img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Beberapa destinasi wisata tujuan di berbagai kota, seringkali memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjungnya. Berikut ini merupakan rekomendasi tempat wisata di Semarang yang paling kece dan sudah pasti instagramable.

Semarang bukan hanya terkenal dengan kulinernya yang sangat nikmat, namun banyak tempat wisata yang wajib kalian kunjungi pada saat berlibur bersama orang terkasih ataupun keluarga. Selain terkenal dengan kota lumpia, Semarang juga memiliki sejarah tersendiri dan terdapat sebuah bangunan peninggalan sejarah.

Semarang menjadi salah satu daya tarik kota ini. Semarang memiliki banyak tempat wisata yang tidak ada habisnya, yaitu mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata kuliner, wisata edukasi, dan lain-lain.

Tidak heran jika ibukota Jawa Tengah ini tidak pernah sepi dikunjungi oleh para wisatawan. Tidak peduli siang maupun malam. Apalagi pada akhir pekan dan juga hari libur. Jadi anda harus bersiap-siap dengan keramaian kota ini.

Langsung saja kita Intip tempat-tempat kece di Semarang yang wajib kalian kunjungi demi mendapatkan foto yang bagus dan instagramable, Chek it out!

1. Lawang Sewu

Pinterest
Foto : Pinterest

Lawang Sewu merupakan ikon wisata kota Semarang. Salah satu bangunan cagar budaya yang telah berusia lebih dari seratus tahun ini berada di ujung Jalan Pemuda dan Pandanaran yang di depannya terdapat Tugu Muda, Lawang Sewu menjadi salah satu destinasi wisata yang buka hingga malam.

Disebut Lawang Sewu karena jumlah pintunya banyak sekali. Meski tidak sampai seribu untuk jumlah lubang pintunya, namun jumlah daun pintu yang ada jumlahnya lebih dari seribu. Lawang Sewu juga menjadi salah satu destinasi wisata Semarang yang populer. Lawang Sewu terletak di Komplek Tugu Muda, Jl. Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Bangunan kuno dan megah berlantai dua ini setelah kemerdekaan dipakai sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) atau sekarang PT.Kereta Api Indonesia. Selain itu pernah dipakai sebagai Kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer (Kodam IV/Diponegoro) dan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Perhubungan Jawa Tengah.

2. Kota Lama Semarang

Pinterest
Foto : Pinterest

Jalan-jalan sambil melihat bangunan-bangunan megah dan memiliki arsiektur khas era kolonial ? Bisa tuh ke Semarang aja. Tempat ini sering kali lho dijadikan latar untuk mengambil gambar syuting untuk beberapa film yang sudah di kenal.

kota lama Semarang kamu bisa menikmati dan menelusuri keindahan tempat tersebut paling asyik pada sore hari, karna kamu juga bisa menikmati senja dan sekaligus malam harinya. Bangunan dengan arsitektur kuno yang sangat megah, tentunya hal ini bisa jadikan spot foto yang menarik.

Keindahan bangunan kuno peninggalan masa penjajahan Belanda masih dirawat dan dilestarikan di Kota Lama Semarang. Tempat wisata ini terletak di Jl. Letjen Suprapto No.31, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah.

3. Klenteng Sam Poo Kong

Pinterest
Foto : Pinterest

Terletak di Jl. Simongan No. 129 Bongsari, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jarak klenteng dari pusat Kota Simpang Lima Semarang hanya 4,1 km dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit.

Klenteng Sam Poo Kong didirikan pada tanah seluas luas 3,2 hektar dan memiliki 5 bangunan. Klenteng ini didirikan sebagai penghormatan Laksamana Cheng Ho, yakni seorang penjelajah Tiongkok yang singgah di Semarang dalam perjalanannya menyebarkan perdamaian.

Klenteng Sam Poo Kong menjadi ‘menu wajib’ karena memiliki pesona keindahan yang luar biasa. Daya tarik yang lain, ada festival dan acara religi yang digelar secara rutin di klenteng ini. Tempat wisata ini biasanya dijadikan paket liburan ke Semarang oleh biro perjalanan wisata lokal yang ada disana.

4. Brown Canyon

Pinterest
Foto : Pinterest

Untuk Anda yang ingin menikmati keindahan Brown Canyon, tidak perlu jauh-jauh berkunjung ke Amerika dengan keindahan alam yang mempesona.

