img_title
Foto : Www.freepik.com/8photo

IntipSeleb – Obat biduran dapat anda peroleh dari apotek terdekat maupun dari bahan alami yang ada di sekitar anda. Biduran, merupakan sebuah kondisi ketika kulit mengalami ruam berwarna kemerahan dan bertekstur menonjol, layaknya bentol yang muncul secara tiba-tiba.

Umumnya, seseorang bisa terkena biduran karena diakibatkan alergi terhadap suatu bahan kimia tertentu, sengatan serangga hingga paparan sinar matahari. Tak hanya dari hal itu saja, terkadang jika anda sedang aktif mengonsumsi obat-obatan tertentu, ini juga tidak menutup kemungkinan bagi anda untuk bisa terkena biduran.

Ketika seseorang mengalami biduran biasanya akan terada gatal hingga menyebabkan rasa terbakar di beberapa kasus tertentu. Biduran bisa muncul di kulit bagian mana saja, bahkan bisa juga muncul di bibir, lidah bahkan tenggorokan.

Rasa gatal ini mungkin akan mengganggu anda, terlebih lagi ketika anda mengalami biduran, bisa berlangsung selama berjam-jam bahkan membutuhkan waktu kurang lebih 24 jam untuk hilang.

Lantas sudah tahukah anda obat biduran apa yang bisa anda gunakan untuk mengobati penyakit kulit yang satu ini? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini akan kami sajikan mengenai obat biduran yang diresepkan dokter dan juga yang alami. Hal ini tentunya dapat berguna untuk menyembuhkan penyakit biduran.

Obat biduran yang diresepkan oleh dokter

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Dilansir dari hellosehat, berikut ini adalah beberapa obat biduran yang biasa diresepkan oleh dokter.

1. Antihistamin

Obat biduran yang bisa anda manfaatkan adalah pil antihistamin. Obat biduran yang satu ini cukup efektif untuk mencegah timbulnya rasa gatal pada kulit.

Nantinya, anthistamin ini akan menahan pelepasan histamin di dalam tubuh. Untuk sekadar informasi, hitamin ini adalah zat yang memicu munculnya gejala biduran. Berikut ini adalah resep yang biasa diberikan oleh dokter:

- Loratadine (Claritin)
- Cetirizine (Zyrtec)
- Fexofenadine (Allegra)
- Desloratadine (Clarinex)

Selain jenis-jenis antihistamin di atas, dokter biasanya akan memberikan jenis antihistamin yang memiliki efek mengantuk. Hal ini bertujuan agar rasa gatal yang anda rasakan bisa berkurang atau terobati dengan tidur. Contohnya antara lain, Chlorpheniramine (CTM), hydroxyzine pamoate (Vistaril), dan doxepin (Zonalon).

2. Losion calamine

Obat biduran selanjutnya adalah losion calamine. Jika antihistamin digunakannya dengan cara dikonsumsi, losion calamine untuk bagian fisiknya. Jadi penggunaannya adalah dengan mengoleskan losion tersebut ke kulit yang mengalami biduran.

Losion calamine ini memberikan efek dingin pada kulit. Setelah dioleskan ke kulit, anda hanya perlu mendiamkannya hingga kering. 

3. Obat antiradang

Obat biduran selanjutnya yang bisa anda manfaatkan adalah obat antiradang. Kortikosteroid oral seperti prednisone pada dasarnya dapat membantu mengurangi pembengkakan, kemerahan, dan gatal yang ditimbulkan dari biduran.

Untuk sekadar peringatan, bahwa obat ini memiliki efek samping yang cukup serius jika dikonsumsi terlalu lama. Oleh sebab itu, ketika anda memanfaatkan obat tersebut untuk menyembuhkan penyakit anda, bisa digunakan dalam jangka waktu yang sebentar saja.

4. Antidepresan

Obat biduran berikutnya adalah antidepresan trisiklik doxepin (Zonalon). Obat biduran  yang satu ini biasanya digunakan dalam bentuk krim oles yang dapat membantu meredakan gatal. Untuk sekadar peringatan dan informmasi, obat ini bisa menyebabkan pusing dan kantuk sehingga rasa gatal anda bisa sedikit teralihkan dengan tidur.

5. Omalizumb

Omalizumab menjadi obat biduran selanjutnya. Penggunaan obat yang satu ini biasanya diberikan dengan cara disuntikkan ke kulit. Jika sudah diresepkan dengan menggunakan obat ini, maka itu berarti anda mengalami biduran parah. Umumnya untuk para penderita selama berbulan-bulan atau dalam hitungan tahun.

