img_title
Foto : Www.freepik.com/xb100

IntipSelebCara menurunkan kolesterol bisa dilakukan dengan berbagai cara dan juga menggunakan makanan yang sehat. Namun sebelum membahas mengenai cara menurunkan kolesterol, ada baiknya anda berkenalan terlebih dahulu mengenai penyakit dan hal apa saja yang menyebabkan seseorang bisa terkena kolesterol.

Dilansir dari berbagai sumber, simak pembahasan mengenai kolesterol dan cara menurunkannya berikut ini. Check it out!

Kolesterol

Anda tentunya sudah sering mendengar kata ‘kolesterol’. Pada dasarnya, kolesterol merupakan salah satu jenis lemak yang ada di dalam tubuh. Jika anda berpikir kolesterol adalah sebuah penyakit yang mungkin dihindari, maka anda perlu tahu bahwa sebenarnya keberadaan kolesterol juga diperlukan oleh tubuh.

Akan tetapi yang berbahaya dan justru menyebabkan penyakit yang tidak diinkan adalah ketika kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh melebihi batas normal,. Hal ini yang kemudian akan menimbulkan penumpukan di pembuluh darah dan membentuk plak yang dapat menyumbat pembuluh darah

Kolesterol diproduksi secara alami oleh organ hati. Selain itu, jenis lemak yang satu ini juga bisa ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan, seperti daging dan susu. Keberadaan kolesterol di dalam tubuh pun cukup diperlukan guna membentuk sel-sel yang sehat, memproduksi sejumlah hormon, dan menghasilkan vitamin D.

Penyebab kolesterol tinggi

1. Usia yang bertambah

Dilansir dari hellosehat, faktor yang bisa membuat seseorang mengalami kolesterol tinggi adalah bertambahnya usia. Akan tetapi, bukan berarti bahwa anda ‘sudah pasti’ akan mengalami kolesterol jika sudah berusia lanjut.

Alasan kenapa orang yang berusia lanjut lebih mudah terkena kolesterol adalah karena mereka cenderung memiliki perubahan fungsi dan metabolisme tubuh, yang dimana dalam hal ini fungsinya semakin lama semakin menurun.

2. Pola makan tak sehat

Penyebab peningkatan kolesterol lainnya adalah adanya pola makan yang tidak sehat. Untuk anda yang gemar sekali makan-makanan yang mengandung lemak jenuh seperti misalnya saja daging, keju, jeroan dan lain-lain, maka anda rentan sekali mengalami peningkatan kolesterol.

Maka anda perlu lebih memperhatikan kembali makanan apa saja yang anda konsumsi agar tidak menimbulkan masalah kesehatan bagi anda ke depannya.

Cara menurunkan kolesterol dengan makanan

Setelah mengetahui mengenai kolesterol dan penyebab seseorang bisa terkena kolesterol, maka berikut ini anda perlu tahu cara menurunkan kolesterol melalui makanan. Makanan di bawah ini cukup mudah ditemui sehingga bisa menjadi salah satu alternatif cara menurunkan kolesterol bagi anda. Yuk disimak!

1. Susu kedelai atau olahan kedelai

Cara menurunkan kolesterol pertama adalah anda bisa mengonsumsi susu kedelai dan berbagai jenis olahan kedelai lainnya. Susu kedelai dipercaya ampuh sebagai salah satu solusi untuk menurunkan kadar kolesterol anda agar normal kembali.

Hal ini dikarenakan susu kedelai yang mengandung soflavon yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Namun jika anda tak suka dengan susu kedelai, tak perlu khawatir. Anda bisa menggantinya dengan berbagai jenis olahan kacang kedelai lainnya yang juga mengandung isoflavone, misalnya saja tempe atau tahu.

2. Sayuran hijau

Cara menurunkan kolesterol selanjutnya bisa dengan mengonsumsi sayuran hijau. Jika anda adalah seseorang yang tidak suka sayur, maka ini saatnya bagi anda untuk menurunkan ego anda terlebih dahulu. Sebab, sayuran hijau ternyata cukup baik lho untuk masalah kolesterol anda.

