img_title
Foto : Www.freepik.com/Racool_studio

IntipSelebManfaat lidah buaya ada banyak sekali. Khasiat dari tanaman yang satu ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Tanaman yang menyerupai lidah yang dilengkapi duri itu memiliki gel yang memiliki sejuta manfaat bagi tubuh manusia.

Banyak yang memanfaatkan lidah buaya menjadi obat atau kesehatan tubuh. Tak cukup sampai di sana saja, namun kini juga mulai bermunculan minuman segar yang dibuat dari gel lidah buaya. Lidah buaya itu diolah sedemikian rupa hingga terasa nikmat dan tentunya berkhasiat saat dikonsumsi.

Di dalam lidah buaya mengandung sejuta manfaat yang berguna untuk kesehatan manusia. Lantas tahukah anda apa saja manfaat lidah buaya? Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini akan kami sajikan manfaat lidah buaya yang baik untuk kesehatan.

Kandungan lidah buaya

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Dilansir dari lifebuoy.co.id, ada bebagai zat yang terkandung dalam lidah buaya, diantara sebagai berikut ini:

- Vitamin B: Daging lidah buaya mengandung vitamin B yang bermanfaat menghilangkan nyeri pada bagian saraf dan otot.
- Vitamin B12: Aloe vera memiliki kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi. Padahal umumnya, vitamin jenis ini hanya ditemui pada bahan makanan hewani.
- Vitamin E: Kandungan ini menjadikan aloe vera baik untuk meningkatkan imunitas kulit dan reproduksi.
- Asam folat: Aloe vera cocok dikonsumsi ibu hamil, karena mengandung asam folat yang mengandung banyak nutrisi untuk ibu dan janin.
-Mineral: Aloe vera mengandung mineral yang cukup lengkap, seperti kalsium, sodium, magnesium, kromium, selenium, zinc, dan potassium mangan.

- Antioksidan: Antioksidan dalam aloe vera terbilang tinggi. Hal ini membuat lidah buaya bisa melindungi kulit dari sinar UV.
- Antiinflamasi: Enzim dalam aloe vera yang disebut Bradykinase berfungsi sebagai zat antiinflamasi. Fungsi antiinflamasi dalam aloe vera semakin diperkuat dengan kandungan asam lemak, asam salisilat, dan hormon auksin dan giberelin yang dimilikinya.

Manfaat lidah buaya bagi tubuh dan kesehatan

www.freepik.com/Racool_studio
Foto : www.freepik.com/Racool_studio

Usai mengetahui kandungan apa saja yang terkandung dalam lidah buaya, berikut ini adalah manfaat lidah buaya bagi tubuh maupun kesehatan.

1. Menebalkan rambut

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Sepertinya sudah bukan hal baru lagi jika lidah buaya digunakan untuk menebalkan rambut. Jika anda menyadari, maka di beberapa produk shampo dituliskan mengandung ekstrak lidah buaya untuk menarik perhatian konsumen.

Hal ini tentu karena lidah buaya dipercaya dapat menyehatkan dan yang paling penting adalah dapat menebalkan rambut. Selain itu, lidah buaya juga dapat memberikan efek relaksasi pada kulit kepala, mengurangi ketombe, dan juga membuka sumbatan pada folikel rambut akibat minyak rambut yang berlebih.

Cara menebalkan rambut dengan lidah buaya pun cukup mudah, hanya dengan menggunakan gel lidah buaya yang dioleskan ke rambut sebelum keramas. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang cepat dan juga maksimal.

2. Mengurangi ketombe

Selain berguna untuk menebalkan rambut, lidah buaya juga memiliki manfaat untuk mengurangi ketomba yang ada di kulit kepala anda.

Tak hanya itu saja, kandungan manfaat yang ada di lidah buaya juga berguna untuk mengurangi rasa gatal di kulit kepala anda. Selain itu, sifat antimikroba yang dimiliki lidah buaya ampuh untuk melawan infeksi yang ada di kulit kepala anda.

3. Mengatasi kulit kering

Tampaknya lidah buaya memiliki segudang manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut. Itu benar adanya, salah satu manfaat lidah buaya lainnya adalah dapat mengatasi kulit kering.

