img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Berbagai macam manfaat Saffron seringkali digunakan sebagai obat aroma terapi dan juga obat paling ampuh dalam penyembuhan berbagai macam penyakit. Saffron mulai terkenal di Indonesia, dan dijajahkan di beberapa toko obat ala Timur Tengah.

Saffron adalah rempah berbentuk benang halus dan tipis berwarna merah yang berasal dari bunga Crocus sativus. Ini adalah salah satu rempah termahal di dunia karena cara penanaman dan pemanenannya yang rumit, serta membutuhkan teknik khusus. Selain itu, dibutuhkan 150 bunga untuk memproduksi 1 gram benang saffron.

Manfaat bunga saffron penting untuk diketahui, bunga saffron ini memiliki senyawa aktif seperti crocetin dan crocin, safranal yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit termasuk mampu mengobati gejala kanker.

Bunga saffron merupakan rempah paling mahal di dunia. Rempah ini berasal dari Yunani. Saffron berbobot 450 gram dihargai antara USD500 (Rp7,1 juta)-USD5.000 (Rp70,1 juta). Pasalnya, rempah ini membutuhkan banyak tenaga untuk memproduksi dan memanennya.

Para peneliti menilai bahwa bunga saffron mengandung banyak senyawa aktif dan beberapa kandungan, seperti protein, lemak, serat, energi, kalsium, zat besi, fosfor, kalium, dan vitamin C. Bunga saffron adalah rempah-rempah dengan aroma yang kuat dan warna yang khas. Rempah-rempah ini kaya akan antioksidan dan diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan.

Bunga saffron dipercaya mengandung bahan kimia yang dapat mengubah suasana hati, membunuh sel kanker, mengurangi pembengkakan, dan bertindak seperti antioksidan. Saffron bisa digunakan untuk mengobati asma, batuk, batuk rejan (pertusis), dan untuk melonggarkan dahak (sebagai ekspektoran).

Rempah ini juga digunakan untuk masalah tidur (insomnia), kanker, pengerasan pembuluh darah (aterosklerosis), gas usus (perut kembung), depresi, penyakit Alzheimer, ketakutan, shock, meludah darah (hemoptisis), nyeri, mulas, dan kulit kering.

Namun manfaat lain Saffron untuk para wanita dapat menggunakan saffron untuk meredakan kram menstruasi dan sindrom pramenstruasi (PMS). Sementara pria menggunakannya untuk mencegah orgasme dini (ejakulasi dini) dan infertilitas. Saffron juga digunakan untuk meningkatkan minat seks (sebagai afrodisiak) dan untuk merangsang keringat.

Tak hanya melihat kegunaan dan manfaatnya saja, Saffron juga dipercaya sebagai salah satu obat relaksasi yang mampu mengembalikan perasaan yang kurang baik. Kali ini, intip seleb akan mengajak kalian untuk menelaah berbagai macam manfaat rempah termahal dunia tersebut, mulai dari obat kesehatan hingga dijadikan sebagai campuran minum teh.

Saffron di Indonesia sudah banyak dijual di beberapa toko obat dan online shop, dengan kualitas dan harga yang terpercaya. Biasanya, Saffron dijual dalam bentuk rempah seperti teh bubuk.

Harga Saffron di Indonesia, cukup terjangkau dengan khasiat dan manfaat yang terkandung di dalamnya. Tak hanya itu, Saffron juga memiliki wangi dan aroma yang khas dicampurkan dengan hidangan teh hangat atau air putih hangat.

Langsung saja, kita intip manfaat dan khasiat ajaib bunga Saffron untuk berbagai penyembuhan penyakit. Chek it out!

1. Atasi Nyeri Haid

Untuk mengatasi gangguan nyeri haid, ada beberapa rempah yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal salah satunya saffron. Selain bisa mengurangi nyeri pada haid, manfaat saffron lainnya yakni bisa menjaga perubahan emosional pada perempuan yang sedang mengalami sindrom pramenstruasi (PMS).

Setiap wanita pasti merasakan gejala yang tidak nyaman menjelang haid dan kondisi ini kerap disebut dengan Pre Menstrual Syndrome atau PMS. Kamu bisa merasakan rasa pusing, dan yang paling mengganggu adalah sensasi kram di perut. Untungnya saffron ini bisa meringankan nyeri haid yang dirasakan selama periode PMS. Tak hanya itu, bunga saffron juga ampuh untuk mengurangi rasa cemas dan suasana hati yang naik turun selama haid. Kamu pun bisa mengonsumsinya dengan melarutkan bunga saffron ke dalam air putih.