Sayuran hijau ini di antaranya bisa bayam, kangkung ataupun arugula yang dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol. Hal ini disebabkan dalam sayuran hijau tersebut terkandung antioksidan yang mampu mengikat asam empedu yang terbuat dari kolesterol, sehingga mampu mencegah terakumulasinya kolesterol di dalam darah.

Selain dapat menurunkan kolestero, mengonsumsi sayuran pun cukup baik untuk kesehatan pencernaan anda. Jadi manfaatnya tidak hanya satu yang bisa anda rasakan, namun dua sekaligus.

3. Buah pisang

Mengonsumsi buah-buahan salah satunya adalah pisang, ternyata bisa anda jadikan salah satu cara menurunkan kolesterol lho. Hal ini disebabkan buah pisang yang mengandung zat inulin yang mampu mengurangi kadar kolesterol.

Tentunya hal ini cukup bagus, mengingat anda perlu mengdendalikan kadar kolesterol di dalam tubuh dan membuatnya menjadi normal kembali agar tidak membuat anda menderita terlalu lama.

4. Teh hijau

Cara menurunkan kolesterol selanjutnya bisa menggunakan teh hijau. Teh hijau banyak dipercaya ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.Bukan tanpa sebab, teh hijau mengandung katekin yang berguna untuk menyerap berbagai kolesterol jahat yang ada di dalam gula darah.

Wah, jadi tidak ada salahnya untuk menikmati secangkir teh hijau sembari bersantai di sore hari. Sebab manfaatnya yang cukup baik untuk para penderita kolesterol jahat.

5. Oat

Siapa yang di sini suka makan oat? Oat merupakan makanan sejenis serealia yang kaya akan karbohidrat. Ternyata, oat bisa menjadi salah satu makanan yang anda konsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol lho!

Oat mengandung beta glucan yang dipercaya mampu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Beta glucan ini nantinya akan menyerap berbagai kolesterol dari makanan yang sebelumnya anda konsumsi. Wah, sepertinya anda wajib coba ya!

6. Makan makanan mengandung omega-3

Cara menurunkan kolesterol selanjutnya bisa dengan mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3. Makanan kaya omega-3 dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Makanan yang mengandung omega-3 di antaranya ada banyak sekali, di antaranya adalah ikan salmon, makerel, tuna, sarden, kacang kenari, dan biji chia.

7. Makanan mengandung serat larut

Cara menurunkan kolesterol selanjutnya bisa menggunakan makanan yang mengandung serat larut. Sekadar informasi bahwa serat larut merupakan jenis serat yang mudah larut dalam air. Makanan yang mengandung serat larut cukup beragam, misalnya saja alpukat, ubi jalar, brokoli, lobak, pir, wortel, apel, kacang merah, biji rami, dan gandum.

8. Olaharaga

Jika membicarakan kesehatan, maka selalu tak lepas dengan aktivitas yang satu ini, yap, olahraga. Selain berguna untuk membuat badan lebih bugar, olahraga juga menjadi salah satu cara menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh.

Anda hanya perlu olahraga secara rutin, maka tubuh anda akan menjadi lebih bugar dan segar. Sehingga daya tahan tubuh anda jadi lebih kuat dibandingkan orang yang tidak rajin berolahraga.

Demikian adalah artikel yang membahas seputar kolesterol hingga cara menurunkan kolesterol yang bisa anda lakukan di rumah. Sebelum mengalami kolesterol, ada baiknya anda mulai menghindari makanan-makanan yang mengandung lemak jenuh yang tinggi dan mulai memperbaiki pola makan anda menjadi lebih sehat.

Meskipun cara menurunkan kolesterol bisa disiasati dengan makan makanan yang telah disebutkan di atas, jika gejalanya cukup sakit anda rasakan, anda disarankan untuk segera memeriksakan kondisi anda ke dokter. Semoga artikel terkait cara menurunkan kolesterol ini bisa berguna untuk anda dan semoga sehat selalu!

Topik Terkait