img_title
Foto : Berbagai sumber

IntipSeleb – Tempat wisata di Solo menyajikan berbagai pengalaman seru selama liburan. Kota Solo merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di pulau Jawa. Tak sedikit pula yang menganggap kota ini sebagai salah satu kota ternyaman untuk ditinggali.

Meski bukan termasuk kota metropolitan, para wisatawan tak akan kesulitan melancong di kota ini karena sudah tersedia fasilitas publik yang lengkap. Kota yang terkenal sebagai pusat batik ini juga terkenal dengan biaya hidupnya yang murah.

Ada beragam jenis destinasi wisata yang akan sangat menarik bagi para pelancong. Mulai dari wisata alam yang masih terjaga keasriannya, wisata sejarah, dan masih banyak lagi. Nah, tanpa perlu berlama-lama, berikut ini deretan tempat wisata di Solo yang sayang untuk dilewatkan.

1. The Heritage Palace

Google Maps/Griya TV Official
Foto : Google Maps/Griya TV Official

Tempat wisata di Solo pertama yang menarik untuk dikunjungi adalah The Heritage Palace. Tempat ini menjadi destinasi yang cocok bagi Anda yang ingin menikmati keindahan bangunan-bangunan bersejarah.

Terletak di Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, The Heritage Palace menawarkan pemandangan berbagai bangunan bersejarah, mobil klasik, museum 3D, hingga Omah Walik. Tak akan sulit menemukan spot foto menarik di destinasi yang satu ini.

The Heritage Palace telah dibuka sejak 9 Juni 2018. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke sini, tampat ini buka setiap hari, lho. Pada Senin-Kamis, jam operasionalnya adalah pukul 10.00-18.00. Sedangkan pada hari Jumat-Minggu, tempat ini dibuka pukul 09.00-21.00. Harga tiketnya pun masih terjangkau, yakn Rp55.000 per orang.

2. Keraton Surakarta Hadiningrat

Google Maps/Warseno
Foto : Google Maps/Warseno

Tempat wisata di Solo yang juga sangat populer di kalangan pengunjung lokal maupun mancanegara adalah Keraton Surakarta Hadiningrat. Di sini, pengunjung dapat lebih mengenal lebih jauh mengenai sejarah dari kota Solo.

Bangunan ini sendiri didirikan pada 1744 dan hingga saat ini masih terus digunakan tidak hanya sebagai tempat wisata, melainkan juga sebagai kediaman dari Sri Sunan.

Keraton Surakarta Hadiningrat terbagi menjadi beberapa bagian yaitu Alun-Alun Lor, Alun-Alun Kidul, sasana Sumewa, Siti Hinggil Lor dan Kidul, Kemandungan Lor dan Kidul, Sri Manganti Lor dan Kidul, Kedaton, dan juga Kamagangan. Setiap bagian mempunyai fungsi yang berbeda.

3. The Lawu Park

Google Maps/Andrieka Budi
Foto : Google Maps/Andrieka Budi

Seperti namanya, tempat wisata di Solo yang satu ini terletak di kaki Gunung Lawu. Destinasi ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai wisata alam ataupun aktivitas fisik di luar ruangan. Karena di dalam The Lawu Park terdapat berbagai kegiatan yang dapat dilakukan seperti mendaki, flying fox, sky walk, hingga forest walk.

Tempat yang terletak di Kabupaten Karanganyar ini tak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah, namun juga berbagai spot foto yang instagram-able. Tersedia pula tempat di mana Anda bisa merasakan sensasi bermain salju menggunakan salju buatan, yakni wahana Snow Jungle.

Fasilitas yang disediakan The Lawu Park juga termasuk lengkap. Pengunjung akan mudah menemukan area parkir, musala, toilet, hingga deretan gazebo yang bisa dimanfaatkan untuk melepas lelah sejenak. Beragam sajian kuliner yang menggugah selera juga tersedia jika tiba-tiba merasakan lapar saat sedang asyik menikmati The Lawu Park.

4. Museum Batik Danar Hadi

Google Maps/Widi Pratiwi
Foto : Google Maps/Widi Pratiwi

Tak lengkap rasanya jika ke Solo tanpa menikmati keindahan batiknya. Sesuai dengan julukan yang dimiliki kota ini yaitu pusat batik, Solo menawarkan banyak tempat untuk menikmati aneka kain dengan corak batik yang khas.

