X

IntipSeleb – Manfaat minyak zaitun memberi nutrisi lebih untuk kulit dan bisa mengatasi berbagai keluhan baik jerawat ataupun wajah kusam hingga pada kerusakan rambut. Minyak zaitun bukan 'bintang' baru dalam kecantikan dan kesehatan. Sejak zaman Romawi Kuno, minyak zaitun sudah digunakan untuk obat-obatan, bahan masakan, sabun, bahan bakar lampu kuno, hingga kosmetik.

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan banyak sekali dan luar biasa. Minyak zaitun ini diperoleh dari hasil penggilingan zaitun, dan minyak ini berasal dari tanaman asli Mediterania.

Minyak zaitun adalah minyak yang dihasilkan dari penggilingan tanaman zaitun. Minyak yang berasal dari tanaman Mediterania ini sangat bagus untuk berbagai kesehatan tubuh, seperti menjaga kesehatan wajah, menjaga kesehatan untuk rambut rupanya sangat banyak loh teman-teman IntipSeleb. Kebanyakan, orang-orang masih mengenali minyak zaitun sebagai bahan masakan yang umum. Tetapi dalam seiring perkembangan zaman, utamanya beberapa tahun terakhir, bahan pokok dapur ini menjadi populer dalam perawatan rambut dan kulit.

Pasalnya, minyak zaitun atau dikenal sebagai olive oil ini, merupakan minyak alami yang diekstraksi dari buah zaitun. Berdasarkan proses ekstraksi yang dilalui, minyak zaitun terbagi menjadi tiga varian, yaitu extra virgin, virgin, dan refined (light).

Minyak zaitun merupakan salah satu minyak goreng paling ringan. Namun, selain untuk pemasakan, rupanya minyak zaitun merupakan minyak yang berkhasiat dan membuatnya memiliki banyak manfaat. Salah satunya, manfaat minyak zaitun untuk rambut yang akan menambah keindahan pertumbuhan helaian-helaian.

Bagi para wanita memiliki kulit wajah yang bersih adalah suatu keharusan. Serta memiliki rambut tebal dan sehat merupakan impian semua wanita. Hal tersebut karena, kecantikan bisa membuat wanita jadi jauh lebih percaya diri. Sayangnya, terkadang keinginan kita tidak selalu terpenuhi, ada saja permasalahan yang muncul di kulit wajah.

Kira-kira apa saja sih manfaat dari minyak zaitun untuk kecantikan wajah kita, langsung saja yuk simak ceritanya berikut ini chek it out!

Mengatasi Jerawat 

Kandungan antioksidan, anti bakteri, dan anti inflamasi ysng sifatnya non comedogenic, bikin jerawat hilang dari wajah. Dan jangan khawatir, minyak zaitun ternyata tidak menyebabkan atau menimbulkan komedo. Bahkan sebaliknya, sifatnya menutupi pori-pori kulit wajah kita. Dan mencegah timbulnya jerawat dan menyembuhkan bekas bekas jerawat.

Jadi lakukan perawatan dengan minyak zaitun setiap malam, dioleskan dibiarkan sampai pagi. Kandungan polifenol yang tinggi, selain sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan wajah, juga dapat memutihkannya.

Jerawat yang timbul di wajah, diolesi minyak zaitun asli secara rutin sebelum tidur pasti akan cepat mengering dan kempes dengan sendirinya.

Bikin Rambut Berkilau

Manfaat minyak zaitun untuk rambut pertama ialah membuatnya terlihat lebih berkilau. Minyak zaitun sebagai bahan alami ini dapat menghasilkan kilauan pada rambut. Pasalnya, kandungan vitamin A dan antioksidan pada minyak zaitun berperan melindungi keratin rambut dan menjaga kelembapannya.

Sehingga, minyak zaitun pun berkhasiat untuk mengurangi penumpukan sebum (minyak alami) yang menghambat pertumbuhan folikel dan rambut. Hal ini yang membuat rambut menjadi lebih berkilau karena pertumbuhan rambut baru. Tak hanya itu, kandungan asam oleat, asam palmitat, dan squalen pada minyak zaitun juga berguna untuk membuat helaian lebih sehat dan lembut.

Mencegah Rambut Bercabang 

Manfaat minyak zaitun untuk rambut berikutnya kembali pada sifat dari minyak rambut itu sendiri yaitu pelembab. Sehingga, dengan pelembab dari minyak zaitun, dapat membantu memperkuat rambut dan meningkatkan elastisitasnya serta membantu mencegah kerusakan atau ujung bercabang. 

