img_title
Foto : Pexels/wildan zainul

IntipSeleb Gaya HidupCara menghilangkan cegukan ampuh tanpa air minum dapat mengurangi rasa sesak kamu. Pasalnya, hampir setiap orang pernah mengalami cegukan, meskipun cegukan biasanya hilang dengan sendirinya dalam beberapa menit. Bahkan, cegukan sendiri dapat mengganggu aktifitas seperti saat makan dan berbicara.

Cara menghilangkan cegukan paling praktis yang kamu ketahui sejauh ini mungkin dengan meminum air putih. Namun bagaimana bila kamu dalam kondisi ingin mengetahui cara menghilangkan cegukan tanpa ada air putih di dekat mu? Tentunya hal tersebut sangat menyesakan.

Cegukan memberikan rasa sakit jika berkali-kali karena rasanya seperti sesak. Cara menghilangkan cegukan pun ingin segera kamu lakukan. Sebelum kamu mengetahui cara menghilangkan cegukan, kira-kira kondisi apa sih yang menyebabkan kamu dapat cegukan?

Penyebab Cegukan

freepik.com
Foto : freepik.com

Melansir pada Healthline, cegukan terjadi ketika diafragma kamu mengalami kejang tanpa sadar. Diafragma kamu adalah otot besar yang menjadi alat bantu untuk bernapas masuk dan keluar. Ketika kejang, kamu menarik napas tiba-tiba dan pita suara menutup sehingga menyebabkan suara khas.

Dalam kebanyakan kasus, kondisi cegukan datang dan pergi dengan cepat. Faktor gaya hidup yang dapat menyebabkan cegukan meliputi:

- Makan terlalu banyak atau terlalu cepat
- Minuman berkarbonasi
- Makanan pedas
- Minum alkohol
- Mengelami setres
- Semangat secara emosional
- Terkena perubahan suhu yang cepat.

Lantas ketika kamu sedang mengalaminya, cara menghilangkan cegukan seperti apa yang harus kamu lakukan? Penasaran? Jangan khawatir. IntipSeleb akan merangkum cara menghilangkan cegukan yang ampuh tanpa minum air putih, jika kondisimu sudah terdesak tak ada lagi hal tersebut di dekatmu.

Namun sebelumnya, jika kamu sudah melakukan berbagai cara menghilangkan cegukan yang sudah terjadi lebih dari 48 jam, ada baiknya jika kamu mengunjungi dokter terdekat. Sehingga tips cara menghilangkan cegukan ini untuk serangan secara singkat. Yuk langsung aja simak artikel cara menghilangkan cegukan di bawah. Check it out!

Cara Menghilangkan Cegukan dengan Teknik Mendasar

freepik.com
Foto : freepik.com

1. Latih pernapasan terukur. Ganggu sistem pernapasan kamu dengan pernapasan yang lambat dan terukur. Tarik napas selama lima hitungan dan keluarkan selama lima hitungan.

2. Tahan napas kamu. Tarik napas dalam-dalam dan tahan selama sekitar 10 hingga 20 detik, lalu hembuskan perlahan. Ulangi seperlunya.

3. Bernapaslah ke dalam kantong kertas. Tempatkan kantong makan siang kertas di atas mulut dan hidung kamu. Perlahan-lahan bernapas masuk dan keluar, mengempis serta menggembungkannya. Jangan pernah menggunakan kantong plastik.

4. Peluk lutut kamu. Duduklah di tempat yang nyaman. Bawa lutut ke dada dan tahan di sana selama dua menit.

5. Kompres dada kamu. Bersandar atau membungkuk ke depan untuk menekan dada kamu, yang memberi tekanan pada diafragma kamu.

6. Gunakan manuver Valsava. Untuk kamu yang asing dengan metode manuver ini, cobalah untuk menghembuskan napas sambil mencubit hidung dan menutup mulut.

7. Tarik lidah kamu. Menarik lidah dapat merangsang saraf dan otot di tenggorokan. Pegang ujung lidah dan tarik perlahan ke depan sekali atau dua kali.

8. Tekan diafragma kamu. Diafragma memisahkan perut dari paru-paru. Gunakan tangan untuk memberikan tekanan pada area tepat di bawah ujung tulang dada.