Lantas efek samping yang paling umum dirasakan usai disuntikkan obat ini adalah sakit kepala, pusing, hingga sakit telinga bagian dalam.

Obat biduran alami

www.freepik.com/8photo
Foto : www.freepik.com/8photo

Selain mengobati dengan menggunakan obat-obatan, biduran juga bisa cepat sembuh jika dengan menggunakan bahan-bahan alami. Dilansir halodoc, berikut ini akan kami sajikan obat biduran alami yang bisa anda gunakan mengobati biduran,

1. Es Batu

Salah satu obat biduran yang alami adalah dengan menggunakan es batu atau air dingin. Biasanya, orang-orang justru lebih memilih mengompres biduran dengan air hangat. Hal ini perlu anda memperhatikan dan justru perlu anda hindari

Mengompres biduran dengan air panas, justru malah akan membuat anda merasakan gatal. Selain itu, mengompres dengan air panas meningkatkan risiko iritasi pada kulit. Justru anda lebih baik untuk menggunakan es batu yang dibalut dengan kain atau bisa juga air dingin untuk mengompres biduran.

Mengompres dengan cara ini dipercaya ampuh untuk meredakan gejala gatal yang diakibatkan oleh biduran.

2. Lidah Buaya

www.freepik.com/Racool_studio
Foto : www.freepik.com/Racool_studio

Siapa sangka, ternyata selain bermanfaat untuk menyehatkan rambut dan membuat kulit tampak lebih muda, lidah buaya juga ampuh menjadi obat biduran alami. Lidah buaya dipercaya efektif untuk mengatasi biduran karena memiliki senyawa antiinflamasi.

Cara mengunakannya pun cukup mudah, hanya dengan siapkan lidah buaya, kemudian oleskan gel atau daging lidah buaya langsung pada bagian kulit yang mengalami biduran, kemudian diamkan hingga kering. Bilas dengan air dingin sesudahnya, jika dilakukan secara rutin, langkah ini dipercaya mampu untuk segera meredakan biduran.

3. Minyak Kelapa

Obat biduran alami selanjutnya anda bisa menggunakan minyak kelapa sebagai obat oles. Dikutip dari halodoc yang bersumber dari Allergy and Asthma Clinical Center, minyak kelapa mengandung pelembap dan anti bakteri yang efektif untuk mengatasi biduran.

Perawatan Biduran

www.freepik.com/karlyukav
Foto : www.freepik.com/karlyukav

Gunakan baju longgar

Yang satu ini bukanlah obat biduran, akan tetapi salah satu tips yang bisa anda lakukan jika sedang mengalami biduran. Rasa gatal yang ditimbulkan dari biduran bisa semakin terasa menyengat dan tidak nyaman jika bergesekan dengan sesuatu.

Oleh sebab itu, anda sangat disarankan untuk memakai baju yang longgar agar rasa gatal tidak terlalu terasa dan menghindari terjadinya iritasi. Selain itu gunakan baju katun atau baju jenis apapun yang sekiranya mampu menyerap keringat. Hal ini untuk menghindari bakteri yang berkembang dan justru akan membuat biduran semakin parah.

Hindari produk pemicu iritasi

Jika sedang mengalami biduran, anda perlu menghindari produk yang memungkinkan terjadinya iritasi pada kulit. Produk ini bisa saja berasal dari losion, sabun dan lain sebagainya. Oleh sebab itu anda perlu memperhatikan lebih lanjut tentang kandungan apa saja yang mungkin dapat memicu iritasi

Demikian adalah sederet informasi mengenai obat biduran. Meskipun resep obat biduran telah dituliskan di atas, anda perlu konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Terlebih lagi jika anda adalah Ibu hamil atau penderita penyakit yang cukup parah, sehingga dikhawatirkan jika asal meminum obat justru akan menimbulkan penyakit lain yang jauh lebih serius.

Meskipun biduran dapat disembuhkan dan bukan penyakit yang serius, penting juga bagi anda untuk mengetahui penyebab anda mengalami biduran. Sebab, jika anda tidak tahu apa yang menyebabkan anda mengalami biduran, anda bisa akan terus menerus mengalami hal ini dan tentunya tidak akan membuat aktivitas anda terasa menyenangkan.

Biduran bisa terjadi karena debu, alergi obat, udara, cuaca hingga sengatan serangga. Jadi tidak ada salahnya untuk memperhatikan hal apa yang berkemungkinan dapat membuat anda mengalami biduran. Akhir kata semoga informasi obat biduran ini bermanfaat bagi anda dan sehat selalu!

Berita Terkait
Topik Terkait