img_title
Foto : Pinterest/cookpad

IntipSeleb – Resep kue lapis masih sangat diminati banyak orang. Bagaimana tidak, resep kue lapis yang melegenda dalam lidah masyarakat membuat rasanya terngiang-ngiang di lidah. Keempukan serta rasa manis yang pas selalu menjadikan resep kue lapis bertahan hingga kini.

Kue lapis sendiri merupakan salah satu makanan khas Indonesia dan juga dapat ditemui diberbagai daerah. Pasalnya, kue lapis tiap daerah berbeda.

Melansir pada Mister Aladin, makanan satu ini memiliki 5 jenis. Pertama, lapis kukus Surabaya yang menjadi kue lapis paling terkenal seantero Indonesia. Kue lapis ini dibuat menggunakan bubuk cokelat dan terdiri dari 3 lapis yang super lezat.

Kedua, balapis Manado yang lezat karena kue ini memiliki tekstur lembut yang berlapis-lapis, karena terbuat dari tepung terigu, santan, pandan, gula pasir, dan cokelat. Rasa pandan dan cokelat begitu kental terasa di setiap gigitan.

Ketiga, kue lapis Bandung atau dikenal sebagai lapis legit. Hampir serupa dengan lapis dari Surabaya namun keduanya memiliki perbedaan. Jika lapis Surabaya hanya memiliki 3 lapis, kue lapis legit ini memiliki 18 lapis kue. Selain itu, lapis Surabaya dibuat menggunakan bubuk cokelat, sedangkan lapis legit dibuat dari rempah seperti kayu manis, pala, kapulaga, Keempat, lapis sagu Betawi yang berbeda.

Pasalnya kue lapis ini termasuk ke dalam jenis bolu. Terbuat dari sagu, membuat kue satu ini bertekstur agak kenyal dan diberi warna-warni yang menarik. Jika kalian tertarik membeli kue ini, di pasar tradisional kue ini biasa dijual dengan nama kue pepe.

Terakhir dari jenis kue lapis ialah lapis talas Bogor. Di mana kue lapis ini terbuat dari tanaman khas Bogor, yakni talas. Kue ini terdiri dari dua lapis, yakni kuning dan ungu khas talas. Kue ini diberi tambahan keju diatasnya, membuat rasanya menjadi semakin lezat! Psstt, kue lapis talas ini mengalami inovasi dengan dibuat dalam beberapa varian rasa, seperti teh hijau keju, strawberry keju, dan chocovilla keju.

Berita Terkait
Topik Terkait