2. Meningkatkan Gairah Seksual

Jika kamu dan pasangan merasakan gairah seksual belakangan ini agak menurun, maka bunga saffron bisa menjadi solusinya. Ini karena bunga saffron dikenal ampuh untuk meningkatkan kemampuan seksual pria dan wanita.

Jika pria yang mengonsumsinya, maka ini akan membantu mereka meningkatkan kemampuan ereksinya. Sementara jika dikonsumsi wanita, ini akan meningkatkan gairah seksual mereka dengan cara memperbanyak cairan lubrikasi yang dihasilkan.

3. Menurunkan Nafsu Makan

Saffron juga diklaim dapat menetralkan asam lambung, meningkatkan pencernaan, serta menurunkan nafsu makan.

Menurut Irmanida, konsumsi dosis 176,5 miligram ekstrak saffron per hari selama delapan minggu dapat membantu mengurangi nafsu makan. Saffron menciptakan efek kenyang yang bisa membantu proses penurunan berat badan.

4. Antioksidan Kuat

Manfaat saffron yang pertama adalah sebagai antioksidan yang kuat. Saffron mengandung berbagai senyawa tanaman yang bertindak sebagai antioksidan, molekul yang melindungi sel dari radikal bebas.

Saffron mengandung safranal yang dapat membantu meningkatkan suasana hati, memori, dan kemampuan belajar, serta melindungi sel-sel otak dari stres oksidatif. Lalu, kaempferol ditemukan pada kelopak bunga saffron. Senyawa ini telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan, seperti mengurangi peradangan, sifat antikanker, dan aktivitas antidepresan.

5. Obat Depresi

Suplemen saffron secara signifikan efektif dalam mengobati gejala depresi ringan hingga sedang. Selain itu, lebih sedikit orang yang mengalami efek samping saat mengonsumsi saffron dibandingkan dengan pengobatan.

Biasanya safron dikonsumsi dalam bentuk suplement untuk pengobatan stres dan depresi ringan sampai sedang. Karena berasal dari bahan alami, sehingga efek sampingnya pun cenderung sedikit. Saffron juga memiliki efek antiradang, antioksidan, dan neuroproteksi (perlindungan pada saraf).

6. Obat Kanker

Saffron dapat menekan laju pertumbuhan sel kanker pada kanker usus. Selain itu, komponen antioksidan dalam saffron yang bernama crocin dapat membuat sel kanker lebih sensitif terhadap kemoterapi. Walaupun hasil penelitian ini menjanjikan, efek antikanker dari saffron masih perlu diteliti lebih lanjut dan dibuktikan secara klinis pada manusia.

Karena memiliki khasiat untuk menetralkan radikal bebas, saffron disebut berpotensi dalam memberantas sel kanker usus besar. Krosin yang merupakan antioksidan utama dalam saffron juga membuat sel kanker lebih sensitif terhadap obat kemoterapi. Meski menjanjikan, manfaat saffron dalam melawan kanker sebenarnya masih bersifat dugaan. Artinya, butuh penelitian lebih lanjut untuk memastikan kegunaan tersebut.

7. Mengatasi Insomnia

Manfaat bunga saffron selanjutnya datang dari kandungan crocin yang diyakini dapat mengurangi gerakan mata yang terlalu cepat saat tidur. Crocetin, karotenoid lain dalam saffron, juga diyakini bisa meningkatkan total waktu tidur non-REM sebanyak 50 persen.

Untuk kalian yang mengalami kesulitan tidur cepat, alangkah baiknya mengkonsumsi Saffron dapat dicampurkan dengan air putih hangat di konsumsi sore hari atau sebelum tidur, rutin setiap harinya.

8. Menjaga Kesehatan Otak

Sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang terdapat dalam ekstrak saffron juga menunjukkan potensi terapeutiknya untuk berbagai masalah pada sistem saraf dan juga meningkatkan kesehatan otak.

Manfaat saffron ini mungkin memiliki efek menguntungkan untuk para pengidap Alzheimer atau Parkinson. Selain itu, bunga satu ini juga diduga memiliki manfaat untuk mengatasi gangguan memori, terutama yang terkait dengan cedera otak traumatis dan iskemia otak.

Topik Terkait