Di Kota Semarang, terdapat Brown Canyon yang tak kalah keren. Brown Canyon adalah area perbukitan berupa batuan cadas yang memiliki pesona khas. Keindahan panoramanya yang cantik membuat brown canyon ini menjadi salah satu obyek wisata dan tempat yang terbaik bagi para pecinta fotografi. Tebing – tebing yang menjulang tinggi menjadikan pemandangan yang sangat menarik dan sayang untuk tidak dikunjungi.

Brown Canyon terletak di daerah Rowosari, Meteseh, Tembalang, Semarang. Lokasinya tidak jauh dari lokasi stasiun TVRI Jawa Tengah di Pucang Gading, Mranggen.

Salah satu yang menarik di tempat ini adalah keberadaan kolam. Dengan bentuk tepian yang memanjang, kolam ini menjadi titik yang Dipadati pengunjung. Maklum, di tengah batu dan pasir, keberadaan kolam seakan menjadi penyegar mata. Aktivitas yang tak boleh dilewatkan pengunjung tentu adalah berburu foto. Berfoto di antara batu-batu menjulang besar menjadi latar yang disenangi pengunjung. Titik yang paling digemari adalah di sekitar dua tebing tinggi rata. Dengan sudut yang tepat, pengunjung bisa mendapatkan foto diri berikut kemegahan alam sekitar.

5. Masjid Agung Jawa Tengah

Pinterest
Foto : Pinterest

Kota Semarang memiliki masjid megah dengan perpaduan arsitektur Jawa, Roma, dan Arab. Masjid Agung Jawa Tengah namanya. Motif batik yang merupakan seni tradisional masyarakat Jawa dapat Anda lihat di bagian dasar tiang. Selain itu, seni ukir kaligrafi yang menjadi budaya arsitektur Timur Tengah menghiasi dinding-dinding Masjid Agung Jawa Tengah.

Kemegahan Masjid Agung Jawa Tengah menjadikannya sebagai simbol wisata religi bagi masyarakat Semarang dan Jawa Tengah. Masjid ini mampu menampung sekitar 15.000 jemaah, belum termasuk halaman utama masjid yang mampu menampung sekitar 10.000 jemaah.

Selain itu, keunikan masjid ini adalah dengan adanya payung hidrolik. Pada bagian depan masjid, terdapat enam payung hidrolik raksasa yang dapat terbuka dan tertutup secara otomatis. Ini merupakan adaptasi arsitek bangunan masjid Nabawi.

6. Pagoda Avalokitesvara di Vihara Buddhagaya

Pinterest
Foto : Pinterest

Lebih sering disebut Pagoda Watugong, Pagoda Avalokitesvara di Vihara Buddhagaya ditetapkan Museum Rekor Indonesia sebagai pagoda tertinggi di Indonesia. Pagoda yang memiliki tinggi 45 meter itu dibangun tujuh tingkat.

Menurut sejarah vihara ini merupakan Vihara pertama di Indonesia setelah keruntuhan kerajaan Majapahit. Pada tahun 1955 YM Bhante Narada dan Bhante Ashin meresmikan vihara tersebut. Saat kedatangan YM Narada di Indonesia.

7. Merbabu View & Cafe

Pinterest
Foto : Pinterest

Merbabu View & Café bisa menjadi pilihan jika ingin bersantai sambil menyantap sajian lezat bersama keluarga atau kerabat.

Kafe dengan tema semi-outdoor ini memungkinkan penunjung melihat pemandangan Gunung Merbabu. Tempat ini juga memiliki arsitektur yang unik dan dekorasi yang Instagramable, cocok bagi pengunjung yang ingin berswafoto.

8. Dusun Semilir

Pinterest
Foto : Pinterest

Dusun Semilir adalah tempat wisata di Semarang yang mengusung konsep Eco Park, dengan stupa Candi Borobudur yang menjadi ikonnya.

Lokasinya ada di Jalan Soekarno Hatta Nomor 49, Bawen, Kabupaten Semarang. Tak hanya memiliki banyak spot foto, Dusun Semilir juga memiliki restoran dan penginapan dengan nuansa alam. Dengan desain bangunannya yang unik, wahana disini sangat cocok dijadikan spot foto instagramable bersama keluarga.

Topik Terkait