Hal ini disebabkan lidah buaya yang mengandung mineral, enzim, antioksidan serta berbagai jenis vitamin yang berguna untuk mengatkan lapisan pelindung kulit. Hal ini lah yang kemudian membuat kulit lebih lembab dan tidak mudah kering.

4. Mempercepat penyembuhan luka

Dilansir dair alodokter, manfaat lidah buaya yang berguna bagi tubuh adalah dapat mempercepat pemulihan luka. Hal ini berdasarkan banyak penelitian yang dimana ketika mengoleskan gel atau krim lidah buaya ke luka bakar ringan, hal ini mampu mempercepat proses penyembuhan.

Akan tetapi jika ingin menggunakan lidah buaya sebagai obat oles, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu. Sebab, dikhawatirkan anda memiliki riwayat alergi yang justru membuat luka semakin parah.

5. Mencegah penuaan pada kulit

www.freepik.com/valuavitaly
Foto : www.freepik.com/valuavitaly

Memiliki kulit cerah tanpa kerutan, merupakan impian bagi para wanita bukan. Merawatnya dengan sedemikian rupa agar tetap sehat, penting anda lakukan. Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk merawat kulit anda adalah dengan memanfaatkan lidah buaya.

Kandungan dalam lidah buaya, sangat berguna untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan sejak dini. Hal ini juga karena didasari lidah buaya yang mampu untuk melembabkan kulit dan mengangkat sel kulit mati. Wah, jika skincare anda habis, anda bisa memanfaat kan lidah buaya juga untuk membuat kulit anda agar tetap sehat.

6. Menghilangkan stretch mark

Siapa yang disini memiliki masalah stretch mark? Sekadar informasi, stretch mark adalah guratan pada kulit yang umumnya muncul pada bagian tubuh yang memiliki konsentrasi lemak lebih tinggi, seperti paha, perut, lengan atas, dan pantat. Stretch mark muncul ketika tubuh berkembang lebih cepat dari pertumbuhan kulit.

Menghilangkan stretch mark tak bisa dikatakan mudah, perlu dilakukan perawatan secara berkala agar bekasnya benar-benar hilang. Akan tetapi anda tak perlu risau. Sebab, manfaat lidah buaya lainnya adlaah dapat mengurangi bekas stretch mark yang mengganggu.

Caranya pun cukup mudah, anda hanya perlu rutin mengoleskan gel lidah buaya ke area stretch mark setiap harinya agar hasilnya lebih maksimal.

7. Mengatasi sariawan

Saat mulut sedang mengalami sariawan, tentunya ini menjadi hal yang tidak mengenakan bukan. Makan jadi tidak nyaman dan justru merasa sakit dan perih di bagian mulut. Belum lagi masa berlangsung sariawan yang cukup lama, bahkan bisa seminggu. Anda tentunya idak mau bukan merasakan perih saat makan.

Nah, kini anda tak perlu khawatir. Sebab, lidah buaya ternyata mampu untuk mengatasi masalah mulut, salah satunya adalah sariawan. Dilansir dari halodoc, anda hanya perlu menyiapkan ekstrak lidah buaya.

Setelah itu aplikasikan langsung pada area mulut yang mengalami sariawan. Diamkan selama kurang lebih 20 menit. Barulah setelah itu, bilas mulut dengan air hangat. Lakukan beberapa kali dalam sehari agar sariawan bisa cepat hilang.

Demikian adalah sederet manfaat lidah buaya bagi tubuh dan kesehatan. Jika ingin memanfaatkan lidah buaya sebagai obat kesehatan, ada baiknya anda mengenal diri anda terlebih dahulu. Dalam hal ini, anda perlu tahu apakah anda memiliki riwayat alergi terhadap lidah buaya atau tidak.

Sebab, dikhawatirkan jika asal menggunakan tanpa tahu jika anda memiliki alergi, hal ini justrunya bukanlah menjadi hal yang baik. Konsultasikan terlebih dahulu ke dokter anda jika ingin melakukan pengobatan alami menggunakan lidah buaya. Semoga artikel terkait manfaat lidah buaya di atas dapat berguna untuk anda.(Cy)

Topik Terkait