img_title
Foto : Instagram/sophia_latjuba88

IntipSeleb – Artis cantik berdarah Jerman-Indonesia, Sophia Latjuba mengaku bahwa ia sempat tidak naik kelas ketika bersekolah di Indonesia.

Ia juga membeberkan alasan dan nilai yang diperolehnya sehingga menyebabkan ia tinggal kelas. Penasaran dengan kisahnya? Yuk lihat artikelnya berikut ini.

Tidak naik kelas

YouTube/Pita Kuning
Foto : YouTube/Pita Kuning

Sophia Latjuba membeberkan fakta yang cukup mengejutkan terkait masalah pendidikannya. Sedari awal bersekolah di Jerman, ada momen ketika Sophia harus datang ke Indonesia dan belajar di Tanah Air.

Perempuan yang kini berusia 51 tahun itu menyebut bahwa kepindahannya ke Indonesia kala itu karena Ayahnya yang ingin mencoba bekerja di Indonesia. Akan tetapi karena Ayahnya tak memiliki cukup uang untuk menaruh Sophia di sekolah khusus Jerman, maka ia pun harus masuk sekolah lokal.

Sophia pun menyebut bahwa ia sempat tidak naik kelas karena nilai Bahasa Indonesia yang kurang. Pasalnya kala itu Sophia Latjuba sendiri tak bisa Bahasa Indonesia.

"Kalau dulu kan sistemnya itu kalau PMP merah, Bahasa Indonesia merah, agama merah, gak naik. Ini adalah anak yang tidak bisa bahasa Indonesia. Matematika gue berapa? 9 tapi gak bisa Bahasa. Bahasa Indonesia gue 5. Gak dinaikin, lho," kata Sophia Latjuba dikutip dari YouTube Pita Kuning yang tayang pada Kamis, 28 April 2022.

Tak suka berangkat sekolah lagi

instagram/sophia_latjuba88
Foto : instagram/sophia_latjuba88

Karena hal tersebut, Sophia Latjuba menyebut bahwa itu menghancurkan perasaannya. Sebab ia merasa bahwa nilai Matematikanya bagus dan tahun depan ia pasti akan mulai bisa Bahasa Indonesia.

"Itu buat seorang anak, crushing your soul, dong. Apalagi gue perfeksionis, I always want to be the best, it was crushing my soul. Tapi Matematika gue is good and I can learn Bahasa Indonesia, tahun depan aku udah bisa nih. Tapi emang gak bisa," kata Sophia Latjuba.

Semenjak kejadian itu, Sophia Latjuba lantas menyebut bahwa ia tak lagi memiliki semangat untuk pergi ke sekolah lagi. Hal ini lah yang kemudian membuatnya kembali ke Jerman usai berada di Indonesia selama kurang lebih dua tahun.

"Abis itu I didn't like going to school anymore," tutup Sophia Latjuba terkait pendidikannya di Indonesia. (way)

Berita Terkait
Topik Terkait