img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Tips Diet sehat untuk kalian yang selama ini masih mencoba dan berusaha untuk menurunkan berat badan secara konsisten, kalian bisa mencobanya dengan versi IntipSeleb kali ini. Diet kerap diartikan sebagai sesuatu hal yang sulit dilakukan oleh banyak orang, lantaran caranya yang salah.

Sejatinya menurunkan berat badan haruslah dimulai dengan diet sehat, seperti mengatur asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Di mana, makanan yang bergizi dan memiliki banyak nutrisi akan menyelamatkan Anda dari berbagai berbagai risiko penyakit.

Cara terbaik untuk mendapatkan berat badan ideal adalah dengan menjalani diet yang alami dan sehat. Memang, hasilnya tidak akan terlihat secepat jika Anda mengonsumsi obat diet atau menjalani operasi sedot lemak. Namun, cara diet sehat jauh lebih aman untuk tubuh Anda dan berat badan pun bisa tetap ideal dalam jangka waktu yang lama.

Melakukan cara diet yang benar pun perlahan-lahan akan mengubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat. Sehingga, tak hanya sekadar menurunkan berat badan, risiko Anda terkena berbagai penyakit berbahaya pun juga akan ikut berkurang. Diet cepat biasanya menekankan pada aturan jam makan di waktu tertentu saja, tetapi ada juga yang berfokus pada pembatasan asupan makanan tertentu.

Sementara itu, diet sehat lebih memusatkan pada penerapan pola hidup sehat. Hal ini membuat berat badan turun secara bertahap, tetapi perubahan pola makan yang diterapkan cenderung lebih mudah untuk dipertahankan.

Sebelumnya telah disebutkan bahwa diet cepat menjanjikan penurunan berat badan secara signifikan dalam waktu yang lebih singkat. Salah satu pola diet cepat yang banyak dikenal orang adalah intermittent fasting atau puasa intermiten.

Berbeda dengan diet cepat, diet sehat tidak menjanjikan penurunan berat badan secara singkat, melainkan secara bertahap. Target penurunan berat badan dengan diet sehat adalah 0,5–1 kg dalam seminggu. Pada dasarnya, diet sehat adalah diet yang dijalani dengan menerapkan pola makan sehat. Selain itu, diet yang Anda jalani masuk ke dalam kategori diet sehat jika kalori dan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh terpenuhi dengan baik.

Guna mengetahui diet apa yang cocok untuk Anda, baik diet cepat atau diet sehat, cobalah konsultasikan ke dokter. Dokter akan merencanakan program diet sesuai dengan kondisi kesehatan Anda, sehingga program diet yang dijalani bisa membuahkan hasil dan berat badan ideal pun dapat Anda wujudkan.

Cara diet sehat adalah langkah penting dalam mencapai berat badan yang diinginkan. Tentunya diet sehat ini berbeda dengan diet ketat. Diet ketat mungkin akan lebih cepat dalam menurunkan berat badan berlebih, tetapi diet ketat ini bisa memberikan risiko yang dapat membahayakan tubuh.

Berat badan ideal dengan tubuh ramping menjadi impian banyak orang. Tidak sedikit yang rela melakukan diet ketat demi mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan.

Tak hanya itu, ada pula beberapa klinik kecantikan yang menawarkan berbagai perawatan untuk membuat tubuh lebih ramping. Ada pula berbagai pil pelangsing yang beredar di pasaran dan seringkali menjadi jalan pintas yang ditempuh sebagai cara diet cepat. cara diet yang instan sebenarnya kurang direkomendasikan. Selain tidak sehat, diet ini juga sulit dilakukan secara konsisten.

1. Makan Pelan-pelan

Makan perlahan ternyata termasuk bagian dari cara aman untuk menjalani diet sehat. Metode ini terkadang membuat Anda merasa kenyang lebih cepat.

Melansir Harvard Health, para ahli melaporkan bahwa perut kenyang merupakan bagian dari faktor kepuasan makan seseorang setelah makan.