9. Tutup hidung ketika berpua-pura memperagakan menelan air.

10. Remas telapak tangan kamu. Gunakan ibu jari untuk memberikan tekanan pada telapak tangan yang lain.

11. Pijat arteri karotis. Kamu memiliki arteri karotis di kedua sisi leher yang membuat kamu dapat merasakan saat memeriksa denyut nadi dengan menyentuh leher. Berbaring, putar kepala ke kiri, dan pijat arteri di sisi kanan dengan gerakan melingkar selama 5 hingga 10 detik.

12. Minum air es. Menyeruput air dingin secara perlahan dapat membantu merangsang saraf vagus.

13. Minum dari sisi gelas yang berlawanan. Angkat gelas di bawah dagu untuk minum dari sisi yang jauh.

14. Perlahan minum segelas air hangat tanpa henti untuk bernafas.

15. Minum air melalui kain atau handuk kertas. Tutupi segelas air dingin dengan kain atau handuk kertas dan teguklah.

16. Mengisap batu es. Hisap es batu selama beberapa menit, lalu telan setelah menyusut ke ukuran yang wajar.

17. Berkumurlah dengan air es. Berkumurlah dengan air es selama 30 detik. Ulangi seperlunya.

18. Makan sesendok madu atau selai kacang. Biarkan sedikit larut di mulut sebelum ditelan.

19. Makanlah sedikit gula. Taruh sejumput gula pasir di lidah dan biarkan selama 5 hingga 10 detik, kemudian telan.

20. Mengisap lemon. Beberapa orang menambahkan sedikit garam ke irisan lemon mereka. Kumur-kumur dengan air untuk melindungi gigi dari asam sitrat.

21. Taruh setetes cuka di lidah.

22. Ketuk atau gosok bagian belakang leher. Menggosok kulit di bagian belakang leher dapat merangsang saraf frenikus.

23. Alihkan perhatian dengan sesuatu yang menarik. Cegukan sering hilang dengan sendirinya ketika kamu berhenti fokus padanya. Mainkan video game, isi teka-teki silang, atau lakukan beberapa perhitungan di kepala.

Cara-cara di atas merupakan tips jika kamu mendapatkan serangan ringan. Lantas, jika kamu harus mengunjungi dokter, cegukan seperti apa bentuknya?

Di jelaskan oleh Health bahwa hal ini jarang terjadi, tetapi terkadang kondisi medis yang serius dapat menyebabkan cegukan. Pasalnya, kemungkinan Itu bisa menjadi masalah dengan sistem saraf pusat atau bahkan tumor.

Jika cegukan kamu tidak hilang dalam dua hari yang merupakan waktu lama untuk dibebani dengan cegukan, maka harus periksa ke dokter terdekat karena obat mungkin bisa menghentikannya.

Untuk kasus cegukan yang sering, dokter mungkin menginginkan kamu untuk menjalani tes. Jika penyebab yang mendasari cegukan kamu ditemukan seperti misalnya memiliki refluks asam, maka dokter akan bekerja sama dengan kamu untuk mengobati kondisi tersebut.

Memang, cegukan bukan hanya masalah kecil karena cegukan dapat benar-benar memengaruhi kualitas hidup saat mengalaminya.

Dalam jurnal Current Oncology Reports, Dr. Boozer berpendapat dengan mengatakan dalam jangka panjang, cegukan dapat menyebabkan gangguan melalui kesulitan makan dan tidur.

Sehingga pendapat ini ingin memastikan bahwa tidak ada yang lebih serius yang terjadi. Penting untuk mendapatkan perhatian medis karena dalam kasus yang jarang terjadi, cegukan berlangsung lama.

Cara Mencegah Cegukan

freepik.com
Foto : freepik.com

Jika kamu sering mengalami cegukan, maka beberapa cara untuk mencegah cegukan kedepannya. Karena, kasus umum cegukan banyak dipicu oleh faktor gaya hidup biasanya dapat dicegah dengan melakukan beberapa perubahan pada kebiasaan kamu loh. Apa sajakah itu?

- Makan dalam jumlah yang lebih kecil per porsi
- Makan lebih lambat
- Hindari makanan pedas
- Kurangi minum alkohol
- Hindari minuman berkarbonasi
- Berlatih teknik relaksasi, seperti pernapasan dalam
- Meditasi untuk mengurangi stres
- Jangan banyak pikiran
- Santai saja dalam menjalani hidup dan menghadapi cegukan tersebut ya.

Itu dia tadi sejumlah cara menghilangkan cegukan. Semoga berhasil!

Topik Terkait