img_title
Foto : Freepik/wayhomestudio

IntipSelebGejala batu ginjal dapat bermacam-macam bentuknya dan seringkali dikeluhkan para penderitanya karena membuat tak nyaman dan terasa sakit.

Rasa sakit yang timbul itu adalah akibat dari adanya batu ginjal yang terbentuk dari zat-zat dalam urine yang mengkristal. Sehingga zat tersebut berubah dan mengeras layaknya batu.

Ukuran dari batu ginjal sendiri dapat bermacam-macam, ada yang kecil seukuran pasir hingga yang berukuran besar seperti kacang polong.

Meski begitu, besar atau kecilnya ukuran batu ginjal tidak mempengaruhi rasa sakit yang timbul. Batu ginjal berukuran kecil juga bisa saja menimbulkan rasa sakit yang hebat.

Lantas, gejala apa saja yang merupakan pertanda jika Anda mengalami batu ginjal? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Nyeri di Bagian Tubuh

Freepik/freepik
Foto : Freepik/freepik

Gejala batu ginjal yang cukup sering dirasakan para penderitanya adalah rasa nyeri di beberapa bagian tubuh tertentu. Umumnya, rasa nyeri tersebut dirasakan di area perut, pinggang, dan juga punggung.

Rasa sakit yang sangat mengganggu dan parah biasanya akan terasa jika terjadi pergerakan pada batu ginjal. Karena itulah rasa sakit yang dirasakan dapat bervariasi keparahannya dan juga lama waktunya. Ada yang hanya beberapa menit, ada pula yang hingga satu jam.

Akan tetapi, sebagian orang mungkin merasa bingung apakah rasa sakit yang dirasakannya itu merupakan gejala batu ginjal atau sakit biasa.

Salah satu perbedaan antara sakit punggung, pinggang, dan perut biasa dengan gejala penyakit batu ginjal adalah letak rasa nyerinya.

Nyeri yang diakibatkan batu ginjal biasanya terletak di bagian punggung yang agak ke atas. Lebih tepatnya, dekat dengan posisi ginjal yang berada di bawah tulang rusuk bagian belakang.

2. Rasa Sakit Saat Buang Air Kecil

Freepik/benzoix
Foto : Freepik/benzoix

Gejala selanjutnya yang bisa jadi dirasakan oleh penderita batu ginjal adalah rasa sakit saat buang air kecil. Apakah Anda pernah merasakan gejala yang satu ini? Jika pernah, maka tak ada salahnya secepatnya memeriksakan diri ke dokter.

Rasa sakit ini diakibatkan batu ginjal yang bergerak masuk hingga ke saluran kemih. Hal inilah yang menyebabkan saat penderitanya buang air kecil, timbul rasa sakit yang dapat bervariasi tingkat keparahannya.

3. Buang Air Kecil Terasa Panas

Unsplash/Giorgio Trovato
Foto : Unsplash/Giorgio Trovato

Selain buang air kecil yang terasa sakit, sebagian penderita bati ginjal juga merasakan sensasi panas seolah terbakar saat mengeluarkan urine.

Penyebab rasa panas yang timbul ini pun sama, yaitu diakibatkan batu ginjal yang bergerak hingga akhirnya mencapai saluran kandung kemih. Gejala ini terkadang juga membingungkan dan bisa disalahartikan sebagai penyakit infeksi saluran kandung kemih.

4. Urine Berbusa

Unsplash/Giorgio Trovato
Foto : Unsplash/Giorgio Trovato

Gejala batu ginjal yang selanjutnya adalah kondisi di mana penderitanya mengalami urine yang berbusa dan disertai warna keruh. Kondisi yang satu ini juga sama-sama kerap membingungkan karena mirip dengan gejala infeksi saluran kemih.

Akan tetapi, infeksi saluran kemih biasanya memiliki pertanda lain di samping urine yang berbusa dan berwarna keruh, yaitu ditandai dengan bau urine yang lebih menyengat daripada biasanya.

Bau menyengat tersebut diakibatkan adanya bakkteri yang menyebabkan terjadinya infeksi di dalam saluran kemih tersebut. Adanya bakteri menyebabkan konsentrasi urine menjadi berubah dari segi warna hingga baunya.

Oleh karenanya, untuk memastikan apakah gejala yang dirasakan adalah pertanda batu ginjal atau infeksi saluran kemih, maka perlu diperiksakan ke dokter.

