img_title
Foto : Covid19.go.id

IntipSeleb – Kabar duka datang dari Achmad Yurianto, mantan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19. Ia dikabarkan telah meninggal dunia hari ini, Sabtu, 21 Mei 2022.

Berita duka ini tentu mengejutkan publik. Sebelumnya, Achmad Yurianto sempat menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat karena menderita kanker. Berikut ini informasi selengkapnya mengenai wafatnya Achmad Yurianto.

Meninggal Dunia di Malang

Viva.co.id
Foto : Viva.co.id

Achmad Yurianto dikabarkan meninggal dunia di RSUD Syaiful Anwar, Malang pada Sabtu, 21 Mei 2022 pukul 18.58. Berita tersebut disampaikan melalui akun Twitter @persakmi_id milik Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia.

Telah meninggal dunia, dr Ahmad Yurianto pada hari Sabtu, 21 Mei 2022 pukul 18.58 WIB di Malang. Semoga diberikan tempat terbaik disisi-Nya, serta keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan kesabaran..aamiin,” tulis akun @persakmi_id menyampaikan belasungkawa.

Melansir VIVA.co.id, kabar ini juga sudah dikonfirmasi oleh Widyawati selaku Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan.

“Ya, betul mas,” ucap Widyawati saat dikonfirmasi oleh tim VIVA.

Diketahui Achmad Yurianto memang dipindahkan dari RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat ke kampung halamannya di Malang untuk melanjutkan pengobatan kanker ususnya. Dirinya menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto selama beberapa pekan.

Dikenal Akan Jasanya Di Masa Pandemi

Viva.co.id
Foto : Viva.co.id

Sosok Achmad Yurianto sebelumnya dikenal luas oleh publik berkat sepak terjangnya sebagai Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19. Ia saat itu ditugaskan pada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 pada 3 Maret 2020, yakni pada masa awal pandemi berlangsung.

Dirinya kerap muncul di berbagai berita untuk menyampaikan perkembangan penanganan pandemi Covid-19 kepada masyarakat. Achmad Yurianto juga ditunjuk oleh Menteri Kesehatan kala itu yakni Agus Terawan Putranto menjadi Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes.

Namun menjelang bulan Oktober 2020 lalu, Achmad Yurianto diketahui meninggalkan jabatannya sebagai Direktur P2P Kemenkes. Ia juga diketahui menjabat sebagai Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 hanya sampai Juli 2021 lalu. Setelah itu, posisinya digantikan oleh Wiku Adisasmito.

Berita Terkait
Topik Terkait