img_title
Foto : Www.freepik.com/jcomp

IntipSeleb – Manfaat bawang merah selain menjadi salah satu bumbu dapur, ia juga memiliki beragam manfaat yang berguna untuk kesehatan anda. Rasanya, bawang merah menjadi salah satu jenis bumbu dapur yang hampir selalu ditemui di setiap masakan nusantara.

Bawang merah selain berguna untuk meningkatkan cita rasa dalam makanan berguna juga untuk membuat masakan menjadi lebih harum, sehingga tanpa sadar dapat meningkatkan keinginan nafsu makan. Lantas sudah tahukah anda terkait manfaat bawang merah? Berikut ini akan diulas mengenai manfaat bawang merah untuk tubuh.

Kandungan dalam bawang merah

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Dilansir dari Hellosehat, dalam 100 gram bawang merah, terdapat kandungan nutrisi berikut ini:

- Protein: 1,5 gram.
- Lemak: 0,3 gram.
- Karbohidrat: 9.2 gram.
- Serat: 1.7 gram.
- Kalsium: 36 mg.
- Fosfor: 40 mg.
- Zat besi: 0,8 mg.
- Natrium: 7 mg.
- Kalium: 178,6 mg.
- Tembaga: 0,06 mg.
- Seng: 0,2 mg.
- Thiamin (vitamin B1): 0,03 mg.
- Riboflavin (vitamin B2): 0,04 mg.
- Niasin (Vitamin B3): 0,2 mg.
- Vitamin C: 2 mg.

Manfaat bawang merah

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Setelah mengetahui apa saja kandungan dalam bawang merah, dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah manfaat bawang merah bagi kesehatan.

1. Meningkatkan sistem imun

Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, yang bisa dilakukan adalah menjaga kesehatan imun anda. Imunitas atau daya tahan tubuh yang baik, menjadi kunci agar anda bisa terus sehat. Sebab jika daya tahan tubuh menurun, maka potensi anda terserang virus penyebab penyakit bisa semakin besar.

Namun siapa sangka, manfaat bawang merah ternyata bisa meningkatkan sistem imunitas di dalam tubuh anda. Hal ini karena di dalam bawang merah mengandung vitamin C yang berguna untuk meningkatkan sistem imun.
Vitamin C dalam bawang merah dapat berguna untuk merangsang sel darah putih untuk membentuk antioksidan dan membunuh beragam virus dan mikroba yang menyerang tubuh.

Oleh sebab itu tak ada salahnya jika anda mulai memanfaatkan bawang merah untuk menjaga imunitas tubuh. Anda bisa mengolah bawang merah menjadi salah satu menu makanan sehingga nutrisinya bisa anda rasakan.

2. Mencegah kanker

Manfaat bawang merah berikutnya adalah dapat mencegah seseorang terkena kanker. Kanker menjadi salah satu jenis penyakit yang cukup ditakuti oleh banyak orang. Sel-sel kanker dapat terbentuk akibat adanya radikal bebas di dalam tubuh, hal ini akibat dari polusi kendaraan, asap rokok dan hal membahayakan lainnya.

Salah satu yang bisa anda lakukan untuk mencegah anda terkena kanker adalah dengan meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Dan bawang ternyata menjadi salah satu jenis rempah yang banyak mengandung antioksidan yang dimana cukup baik untuk mencegah seseorang mengalami kerusahan sel-sel dalam tubuh akibat radikal bebas.

3. Penurun demam

Seringkah anda melihat ketika anak kecil atau balita yang sedang sakit, di dahinya ada bawang merah yang ditumbuk. Hal ini lantaran masyarakat sekitar mempercayai bahwa bawang merah berguna untuk menjadi salah satu obat alami penurun demam pada anak.

Hal ini dikarenakan bawang merah yang memiliki kandungan yang cukup baik untuk menurunkan demam. Dilansir dari sahabatnestle, bawang merah mengandung minyak atsiri, sikloaliin, metilaliin, kaemferol, kuersetin dan floroglusin yang efektif untuk menurunkan suhu tubuh. Kandungan flavonoid yang terdapat pada bawang merah juga berfungsi sebagai anti radang, anti bakteri serta mampu menurunkan panas.