Faktor rasa kenyang ini ternyata juga dipicu oleh otak. Pasalnya, otak juga memerlukan serangkaian sinyal dari hormon pencernaan yang disekresikan oleh saluran pencernaan. Sedangkan, makan terlalu cepat justru tidak memberikan tubuh waktu yang cukup untuk mengirimkan sinyal hormonal tersebut. Akibatnya, Anda mungkin akan terus makan karena perut belum terpuaskan.

2. Membatasi Gula & Garam

Diet biasanya tidak akan berhasil tanpa mengurangi asupan gula, garam, dan minyak. Membatasi ketiga komponen ini dianggap cara efektif dalam menjalani diet. Makanan tinggi gula, garam, minyak, dan lemak biasanya mengandung kalori yang tinggi.

Artinya, ketiga hal tersebut tidak baik bagi kesehatan. Pasalnya, makanan berkalori tinggi dapat memicu kenaikan berat badan drastis dan risiko berbagai penyakit. Anda juga bisa mengganti gula pasir atau gula manis dengan pemanis rendah kalori. Hal ini bertujuan mengendalikan kadar gula darah agar tidak melonjak tiba-tiba.

3. Konsumsi Sayur dan Buah

Salah satu jenis makanan yang perlu dikonsumsi selama menjalani diet yaitu sayur dan buah. Sayur dan buah segar perlu dimakan bersama dengan makanan pokok lainnya guna mendapatkan gizi yang seimbang.

Tidak hanya itu, pola makan yang kaya akan kedua makanan ini dapat menurunkan risiko berbagai penyakit kronis. Bagaimana tidak, buah dan sayur mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin, mineral, dan serat.

Adapun beberapa buah dan sayur yang baik di konsumsi pada saat melakukan program diet sehat yaitu, apel, pisang, keluarga buah beri seperti blueberry atau anggur, wortel, brokoli, atau paprika.

4. Sediakan Camilan Sehat

Ada waktu di mana kalian merasa ingin ngemil. Ketimbang jajan jajanan tidak sehat, sediakan kudapan sehat kala aktivitas sehari-hari. Cara diet sehat yang bisa kalian terapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah selalu menyediakan camilan sehat.

Makan camilan sehat merupakan cara diet sehat dan aman agar menghindari konsumsi garam dan gula berlebihan.

Studi dari International Journal of Obesity, disebutkan bahwa orang yang menyimpan makanan tidak sehat di rumah sulit untuk menjaga atau menurunkan berat badan. Beberapa camilan yang sehat tanpa tambahan garam atau gula termasuk buah-buahan, minuman smoothie buatan sendiri, atau salad sayur.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Cara diet sehat yang mudah dilakukan tanpa olahraga, yaitu cukupkan tubuh dengan minum air putih setiap hari. Minum air putih, setidaknya 8 gelas per hari dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Selain itu, air putih tidak memiliki kalori tambahan, sehingga aman dikonsumsi dan dapat menjadi tips diet aman yang ideal. Ketimbang minum minuman manis, ganti dengan air putih yang akan membantu mengurangi jumlah total kalori yang dikonsumsi setiap hari.

Hindari minuman manis seperti jus, soda, kopi, dan boba, karena tanpa disadari mereka semua mengandung gula yang sangat tinggi, tapi tidak memiliki nutrisi. Bila sesekali ingin minum minuman selain air putih, pilihlah minuman tanpa gula.

6. Tidak Ngemil Malam Hari

Banyak orang kerap mengabaikan sarapan dan malah menganggap makan malam lebih penting. Hal itu sangatlah keliru. Justru sebaiknya kalian harus memperbanyak porsi pada saat sarapan, karena berfungsi sebagai asupan energi selama seharian penuh, begitu juga dengan makan siang.

Porsi makan siang harus lebih sedikit daripada sarapan. Lebih baik jika tidak makan pada malam hari. Hal itu dikarenakan aktivitas pada malam sudah selesai, sehingga kalian tidak perlu mengonsumsi makanan berat lagi. Atau jika memang ingin makan malam, jangan langsung tidur. Setidaknya tunggu sekitar 2-3 jam selepas makan.

Topik Terkait