Meskipun minyak zaitun dapat membantu melembutkan rambut dan menjaganya tetap sehat, cara terbaik untuk mengatasi rambut bercabang adalah dengan memotong rambut secara teratur untuk menghilangkan kerusakan. 

Merangsang Pertumbuhan Rambut 

Manfaat minyak zaitun untuk rambut selanjutnya ialah untuk merangsang pertumbuhan helai lebih cepat. Minyak zaitun mengandung vitamin E yang dapat membantu menghaluskan rambut dan mengurangi keriting sehingga membuat rambut tampak tumbuh.

Vitamin E pun juga memiliki efek antioksidan yang dapat mendukung kulit kepala yang sehat serta meningkatkan pertumbuhan rambut, walaupun penelitian lebih lanjut diperlukan.

Menjaga Kelembaban Wajah 

Menjaga kesehatan, kelembaban dan mengencangkan kulit wajah
Kandungan zat aktif di dalamnya zaitun, dapat menjaga kadar air di dalam kulit wajah kita. Menjadikannya lebih lembab lagi dan juga mencegah penuaan dini.

Jadi minyak zaitun sebagai anti aging, yang akan mengencangkan kulit wajah. Karena dapat menjaga kadar air di dalam kulit dan juga mengandung antioksidan yang disebut dengan polifenol. Jadi mencegah kerusakan di kulit wajah, sehingga bisa mengencangkan kulit wajah secara alami dan natural.

Cara pakainya, Langsung dioleskan setiap malam atau bisa juga sebagai masker teman-teman. Caranya, satu sendok makan minyak zaitun dicampur dengan satu sendok makan madu, lalu dioleskan dan kemudian dibiarkan 15 menit. Kemudian dibilas. Lalukan itu seminggu dua kali, dan lihat hasilnya pasti bikin super glowing dan kencang.

Mengecilkan Pori-Pori 

Kandungan nutrisi yang sangat tinggi, dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah kita. Fungsinya juga sebagai moisturizer alami, yang mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Sehingga menutrisi, melembabkan, dan menghaluskan kulit wajah kita.

minyak zaitun juga punya banyak manfaat untuk kecantikan. Tingginya senyawa polifenol dan zat anti-oksidan di dalam minyak zaitun bisa membantu kamu mengecilkan pori-pori wajah agar tidak mudah tersumbat debu, kuman, dan kotoran.

Penggunaannya pun sangat mudah. Cukup tuangkan 1 – 2 sdm minyak zaitun ke dalam wadah, lalu oleskan secara merata ke seluruh permukaan kulit wajah. Diamkan selama sekitar 15 menit dan bilas hingga bersih.

Mencegah Penuaan 

Untuk kulit wajah, misalnya, selain sebagai pelembap, minyak zaitun bisa menjadi alternatif utama pembersih makeup. Tanpa bahan kimia yang berbahaya untuk kesehatan kulit, minyak zaitun menjadi pilihan tepat, terutama untuk pemilik kulit sensitif.

Selain membersihkan minyak jauh ke dalam pori-pori, antioksidan di dalam minyak zaitun juga dapat memperlambat pembentukan kerut halus.

Gunakan minyak zaitun sebagai bagian dari gaya hidup sehat Anda. Minyak esensial ini juga mengandung banyak vitamin A, vitamin E, dan zat yang disebut Squalane, yang berguna untuk memelihara kulit tetap awet muda. 

Penggunaan minyak zaitun bisa digunakan masker atau di minum langsung, sesuai dengan minyak yang herbal dan ori pastinya.

Berbagai vitamin yang ada di minyak zaitun dapat mengurangi stres oksidatif pada kulit, yang menjadi salah satu penyebab penuaan dini pada kulit.

Atasi Bruntusan 

minyak zaitun juga dipercaya mampu mengatasi masalah bruntusan dan jerawat meradang.

Pemakaian minyak zaitun asli dengan rutin akan membuat kulit wajah kembali halus normal dan terhindar bruntusan.

Minyak zaitun telah lama dimanfaatkan untuk perawatan kulit. Minyak zaitun mengandung berbagai macam nutrisi seperti kalsium, kalium, vitamin E, vitamin K, antioksidan dan lain-lain. Jika Anda mengalami masalah kulit seperti bruntusan, minyak zaitun dipercaya bisa mengatasi bruntusan tersebut. (bbi)

Berita Terkait :

Saksikan Juga