5. Buang Air Kecil Disertai Darah

Apabila Anda pernah atau sedang mengalami buang air kecil yang disertai darah, maka patut waspada akan kemungkinan gejala batu ginjal. Pasalnya, buang air kecil yang normal akan mengeluarkan urine yang berwarna kekuningan atau bening.

Perubahan warna urine menjadi mirip darah merupakan pertanda yang harus diwaspadai. Apalagi, jika warna urine Anda saat buang air kecil sudah benar-benar berubah menjadi warna merah, merah terang, atau merah gelap campur kecoklatan.

Hal tersebut bisa menjadi pertanda jika ada sel darah merah yang tercampur dalam urine. Kondisi ini terjadi apabila batu ginjal bergerak di saluran kencing dan pergerakannya itu menimbulkan luka hingga keluar darah.

Jika saluran kencing sudah berdarah, maka tak heran apabila urine berubah menjadi merah. Oleh karena itulah gejala buang air kecil yang sampai berdarah ini merupakan gejala yang cukup serius dari penyakit batu ginjal.

6. Kesulitan Menahan Buang Air Kecil

Gejala ini mungkin tak terlalu parah seperti gejala batu ginjal yang sudah disebutkan sebelumnya. Akan tetapi, jika Anda akhir-akhir ini merasa sangat sulit menahan rasa ingin buang air kecil, maka ada kemungkinan itu adalah bagian dari gejala penyakit batu ginjal.

Sulitnya menahan buang air kecil disebabkan oleh batu ginjal yang sedang berpindah menuju ke bagian bawah saluran kemih. Sehingga menyebabkan Anda rasanya ingin terus buang air kecil sepanjang hari.

Kesulitan menahan buang air kecil ini juga terkadang cukup parah hingga menyebabkan seseorang sampai mengompol.

7. Sulit Mengeluarkan Urine

Tak hanya kesulitan menahan buang air kecil, seorang penderita batu ginjal juga bisa saja malah merasa kesulitan mengeluarkan urine.

Gejala yang satu ini biasanya ditandai dengan perasaan ingin buang air kecil, namun saat ke toilet urine yang keluar justru hanya sedikit bahkan hanya beberapa tetes saja.

Kondisi ini biasanya diakibatkan batu ginjal yang sudah berpindah ke tabung yang berada di dekat saluran kandung kemih. Sehingga terjadi penyumbatan dan membuat seseorang merasakan kesulitan buang air kecil yang lancar.

8. Demam

Seseorang yang mengalami penyakit batu ginjal juga bisa saja merasakan demam di tubuhnya. Demam memang umumnya akan timbul jika ada infeksi yang terjadi di dalam tubuh. Anda dapat dikategorikan mengalami demam jika suhu tubuh meningkat hingga 38 derajat Celcius.

Suhu tubuh yang meningkat itu juga bisa menyebabkan Anda menggigil bahkan berhalusinasi. Penderita penyakit batu ginjal yang sudah sampai mengalami tahap demam, biasanya menandakan jika tingkat keparahannya sudah mencapai komplikasi yang serius.

Oleh karena itu, jika Anda mengalami serangkaian gejala penyakit batu ginjal ditambah adanya demam, maka segeralah memeriksakan diri ke tenaga medis profesional untuk mendapat pertolongan.

9. Mual

Freepik/jcomp
Foto : Freepik/jcomp

Penderita batu ginjal juga bisa merasakan mual. Gejala yang satu ini umumnya ditemukan pada penderita yang berjenis kelamin perempuan.

Rasa mual yang timbul dipercaya akibat terhubungnya saraf antara ginjal dengan saluran pencernaan. Jika ukuran batu ginjal semakin membesar, maka bisa saja mengganggu saluran pencernaan Anda. Hal ini lah yang menyebabkan rasa mual kemudian timbul.

Jika rasa mual yang dialami sudah sangat parah, tak jarang juga menimbulkan gejala selanjutnya yaitu muntah.

Nah, demikianlah 9 gejala batu ginjal yang umumnya dirasakan oleh para penderitanya. Di luar 9 gejala tersebut, bisa jadi ada gejala-gejala lainnya yang timbul. Oleh karenanya, pilihan terbaik adalah segera memeriksakan diri ke dokter dan mendapat pertolongan medis secepatnya. (bbi)

Topik Terkait