img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Selain digunakan sebagai sayuran yang sering kita konsumsi, beberapa manfaat wortel lainnya juga dapat digunakan sebagai obat berbagai jenis penyakit. Mulai dari penyakit yang mematikan hingga mengatasi penyakit kulit.

Sayuran yang sering kita jumpai adalah wortel. Sehari-hari kita seringkali menemukan sayuran ini dalam hidangan sup atau sayuran berkuah. Sayuran wortel ini sangat terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan mata. Hal ini tidak lepas dari kandungan vitamin A yang mereka miliki sangat tinggi.

Selain kandungan vitamin tersebut, sayuran yang sering digambarkan bersama kelinci ini juga mengandung banyak nutrisi penting. Beta karoten, antioksidan, kalium, serat, dan vitamin K adalah beberapa nutrisi yang melengkapi sayuran wortel.

Wortel adalah salah satu sayuran yang menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Namun, ternyata ada beberapa manfaat lain wortel yang menarik untuk Anda ketahui. Banyaknya manfaat dari wortel berasal dari kandungan nutrisi sayuran yang identik berwarna orange tersebut.

Kandungan nutrisi dalam wortel di antaranya, protein, vitamin A, vitamin C, kalsium dan nutrisi yang baik untuk kesehatan lainnya. Wortel bisa dikonsumsi dengan cara dikukus sebentar, dimakan mentah atau dijadikan jus dan disarankan dikonsumsi setiap hari.

Selain itu Manfaat Wortel juga baik untuk kecantikan wajah. Seperti vitamin B karoten yang diubah menjadi vitamin A, merupakan vitamin yang dapat membantu melawan jerawat serta memperlambat sel-sel mati untuk mengurangi tanda penuaan dan flek akibat sinar matahari. Selain mudah didapatkan dan harganya juga relatif murah, wortel menjadi salah satu sayuran yang banyak dikonsumsi. Ada begitu banyak kandungan di dalam wortel yang aman dikonsumsi segala usia.

Sayuran dengan nama latin Daucus carota ini berasal dari wilayah beriklim sedang, yakni Asia Tengah dan Asia Timur. Di Indonesia sendiri, pada mulanya budi daya wortel hanya terkonsentrasi di daerah Lembang dan Cipanas.

Wortel bisa diolah dengan banyak cara, misalnya dimakan mentah, direbus, dikukus, dipanggang, dibuat jus, hingga dijadikan bahan campuran untuk membuat camilan, seperti pudding. Air perasan jus wortel juga bisa digunakan sebagai pewarna alami untuk mie dan roti yang lebih sehat.

Menjadi salah satu sayuran yang bisa dihidangkan dengan berbagai macam campuran sayuran lainnya, wortel memang kerap dijuluki sebagai sayur akan kaya vitamin dan nutrisi. Keajaiban khasiat dari wortel tersebut, sudah tidak bisa diragukan lagi bagi banyak orang mulai dari balita hingga lansia.

Lantas kira-kira apa saja sih manfaat wortel untuk tubuh kita, intipSeleb akan kupas secara tuntas beritanya. Chek it out!

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Wortel memiliki banyak kandungan vitamin A, hidrat arang, kalsium, fosfor dan beta karoten. Dengan kandungan tersebut, manfaat wortel untuk kesehatan adalah menjaga kesehatan jantung. Hal ini berkat zat-zat yang terkadnung di dalam wortel mampu memberikan perlindungan terhadap kanker, penyakit jantung, menurunkan tekanan darah.

2. Atasi Kanker Payudara

Penelitian yang dilakukan di Harvard University menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung banyak beta-karoten setiap hari dapat mengurangi risiko kanker payudara. Hasilnya menunjukkan bahwa dengan memakan makanan yang kaya antioksidan itu seperti wortel dua kali setiap harinya dapat menurunkan risiko kanker sebesar 17 persen.

Manfaat wortel bagi tubuh ini diperoleh dari tingginya kandungan beta-karoten. Kandungan ini disebut-sebut memiliki efek melindungi dari serangan kanker. Beberapa jenis kanker yang dapat dicegah meliputi kanker prostat, kanker usus besar, kanker perut, hingga kanker payudara.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat wortel yang satu ini telah lama dikenal oleh sebagian besar masyarakat. Memang benar wortel adalah jenis makanan yang baik untuk kesehatan mata.