Salah satu destinasi yang cocok untuk melihat-lihat batik khas Solo adalah Museum Batik Danar Hadi. Di dalamnya, Anda akan disambut dengan beragam koleksi batik dengan aneka corak khas Solo maupun corak batik asal daerah lainnya di Indonesia, mulai dari corak klasik hingga kontemporer.

Tidak hanya cocok pagi pecinta batik. Museum Batik Danar Hadi juga sangat pas untuk dijadikan tempat wisata edukasi budaya bagi Anda yang ingin mengenalkan budaya bangsa sejak dini.

5. Kereta Api Jaladra

Ingin jalan-jalan di kota Solo dengan cara yang tak biasa? Menaiki Kereta Api Jaladra bisa menjadi jawaban untuk Anda. Kereta Api Jaladra adalah sebuah kereta uap yang akan membawa wisatawan berkeliling kota Solo dengan rute Stasiun Purwosari, hingga Stasiun Solo Kota.

Selain keretanya yang klasik karena menggunakan tenaga uap, rel kereta yang digunakan pun tak kalah kuno karena masih menggunakan rel peninggalan Belanda. Selama perjalanan, Anda juga akan didampingi oleh pemandu wisata.

Setelah perjalanan menggunakan kereta uap selesai, wisatawan dapat melanjutkan menggunakan bus tingkat Werkudara dan mengunjungi berbagai titik wisata lainnya.

6. Grojongan Sewu Tawangmangu

Nah, kalau tempat yang satu ini sangat pas untuk Anda yang menyukai wisata alam. Jika mengunjungi Grojongan Sewu, Anda akan disambut dengan pemandangan air terjun yang indah dan lengkap dengan tebing penuh tumbuhan hijau yang menyegarkan mata.

Grojongan Sewu berlokasi di Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Letaknya yang masih berada di pusat kota menjadikan destinasi wisata ini mudah untuk dijangkau dengan mobil ataupun motor. Selain itu, tiket masuknya juga bisa dikatakan sangat terjangkau. Hanya dengan Rp18.000 saja Anda sudah bisa menikmati keindahan air terjun di Grojongan Sewu.

7. Pasar Triwindu Solo

Pecinta barang-barang klasik, antik, dan kuno tentu tak ingin melewatkan destinasi wisata ini, yakni Pasar Triwindu Solo. Pasar ini menyediakan beraneka macam barang antik ataupun barang-barang kesenian lainnya.

Anda dapat menemukan beragam jenis benda seni yang tersedia di Pasar Triwindu Solo di antaranya seperti uang kuno, patung antik dari batu dan kayu, senjata kuno, perabot rumah tangga dengan desain klasik, wayang, telepon tua, mesin ketik, cangkir antik, dan masih banyak lagi.

8. Argowisata Lembah Hijau Jaten

Argowisata Lembah Hijau Jaten merupakan destinasi yang cocok untuk wisata edukasi sekaligus wisata alam. Hal itu karena tempat ini menawarkan banyak kegiatan dan aktivitas alam.

Beberapa kegiatan di alam yang bisa dilakukan di Argowisata Lembah Hijau Jaten adalah menanam beragam jenis tumbuhan, memberi pupuk, hingga membuat pupuk organik. Selain itu ada pula kegiatan yang bersinggungan langsung dengan hewan ternak seperti memerah susu sapi.

Setelah puas menikmati kegiatan bercocok tanam dan beternak, Anda dan anak-anak dapat mengisi perut yang lapar dengan beragam sajian kuliner yang tersedia. Pemandangan hijau yang memanjakan mata akan menemani Anda sekeluarga selama menyantap kuliner yang lezat.

9. Tumurun Private Museum

Tempat wisata di Solo yang satu ini sebenarnya masih termasuk destinasi wisata baru. Meski begitu, Tumurun Private Museum sudah cukup populer di kalangan wisatawan. Memang tak mengherankan, karena di museum ini wisatawan akan sangat mudah menemukan berbagai spot foto estetik yang tentunya menjadi favorit kaum muda.

Namun, perlu diketahui jika Anda ingin berkunjung ke museum ini, maka harus memesan tiket terlebih dahulu karena statusnya yang merupakan museum privat. Anda bisa berkunjung ke situs resmi Tumurun Private Museum untuk mendapatkan tiketnya.

Topik Terkait