya itu ternyata memiliki segudang manfaat untuk mencegah berbagai macam penyakit serta meningkatkan kesehatan tubuh.

Kendati demikian, mengonsumsi dalam jumlah banyak dan berlebihan tentunya tidak akan bagus untuk tubuh. Walau memiliki banyak manfaat untuk tubuh, namun perlu waspada juga untuk menghindari mengonsumsi biji dan kulit buah srikaya, karena dalam biji dan kulit buah tersebut terdapat senyawa racun tinggi yang disebut annonain.

Berita Terkait :

Saksikan Juga