Sebab, wortel memiliki kandungan vitamin A yang penting bagi mata. Menurut penelitian, rutin mengonsumsi wortel dapat melindungi dari penyakit mata, seperti katarak, rabun, dan masalah mata lainnya.

4. Cegah Diabetes

Tahukah Anda manfaat wortel untuk kesehatan dapat dirasakan penderita diabetes? Wortel sebagian besar mengandung air dan karbohidrat. Karbohidrat yang terkandung terdiri dari pati dan gula, seperti sukrosa dan glukosa. Selain itu, wortel juga mempunyai indeks glikemik (GI) yang rendah. Indeks glikemik adalah ukuran seberapa cepat makanan dapat meningkatkan kadar gula darah setelah makan.

Pada konsumsi wortel mentah, ditemukan GI berkisar antara 16-60, terendah untuk wortel mentah dan sedikit lebih tinggi untuk wortel matang. Makanan berindeks glikemik rendah dianggap bermanfaat untuk penderita diabetes.

5. Menyumbat Luka

Kandungan beta karoten yang tinggi di dalam wortel mampu mengubah retinol sebagai salah satu bentuk vitamin A paling murni. Wortel memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk membantu menyembuhkan luka.

Mengapa begitu? Karena vitamin A yang terkandung di dalam sayuran wortel dipercaya mampu mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit. Kalian dianjurkan menggunakan jus wortel sebagai masker untuk merasakan manfaatnya.

6. Menjaga Kesehatan Mulut

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, sayuran wortel juga dapat berguna menjaga kesehatan mulut. Kalian bisa mengonsumsi sayuran wortel setelah makan untuk mengurangi risiko terjadinya gigi berlubang. Mengapa? Dengan mengonsumsi wortel kamu akan membantu meningkatkan produksi air liur yang dapat membersihkan gigi.

7. Mencegah Penuaan Kulit

Wortel memiliki sumber antioksidan dalam kandungan beta karoten yang berfungsi untuk membantu memperlambat penuaan sel kulit. Kandungan tersebut dipercaya dapat membuat kulit tidak mudah mengalami keriput. Salah satu penyebab keriput di usia muda ialah paparan sinar matahari yang terlalu sering.

Bagi kalian yang rajin mengonsumsi jus wortel atau menggunakan masker wajah berbahan wortel sebagai salah satu cara mengatasi keriput pada wajah secara alami. Selain itu, rutin mengonsumsi wortel dan menggunakan masker berbahan wortel dapat mencegah penuaan dini pada wajah.

8. Meningkatkan Imun Tubuh

Kandungan vitamin A, vitamin C, folat, dan antioksidan pada wortel dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, agar tubuh lebih kuat melawan bakteri dan virus penyebab penyakit, misalnya virus Corona. Namun, di samping dengan konsumsi wortel, Anda juga perlu menjaga daya tahan tubuh dengan beberapa cara lainnya, seperti tidur yang cukup, kurangi stres, dan rutin olahraga.

Mengingat ada banyaknya manfaat wortel bagi tubuh, mulai sekarang biasakanlah untuk menambahkan wortel ke dalam menu makanan Anda sehari-hari. Namun, ingat. Saat membeli wortel, pilihlah wortel yang masih segar, keras, dan kering. Sebelum mengonsumsinya, bersihkan dan kupaslah kulit wortel dengan baik, dan masaklah hingga matang.

9. Menurunkan Berat Badan

Jika Anda sedang diet, minum jus wortel dapat membantu menurunkan berat badan. Ini karena wortel rendah kalori dan tinggi serat. Mengonsumsi umbi ini bisa membuat Anda kenyang lebih lama tanpa harus memberikan tubuh kalori ekstra.

Wortel juga dapat meningkatkan produksi empedu. Hal ini dapat meningkatkan laju metabolisme karena tubuh harus mengubah makanan menjadi energi. Di samping serat yang membuat Anda kenyang, Anda juga tetap memiliki energi meski belum makan.

Topik Terkait