Cara memanfaatkan bawang merah untuk penurun demam juga cukup mudah. Yakni dengan menyiapkan 3-5 siung bawang merah kemudian kupas dan cuci bersih. Setelah itu ditumbuk kasar namun jangan terlalu halus. Barulah setelah itu ditambah sedikit minyak kelapa, minyak kayu putih, atau minyak telon secukupnya.

Balurkan ke tubuh anak, terutama bagian ubun-ubun, punggung, dada, perut, lipatan paha, lengan dan telapak kaki

4. Mengendalikan kadar gula darah

Manfaat bawang merah selanjutnya adalah dapat berguna untuk mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh. Dilansir dari alodokter, bawang merah berguna untuk meningkatkan kadar hormon insulin di dalam tubuh. hal ini tentunya baik untuk para penderita diabetes tipe 2. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika anda mulai memanfaatkan bawang merah untuk mengontrol gula darah di dalam tubuh anda.

5. Mengatasi peradangan

Manfaat bawang merah berikutnya adalah dapat mengatasi peradangan. Dilansir dari Hellosehat, ketika ada virus atau zat asing yang masuk ke dalam tubuh, maka zat tersebut berkemungkinan untuk menimbulkan peradangan. Ketika peradangan ini terjadi dalam jangka waktu panjang, maka dapat menmbulkan penyakit yang cukup kronis, misalnya saja jantung dan kanker.

Oleh sebab itu, anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung zat yang bersifat antirasang, misalnya saja bawang merah. Dalam hal ini, bawang merah dipercaya berguna untuk mengatasi peradangan yang ada di dalam tubuh.

6. Meredakan reaksi alergi

Orang-orang yang memiliki riwayat alergi, pasti tidak akan terasa nyaman jika hal tersebut terjadi. Ketika seseorang mengalami reaksi  alergi, umumnya tubuh akan melepaskan zat histamin yang kemudian memicu timbulnya berbagai jenis gejala alergi, bisa gatal, kulit kemerahan, hingga reaksi laergi lainnya.

Kendati demikian, dilansir dari Alodokter, bawang merah diketahui mengandung antioksidan quertin yang berguna seperti antihistamin. Zat ini yang berguna untuk mengurangi gejala reaksi alergi.

Meskipun demikian, jika anda memang ingin memanfaatkan bawang merah untuk obat mengatasi reaksi alergi, anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter anda. Sebab dikhawatirkan jika anda memanfaatnya tanpa mengetahui lebih lanjut terkait efek sampingnya, dikhawatirkan malah akan menimbulkan reaksi alergi yang baru.

7. Menambah cita rasa dalam makanan

Manfaat bawang merah yang sudah diketahui secara umum adalah sebagai salah satu bumbu dapur yang paling sering digunakan dalam memasak. Memasak tanpa bawang merah meninggalkan kesan ‘ada yang kurang’.

Karena selain meningkatkan cita rasa dalam makanan, bawang merah juga menjadi salah satu bahan alami untuk membuat makanan berbau harum sehingga menggugah selera. Selain menjadi bumbu dasarnya, tak sedikit pula yang memanfaatkan bawang merah dengan cara digoreng kemudian dijadikan taburan dalam suatu masakan.

Rasa gurih dan khas dari bawang merah seolah semakin membuat makanan menjadi top dan membuat yang memakannya menjadi ketagihan.

Demikian adalah sederet manfaat bawang merah untuk kesehatan. Jika anda ingin memanfaatkan bawang merah untuk kesehatan tubuh, ada baiknya mengolah bawang merah menjadi salah satu sajian makanan atau menambahkannya ke dalam menu makanan yang anda suka, misalnya saja sup atau salad.

Kendati demikian anda perlu memperhatikan agar tidak mengolah bawang merah dengan cara digoreng, sebab,  pengolahan masakan dengan cara digoreng berkemungkinan untuk mengurangi nutrisi yang terkandung di dalam bawang merah. Semoga informasi terkait manfaat bawang merah di atas dapat berguna untuk anda ke depannya.

Berita Terkait
Topik Terkait